Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.374.171-182Abstract
Bisnis saat ini telah memasuki bisnis digital terutama dalam bidang pemasaran yang disebabkan oleh perkembangan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat membantu bisnis dalam bidang pemasaran yaitu website. Website telkomsel dibuat berdasarkan konsep pemasaran e-commerce akan tetapi akibat perkembangan teknologi yang pesat, mereka harus bersaing dalam menarik minat pelanggan. Hal yang dilihat oleh pelanggan salah satunya yaitu terkait kualitas dari website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website telkomsel dengan menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis. Untuk menganalisis apakah kinerja atau aktual kualitas website telkomsel berdasarkan dimensi yang terlibat sudah sesuai dengan kepentingan atau harapan pengguna, maka metode importance performance analysis dapat digunakan. Hasil akhir yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan signifikan antara persepsi kinerja atau aktual dengan kepentingan atau harapan terhadap kualitas website telkomsel berdasarkan dimensi usability, information, dan service interaction. Persentase tingkat kesesuaian sebesar 94,73% dan nilai kesenjangan sebesar -0,226. Pernyataan kuadran 1 yang menjadi fokus konsentrasi yaitu website telkomsel belum memiliki pengalaman yang positif dalam menggunakannya serta belum aman dalam melakukan transaksi.Kata kunci— Website Telkomsel, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, Kualitas Website.References
F. R. Bahijzahy, “Aplikasi Company Profile CV. Metrika Tekhnik Berbasis Website,” Undergraduate Thesis, Universitas Dinamika, 2022.
T. P. Oyana, “Pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Informasi Strategis Pada Website Perusahaan Dalam Perspektif Akuntasi Islam,” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2022.
Usman, J. N. U. Jaya, and A. Pratama, “Analisis Kepuasan Aplikasi Anjungan Pasien AWS Berbasis Website Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0,” Jurnal Riset Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 420–426, Apr. 2022.
R. A. Fadhallah, Wawancara. UNJ Press, 2021.
H. Setiawan, W. Rahayu, and I. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Rumah Makan Cepat Saji D’besto,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 347–354, 2020.
A. R. Idhartono, “Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 529–533, Dec. 2020.
K. Parang, J. Sidharta, and R. Lumbantoruan, “Pengaruh Penghindaran Pajak, Kepemilikan Institusional dan Profitabilitas Terhadap Biaya Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Tahun 2017-2019 di Bursa Efek Indonesia,” Fundamental Management Journal, vol. 7, no. 1, pp. 61–80, Apr. 2022.
K. Yuliawan, “Pelatihan Smartpls 3.0 untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, vol. 5, no. 1, pp. 43–50, Apr. 2021.
N. T. Ana, “Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Peringkat, dan Layanan Pelanggan Online sebagai Pilihan Berbelanja di Marketplace Tokopedia,” EMABI: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 252–264, 2022.
A. Nurrahmah et al., Pengantar Statistika 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.
R. P. Gala, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Tanggung Jawab Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Kristen Gamaliel Makassar,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 7, no. 3, pp. 184–191, Jun. 2021.
I. Bouchrika, “How to Write a Conclusion for a Research Paper: Effective Tips and Strategies,” Research.com, May 07, 2021. https://research.com/research/how-to-write-a-conclusion-for-a-research-paper, diakses tanggal 22 Juni 2022.
M. R. Zaen, “Analisis Pengaruh Kualitas, Kuantitas dan Ketepatan Waktu Ulasan Online pada Minat Beli Online Konsumen di E-Commerce Shopee Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 217–224, Apr. 2022.
A. J. M, Syahidin, and Erma, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues,” Gajah Putih Journal of Economics Review, vol. 3, no. 2, pp. 76–88, Oct. 2021.
A. Taufik and A. F. Hadining, “Analisa Pengaruh Kinerja Karyawan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Mobil Mitra Sejahtera,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 1367–1373, Apr. 2022.
Widia and C. Gunawan, “Pengaruh Pemasaran Online dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 66–74, Feb. 2021.
D. N. N. Wicaksono, D. W. Rahayu, S. Kasiyun, and M. Taufiq, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 208–219, Oct. 2020.
N. D. Asriani, “Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VII MTS Ma’arif NU 2 Cilongok Tahun Pelajaran 2020/2021,” Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, 2022.
M. Jufriyanto, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayanan Kedai Kopi Shelter,” Jurnal Manajemen dan Teknik Industri-Produksi, vol. 20, no. 2, pp. 79–90, Mar. 2020.
R. I. Wirasandi, “Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Importance Performance Analysis pada Universitas Dinamika,” Skripsi, Universitas Dinamika, 2022.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).