Perancangan Dan Pengembangan CRM Di Tingkat Universitas Dalam Menghadapi Globalisasi Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i2.79.323-334Abstract
Customer relationship management merupakan sebuah cabang ilmu yang sangat penting di dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penerapakan CRM dapat dilakukan di tingkat universitas. Universitas membutuhkan sebuah pelayanan yang efektif dan efesien, tetapi tidak hanya berhenti sampai di dua hal tersebut. Universitas membutuhkan pelayanan yang berkualitas tinggi, salah satunya adalah bagaimana cara kita membina hubungan dengan seluruh pihak di dalam lingkungan universitas. Di dalam jurnal ini, dengan mengacu kepada dua jurnal penting, yaitu “Customer Satisfaction Index – as a Base for Strategic Marketing Management” (Karolina Ilieska) & “Organizational Structure: Mintzberg’s Framework” (Fred C. Lunenburg), yang merupakan dasar dari jurnal ini. Kedua jurnal ini dikembangkan, sehingga pada akhirnya tercipta CSU (Customer Service University) Framework, yang merupakan sebuah sistem untuk dapat meningkatkan pelayanan di semua sisi di dalam universitas ini. Jurnal ini akan menjelaskan bagaimana CSU dapat diterapkan terutama dalam pribadi setiap dosen dan mahasiswa, sehingga akan tercipta kesempurnaan dalam pelayanan dan hubungan antara dosen dan mahasiswa. Hasil akhir dari CSU dan jurnal ini adalah meningkatnya sistem pelayanan kepada dosen dan mahasiswa; meningkatnya integritas di lingkungan kampus, dan terjadinya kenyamaman kualitas tinggi di seluruh lingkungan universitas- hubungan yang stabil antar pihak serta sistem dapat sungguh-sungguh berjalan secara efektif dan efesien. Keywords : Pelayanan Konsumen, Universitas, Definisi Konsumen, Metode Kepercayaan ABCD, HSOVAReferences
K. Ilieska, “Customer Satisfaction Index – as a Base for Strategic Marketing Management,” vol. 2, no. 4, pp. 327–331, 2013.
F. C. Lunenburg, “Organizational Structure : Mintzberg ’ s Framework,” Int. J. Sch., vol. 14, no. 1, pp. 1–8, 2012.
I. Gamayanto and F. Esti Nilawati, “metodologi working hours development pada sistem informasi dosen (e-lecturer) dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean,” Techno.COM, vol. 15, no. 1, pp. 58–65, 2016.
Dolly and A. Pruthi, “E-CRM Framework : Service to Customer Perspective,” Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Softw. Eng., vol. 4, no. 4, pp. 1363–1366, 2014.
M. Hosseinianzadeh, “A Framework for e-CRM Implementation in Health Service Industry of a Developing Country,” vol. 4, no. 8, pp. 20–26, 2015.
D. A. Mcfarlane, “The Strategic Importance of Customer Value,” Atl. Mark. J., vol. 2, no. 1, pp. 62–75, 2013.
P. Ramseook-Munhurrun, “Service Quality in the Public Service.,” Int. J. Manag. Mark. Res., vol. 3, no. 1, pp. 37–51, 2010.
A. F. Tavana, B. Bakiyan, H. Farjam, M. Karami, and S. Ostovari, “Electronic Customer Relationship Management and Its Implementation in Business Organizations,” Interdiscip. J. Contemp. Res. Bus., vol. 4, no. 11, pp. 686–693, 2014.
K. Torpie, “Customer service vs patient care.,” Conn. Med., vol. 66, no. 3, pp. 161–162, 2002.
H. Wursten, T. Fadrhonc, and P. Roersoe, “Culture and Customer Service,” An itim Int. Publ., pp. 1–18, 2009.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).