Pengaruh Norma, Dorongan, dan Kepercayaan Diri Terhadap Entrepreneurial Intention Mahasiswa Pontianak

Irawan Wingdes

Abstract


Tingkat pengangguran yang tinggi mempunyai dampak negatif bagi sosial ekonomi negara. Salah satu faktor yang dapat menurunkan tingkat pengangguran adalah dengan menciptakan lebih banyak wirausaha. Lulusan perguruan tinggi yang banyak merupakan salah satu penyumbang pengangguran yang signifikan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendalami niat wirausaha pada mahasiswa khususnya pada mahasiswa ilmu informatika di Pontianak. Model penelitian dikembangkan dengan 3 konstruk (norma, dorongan, dan kepercayaan diri) yang mempengaruhi konstruk niat wirausaha. Data dianalisis dengan structural equation modeling berbasis partial least square. Dari ketiga konstruk yang dikembangkan, hanya dorongan yang tidak signifikan mempengaruhi niat wirausaha tetapi mempengaruhi kepercayaan diri pada mahasiswa ilmu informatika. Model valid dan reliable dengan kemampuan menjelaskan varians (R2) sebesar 0.463. Niat wirausaha mahasiswa dipengaruhi dengan kuat oleh kepercayaan diri mereka. Norma atau kepercayaan yang dianut oleh mahasiswa terhadap wirausaha juga mempengaruhi niat berwirausaha walaupun tidak kuat. Dorongan atau dukungan dari keluarga dan teman dekat tidak mempengaruhi niat wirausaha secara langsung melainkan hanya meningkatkan kepercayaan diri mahasiswa untuk berwirausaha.

 

Keywords : Norma, Kepercayaan Diri, Dorongan, Entrepreneurship, Akademisi


Full Text:

PDF

References


F. Fauzi, Y. (2016). BPS: Jumlah Pengangguran di Indonesia Menciut 530 Ribu Orang [Online]. Available: http://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20161107152144-92-170923/bps-jumlah-pengangguran-di-indonesia-menciut-530-ribu-orang/.

S, Widianto. (2015). Dukung Wirausaha, Tekan Angka Pengangguran [Onlline]. Available: http://www.pikiran-rakyat.com/ekonomi/2015/12/21/354421/dukung-wirausaha-tekan-angka-pengangguran.

S. Kristiansen, dan N. Indarti, “Entrepreneurial Intention Among Indonesian and Norwegian Students,” Journal of Enterprising Culture, vol. 12, no. 1, pp. 55-78, 2004.

Tempo.co. (2017). Begini Cara Honda Mengajak Pengangguran Jadi Wirausaha [Online]. Available: Https://otomotif.tempo.co/read/news/2017/02/01/295841679/begini-cara-honda-mengajak-pengangguran-jadi-wirausaha.

Mulyana. (2016). Kewirausahaan Pemuda Bisa Kurangi Pengangguran [Online]. Available: http://www.antaranews.com/berita/585511/kewirausahaan-pemuda-bisa-kurangi-pengangguran.

E.J. Schwarz, M.A. Wdowiak, D.A. Almer-Jarz, dan R.J Breitenecker, “The Effects of Attitudes and Perceived Environment Conditions on Students’ Entrepreneurial Intent: An Austrian Perspective,” Education + Training Journal , vol. 51, no. 4, pp. 272-291, 2009.

C. Boulton, dan P.Turner, Mastering Business in Asia: Entrepreneurship, Singapore, John Wiley and Sons, Singapore, 2009.

R. Mellor, G. Coulton, A. Chick, A. Bifulco, N. Mellor, dan A. Fisher, Entrepreneurship for Everyone, SAGE Publications, London, 2009.

N.F. Krueger, dan A.L Carsrud, “Entrepreneurial intentions: - Applying the theory of planned behavior,” Entrepreneurship & Regional Development Journal, vol. 5, pp. 315-330, 1993.

N. Indarti, dan R. Rostiani, “Studi Perbandingan antara Indonesia, Jepang, dan Norwegia,” Jurnal Ekonomika dan Bisnis Indonesia, vol. 23, no. 4, pp. 1-27, 2008.

S.R. Maulida, D.R. Dhania, “Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Dukungan Orang Tua dengan motivasi berwirausaha pada siswa SMK,” Jurnal Psikologi Undip, vol. 11, no. 2, pp. 1-8, 2012.

H. Mopangga, “Faktor Determinan Minat Wirausaha Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Gorontalo,” Trikonomika, vol. 13, no.1, pp. 78–90, 2014.

G. Secundo, G. Elia, “A performance measurement system for academic entrepreneurship: a case study,” Measuring Business Excellence, vol. 18, no. 3, pp. 23-27, 2014.

Dahlstrand, A.L., 2007, Technology-based entrepreneurship and regional development: the case of Sweden, European Business Review, Vol. 19 (5), Hal. 373 – 386

Baughn, C.C. et al, 2006, Normative, Social and Cognitive Predictors of Entrepreneurial Interest in China, Vietnam and the Philippines, Journal of Developmental Entrepreneurship Vol. 11 (1), hal 57–77.

C. Luthje, dan N. Franke, “The ‘making’ of an entrepreneur: testing a model of entrepreneurial intent among engineering students at MIT,” R&D Management, vol. 33, no. 2, pp. 135-147, 2003.

G. Hofstede, 2001. Culture’s Consequences (2nd Edition): Comparing Values, Behaviors, Institutions, and Organizations Across Nations, Sage Publications, London, 2001.

U. Sekaran, Research methods for business, a skill-building approach fourth edition, John Wiley & Sons, New York, 2003.

I. Ghozali, dan Fuad, Structural equation Modelling, teori konsep dan aplikasi dengan program lisrel 9.1 edisi 4, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2014.

J.F. Hair, A Primer on Partial Least Square Structural Equation Modeling, Sage, London, 2014.

J.F. Hair, “PLS SEM: Indeed a Silver Bullet,” Journal of Marketing Theory and Practice, vol. 19, no. 2, pp. 139-151, 2011.

I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate dengan program SPSS 21 update PLS regresi, Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v3i2.78.312-322

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.