Perancangan Dan Pengembangan CRM Di Tingkat Universitas Dalam Menghadapi Globalisasi Di Indonesia

Indra Gamayanto, Fajrian Nun Adnan, Devi Ajeng Efrilianda, Achmad Wahid Kurniawan, Rizka Nugraha

Abstract


Customer relationship management merupakan sebuah cabang ilmu yang sangat penting di dalam dunia pendidikan. Oleh sebab itu, penerapakan CRM dapat dilakukan di tingkat universitas. Universitas membutuhkan sebuah pelayanan yang efektif dan efesien, tetapi tidak hanya berhenti sampai di dua hal tersebut. Universitas membutuhkan pelayanan yang berkualitas tinggi, salah satunya adalah bagaimana cara kita membina hubungan dengan seluruh pihak di dalam lingkungan universitas. Di dalam jurnal ini, dengan mengacu kepada dua jurnal penting, yaitu “Customer Satisfaction Index – as a Base for Strategic Marketing Management” (Karolina Ilieska) & “Organizational Structure: Mintzberg’s Framework” (Fred C. Lunenburg), yang merupakan dasar dari jurnal ini. Kedua jurnal ini dikembangkan, sehingga pada akhirnya tercipta CSU (Customer Service University) Framework, yang merupakan sebuah sistem untuk dapat meningkatkan pelayanan di semua sisi di dalam universitas ini. Jurnal ini akan menjelaskan bagaimana CSU dapat diterapkan terutama dalam pribadi setiap dosen dan mahasiswa, sehingga akan tercipta kesempurnaan dalam pelayanan dan hubungan antara dosen dan mahasiswa. Hasil akhir dari CSU dan jurnal ini adalah meningkatnya sistem pelayanan kepada dosen dan mahasiswa; meningkatnya integritas di lingkungan kampus, dan terjadinya kenyamaman kualitas tinggi di seluruh lingkungan universitas- hubungan yang stabil antar pihak serta sistem dapat sungguh-sungguh berjalan secara efektif dan efesien.

 

Keywords : Pelayanan Konsumen, Universitas, Definisi Konsumen, Metode Kepercayaan ABCD, HSOVA

Full Text:

PDF

References


K. Ilieska, “Customer Satisfaction Index – as a Base for Strategic Marketing Management,” vol. 2, no. 4, pp. 327–331, 2013.

F. C. Lunenburg, “Organizational Structure : Mintzberg ’ s Framework,” Int. J. Sch., vol. 14, no. 1, pp. 1–8, 2012.

I. Gamayanto and F. Esti Nilawati, “metodologi working hours development pada sistem informasi dosen (e-lecturer) dalam menghadapi masyarakat ekonomi asean,” Techno.COM, vol. 15, no. 1, pp. 58–65, 2016.

Dolly and A. Pruthi, “E-CRM Framework : Service to Customer Perspective,” Int. J. Adv. Res. Comput. Sci. Softw. Eng., vol. 4, no. 4, pp. 1363–1366, 2014.

M. Hosseinianzadeh, “A Framework for e-CRM Implementation in Health Service Industry of a Developing Country,” vol. 4, no. 8, pp. 20–26, 2015.

D. A. Mcfarlane, “The Strategic Importance of Customer Value,” Atl. Mark. J., vol. 2, no. 1, pp. 62–75, 2013.

P. Ramseook-Munhurrun, “Service Quality in the Public Service.,” Int. J. Manag. Mark. Res., vol. 3, no. 1, pp. 37–51, 2010.

A. F. Tavana, B. Bakiyan, H. Farjam, M. Karami, and S. Ostovari, “Electronic Customer Relationship Management and Its Implementation in Business Organizations,” Interdiscip. J. Contemp. Res. Bus., vol. 4, no. 11, pp. 686–693, 2014.

K. Torpie, “Customer service vs patient care.,” Conn. Med., vol. 66, no. 3, pp. 161–162, 2002.

H. Wursten, T. Fadrhonc, and P. Roersoe, “Culture and Customer Service,” An itim Int. Publ., pp. 1–18, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v3i2.79.323-334

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.