Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis

Authors

  • Muhammad Abigail Athallah Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta
  • K Kraugusteeliana Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.374.171-182

Abstract

Bisnis saat ini telah memasuki bisnis digital terutama dalam bidang pemasaran yang disebabkan oleh perkembangan teknologi. Salah satu teknologi yang dapat membantu bisnis dalam bidang pemasaran yaitu website. Website telkomsel dibuat berdasarkan konsep pemasaran e-commerce akan tetapi akibat perkembangan teknologi yang pesat, mereka harus bersaing dalam menarik minat pelanggan. Hal yang dilihat oleh pelanggan salah satunya yaitu terkait kualitas dari website tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kualitas website telkomsel dengan menggunakan metode webqual 4.0 dan importance performance analysis. Untuk menganalisis apakah kinerja atau aktual kualitas website telkomsel berdasarkan dimensi yang terlibat sudah sesuai dengan kepentingan atau harapan pengguna, maka metode importance performance analysis dapat digunakan. Hasil akhir yang didapatkan yaitu terdapat perbedaan signifikan antara persepsi kinerja atau aktual dengan kepentingan atau harapan terhadap kualitas website telkomsel  berdasarkan dimensi usability, information, dan service interaction. Persentase tingkat kesesuaian sebesar 94,73% dan nilai kesenjangan sebesar -0,226. Pernyataan kuadran 1 yang menjadi fokus konsentrasi yaitu website telkomsel belum memiliki pengalaman yang positif dalam menggunakannya serta belum aman dalam melakukan transaksi.Kata kunci— Website Telkomsel, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis, Kualitas Website.

References

F. R. Bahijzahy, “Aplikasi Company Profile CV. Metrika Tekhnik Berbasis Website,” Undergraduate Thesis, Universitas Dinamika, 2022.

T. P. Oyana, “Pengaruh Mekanisme Tata Kelola Perusahaan Terhadap Luas Pengungkapan Informasi Strategis Pada Website Perusahaan Dalam Perspektif Akuntasi Islam,” Skripsi, UIN Raden Intan Lampung, 2022.

Usman, J. N. U. Jaya, and A. Pratama, “Analisis Kepuasan Aplikasi Anjungan Pasien AWS Berbasis Website Menggunakan Metode WEBQUAL 4.0,” Jurnal Riset Komputer, vol. 9, no. 2, pp. 420–426, Apr. 2022.

R. A. Fadhallah, Wawancara. UNJ Press, 2021.

H. Setiawan, W. Rahayu, and I. Kurniawan, “Perancangan Aplikasi Pemesanan Makanan dan Minuman pada Rumah Makan Cepat Saji D’besto,” Jurnal Riset dan Aplikasi Mahasiswa Informatika, vol. 1, no. 3, pp. 347–354, 2020.

A. R. Idhartono, “Studi Literatur: Analisis Pembelajaran Daring Anak Berkebutuhan Khusus di Masa Pandemi,” Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, vol. 3, no. 3, pp. 529–533, Dec. 2020.

K. Parang, J. Sidharta, and R. Lumbantoruan, “Pengaruh Penghindaran Pajak, Kepemilikan Institusional dan Profitabilitas Terhadap Biaya Hutang pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar Tahun 2017-2019 di Bursa Efek Indonesia,” Fundamental Management Journal, vol. 7, no. 1, pp. 61–80, Apr. 2022.

K. Yuliawan, “Pelatihan Smartpls 3.0 untuk Pengujian Hipotesis Penelitian Kuantitatif,” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Membangun Negeri, vol. 5, no. 1, pp. 43–50, Apr. 2021.

N. T. Ana, “Pengaruh Ulasan Pelanggan Online, Peringkat, dan Layanan Pelanggan Online sebagai Pilihan Berbelanja di Marketplace Tokopedia,” EMABI: Ekonomi dan Manajemen Bisnis, vol. 1, no. 2, pp. 252–264, 2022.

A. Nurrahmah et al., Pengantar Statistika 1. Bandung: Media Sains Indonesia, 2021.

R. P. Gala, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Siklus Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Kristen terhadap Tanggung Jawab Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar Kristen Gamaliel Makassar,” Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, vol. 7, no. 3, pp. 184–191, Jun. 2021.

I. Bouchrika, “How to Write a Conclusion for a Research Paper: Effective Tips and Strategies,” Research.com, May 07, 2021. https://research.com/research/how-to-write-a-conclusion-for-a-research-paper, diakses tanggal 22 Juni 2022.

M. R. Zaen, “Analisis Pengaruh Kualitas, Kuantitas dan Ketepatan Waktu Ulasan Online pada Minat Beli Online Konsumen di E-Commerce Shopee Selama Pandemi Covid-19,” Jurnal Ilmiah Manajemen dan Kewirausahaan, vol. 1, no. 2, pp. 217–224, Apr. 2022.

A. J. M, Syahidin, and Erma, “Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi Sere Wangi di Kecamatan Terangun Kabupaten Gayo Lues,” Gajah Putih Journal of Economics Review, vol. 3, no. 2, pp. 76–88, Oct. 2021.

A. Taufik and A. F. Hadining, “Analisa Pengaruh Kinerja Karyawan terhadap Loyalitas Pelanggan pada Bengkel Mobil Mitra Sejahtera,” Jurnal Pendidikan Tambusai, vol. 6, no. 1, pp. 1367–1373, Apr. 2022.

Widia and C. Gunawan, “Pengaruh Pemasaran Online dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan Pembelian,” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Sosial, vol. 1, no. 2, pp. 66–74, Feb. 2021.

D. N. N. Wicaksono, D. W. Rahayu, S. Kasiyun, and M. Taufiq, “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar,” Jurnal Riset Pendidikan Dasar, vol. 3, no. 2, pp. 208–219, Oct. 2020.

N. D. Asriani, “Efektivitas Penggunaan Media Animasi Terhadap Penguasaan Mufrodat Siswa Kelas VII MTS Ma’arif NU 2 Cilongok Tahun Pelajaran 2020/2021,” Skripsi, UIN Prof. K.H. Saifuddin Zuhri, 2022.

M. Jufriyanto, “Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen pada Kualitas Pelayanan Kedai Kopi Shelter,” Jurnal Manajemen dan Teknik Industri-Produksi, vol. 20, no. 2, pp. 79–90, Mar. 2020.

R. I. Wirasandi, “Rancang Bangun Aplikasi Analisis Kepuasan Mahasiswa Baru Menggunakan Metode Importance Performance Analysis pada Universitas Dinamika,” Skripsi, Universitas Dinamika, 2022.

Downloads

Published

2022-06-28

How to Cite

Athallah, M. A., & Kraugusteeliana, K. (2022). Analisis Kualitas Website Telkomsel Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis. CogITo Smart Journal, 8(1), 171–182. https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.374.171-182