ANALISIS KUALITAS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WEBQUAL 4.0 DAN IPA TERHADAP SITUS SLA TOMPASO

Green Ferry Mandias, S.Kom, M.Cs, Yohanes Septiawan, Marchelino Joseph Bojoh

Abstract


Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat pada saat ini dapat memberikan suatu pengaruh yang begitu besar. Salah satu sarana media informasi pada saat ini yaitu website.  Website merupakan alat media yang berfungsi sebagai sumber sarana informasi, promosi serta komunikasi secara digital. Website SLA Tompaso merupakan tempat acuan untuk siswa siswi, pihak sekolah, maupun pihak lain untuk mendapatkan informasi yang berkualitas berdasarkan persepsi dari pengguna akhir. Penelitian ini bertujuan yaitu menganalisis, mengukur serta meningkatkan kualitas layanan website berdasarkan metode WebQual 4.0 dengan variabel dimensi Usability, Information Quality, dan Service Interaction Quality serta dengan metode Importance Performance Analysis (IPA). Hasil akhir yang telah diukur memiliki nilai rata-rata dari performance dan importance sebesar 4.223 dan  4.692. Untuk hasil rata-rata yang diperoleh berdasarkan nilai tingkat kesesuaian sebesar 90.06%  dengan  nilai tingkat kesesuaian terbesar terdapat pada dimensi usability yaitu sebesar 90.80%, sedangkan untuk hasil dari nilai rata-rata kesenjangan (GAP) sebesar -0.466 dengan nilai kesenjangan terbesar terdapat pada dimensi usability yaitu sebesar -0.426.

Kata kunci— Website, WebQual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA), Kualitas, SLA Tompaso.



Full Text:

PDF

References


. Marlina, Y. P. Santoso, Kelvin, and J. F. Andry, "Analisis Pengaruh Website Fashion Macadamia House Terhadap Kepuasan Konsumen Dengna Metode Webqual 4.0," TEKNOINFO, vol. 13, no. 2, pp. 63-70, 2019.

. Pratiwi Utami and Ali Mubarak, "Model Pengasuhan Anak Terkait Penggunaan Internet Di Asia," Pengasuhan di Era Digital, vol. 2, pp. 1-9, Agustus 2018.

. Michelle Pricillia Huwae and Ribka Cyntia Polimpung, "Pengaruh Kualitas Website Universitas Klabat Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual 4.0," Universitas Klabat, Airmadidi, Skripsi 2018.

. L~L. (2020) SLA Tompaso. [Online]. https://slatompaso.sch.id

. Budi Setiawan Santoso and Muhammad Fauzi Anwar, "Analisis Kualitas Website Menggunakan Metode Wequal dan Importance-Performance Analysis (IPA) Pada Situs Kaskus," ResearchGate, 2015.

. Ega Claudia Iqla Azizah, Himawat Aryadita, and Admaja Dwi Herlambang, "Evaluasi Kualitas Website Forum Diskusi Online Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (Studi Kasus Pada Website Dictio)," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 8, pp. 2549-2559, Agustus 2018.

. Harry Bali Kusuma, Suprapto, and Hanifah Muslimah Az-Zahra, "Analisis Kualitas Layanan Website dengan menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance and Performance Analysis (IPA) pada UPT Perpustakaan Proklamator Bung Karno," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 3, no. 3, pp. 2344-2353, Maret 2019.

. Winda Siti Fatmala, Suprapto, and Aditya Rachmadi, "Analisis Kualitas Layanan Website E-Commerce Berrybenka Terhadap Kepuasan Pengunjung Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan Importance Performance Analysis (IPA)," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. 1, pp. 175-183, Januari 2018.

. Penda Sudarto Hasugian, "Perancangan Website Sebagai Media Promosi dan Informasi," Journal of Informatic Pelita Nusantara, vol. 3, no. 1, pp. 82-86, Maret 2018.

. Yunita Trimarsiah and Muhajir Arafat, "Analisis dan Perancangan Website Sebagai Sarana Informasi Pada Lembaga Bahasa Kewirausahaan dan Komputer Akmi Baturaja," Jurnal Ilmiah Matrik, vol. 19, no. 1, 2017.

. Kenny Roz, "Analisis Pengaruh Website Quality terhadap Kepuasan Pengguna dengan Menggunakan Metode WebQual 4.0," Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, vol. 8, no. 1, pp. 41-49, 2020.

. Anindya Dwiana Putri and Sri Rahayu Tri Astuti, "Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Konsumen Serta Dampaknya Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen (Studi Pada Blends Pasta & Chocolate Cabang Unika Semarang)," Diponegoro Journal of Management, vol. 6, no. 2, pp. 1-10, 2017.

. Abdur Rohman, "Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Bengkel Mr. Montir Citayam," Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah, Jakarta, Skripsi 2017.

. Sri Nugrahani, "Aplikasi Metode (QFD) Untuk Meningkatkan Kualitas Layanan Permohonan SIM Pada Satlantas Kabupaten Jombang," Jurnal Ekonomi dan Keuangan, vol. 1, no. 4, pp. 491-510, 2017.

. Amirah Al Baiti, Suprapto, and Aditya Rachmadi, "Pengukuran Kualitas Layanan Website Dinas Pendidikan Kota Malang Menggunakan Metode Webqual 4.0 dan IPA," Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 1, no. 9, pp. 885-892, Juni 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v7i2.331.396-406

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.