Penerapan Metode Dempster Shafer Untuk Mendiagnosa Penyakit Dari Akibat Bakteri Salmonella

Mikha Dayan Sinaga, Nita Sari Br. Sembiring

Abstract


Infeksi dari bakteri Samonella dapat menyerang saluran gastrointestin yang mencakup perut, usus halus, dan usus besar atau kolon. Beberapa spesies salmonella dapat menyebabkan infeksi melalui makanan. Termasuk ke dalamnya adalah Salmonella Typhi yang mengakibatkan penyakit tifus, dan Salmonella Shigella yang mengakibatkan penyakit disentri dan diare. Masih banyak orang yang belum mengetahui gejala-gejala dari infeksi bakteri ini serta bagaimana cara untuk mendiagnosa dengan nilai kepastian yang tinggi. Untuk dapat mengetahui tingkat kepastian infeksi bakteri ini peneliti menggunakan metode Dempster-Shafer. Metode ini dipilih karena metode ini dianggap mampu untuk memberikan tingkat kepastian yang tinggi. Metode Dempster-Shafer adalah representasi, kombinasi dan propogasi ketidakpastian, dimana teori ini memiliki beberapa karakteristik yang secara instutif sesuai dengan cara berfikir seorang pakar, namun dasar matematika yang kuat. Hasil dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi sistem pakar yang dapat mendiagnosa bakteri dari akibat bakteri salmonella dengan menggunakan metode Dempster Shafer.

Kata Kunci  : Sistem Pakar,Metode Dempster Shafer, Bakteri Salmonella.


Full Text:

PDF

References


. Gupta. S dan Singhal. R, “Fundamentals and Characteristics of an Expert System”. International Journal on Recent and Innovation Trends in Computing and Communication volume 1 issue: 3, 2013.

. Joseph. A, Odumeru and Carlos G. León-Velarde. 2012. Salmonella Detection Methods for Food and Food Ingredients. University of Guelph, Guelph, Ontario Canada.

. Muhammad. A, 2014. “Implementasi Metode Sugeno Pada Sistem Pakar Penentuan Stadium Pada Penyakit Tuberculosis (TBC)”. Pelita Informatika Budi Darma, Volume : ViI, Nomor: 3. STMIK Budi Dharma Medan, Indonesia

. Siswanto (2010). “Kecerdasan Tiruan”. Edisi 2. Graha Ilmu. Yogyakarta.

. Wahyuni.E.G, Widodo Prijodiprojo. 2013. “Prototype Sistem Pakar untuk Mendiagnosa Tingkat Resiko Penyakit Jantung Koroner dengan Metode Dempster-Shafer”. Jurnal IJCCS, Vol.7, No.2. UGM. Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons