Pengembangan Media Pembelajaran Sains Melalui Video Animasi Berbasis PBL

Anita Amelia Ole, Sudin Simandjuntak, Ferny Margo Tumbel

Abstract


ABSTRAK

Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran sains melalui video animasi berbasis PBL pada mahasiswa IPA semester IV. (2) meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah IPA-2 dengan menggunakan media pembelajaran sains melalui video animasi pada mahasiswa semester IV PRODI IPA Universitas Negeri Manado. Penelitian pengembangan ini menggunakan metode Research and Developmen (R &D) dengan model Dick dan Carrey yang meliputi 7 tahap yaitu perencanaan, studi eksplorasi, pengembangan bentuk awal produk, instrument pengumpulan dan analisi data, revisi berdasarkan hasil validasi dan desiminasi produk. subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini di review oleh, (1) orang ahli pembelajaran,  (1) orang ahli media, uji kelompok kecil, uji coba lapangan atau kelompok besar,  sampel diambil pada 1 kelas dengan jumlah 21 orang mahasiswa. Nilai thitung < ttabel (-15,518 < -2,086) dan signifikansi < 0,05 (0,000 < 0,05), kesimpulan dalam penelitian ini bahwa proses pembelajaran yang diberi perlakuan media pembelajaran sains melalui video animasi berbasis PBL, dapat meningkatkan nilai rata-rata pada mata kuliah IPA-2 materi sistem pencernaan makanan pada manusia.

Kata kunci : Media Pembelajaran Sains, Problem Based Learning, Video Animasi.

 

ABSTRACT

Purpose in this study is (1)To  develop learning media science through video animation based PBL (Problem Based Learning) at students IPA fourth semester. (2) improve student learning outcomes in the course IPA-2 by using learning media science through video animation on student semester IV department IPA Manado State University. Research the  development using the methods Research and Developmen (R &D) model with  Dick and Care which includes 7 stages. The subject of this research and development in the review by (1) expert lecturers learning, (1) media expert lectures, small group test, field trials or large group, samples were taken at 1 class with 21 students. Value thit < ttab (-15,518 < -2,086) and significance < 0,05 (0,000 < 0,05), conclusion in this study that the learn process is treated by media science learn through video-based animation PBL, can increase the average value of subject IPA-2, digestive system in humans.

Keywords: Learning Media Science,  PBL (Problem Based Learnig), Animated-Video.


Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Anonim. 2012. Pengertian Pendidikan Menurut Ahli. (Online)

http://belajarpsikologi.com/pengertian-pendidikan-menurut-ahli/ diakses tanggal 15 Juli 2014.

Arikunto, Suharsimi. 1987. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta.

Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Colton, T. 2005. Statistic in Medicine, diterjemahkan oleh Sanusi R: Statistika Kedokteran, Fakultas Kedokteran Univ, Gadjah Mada. Yokyakarta: Gadjah Mada University Press.

Dick W. dan Carrey L. 1990. The Systematic Design Of Instruction: Third Edition USA: Harper Collins Publisher.

Fatimah, Widiyatmoko. 2014. Pengembangan Science Comic Berbasis Problem Based Learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Untuk Siswa SMP. Universitas Negeri Semarang: Jurnal Pendidikan IPA Indonesia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia

http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jpii

Jumadi, 2003. Pembelajaran Kontekstual Dan Implementasinya. UNY: Workshop Sosialisasi dan Iplementasi Kurikulum 2004.

Nurdin, 2009. Pengembangan Pendidikan IPA Berbasis Teknologi Informasi Komputer. Jurnal Administrasi Pendidikan. Vol. 9.

Phee, A.D.Mc. 2002. Problem base learning in initial teacher education: taking agenda forward. Jour¬nal of education enquiry, 3 (1): 60-74. 3 (1): 60-74

Rizky, Sambodo. 2014. Pengembangan Media Pembelajaran Mobile Learning (m-learning) berbasis Android untuk siswa kelas XI SMA. Skripsi: Yokyakarta.

Suryadi, A. 2007. Pemanfaatan ICT dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh. Vol 8, hal 83-98.

Supriadi, Sujana, Wiyarta. 2013. Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Audiovisual Berpengaruh Terhadap Hasil. IPS Siswa Kelas IV SD Gugus Ubud Gianyar. UPG: Singaraja

Yulvianto. 2011. Pengertian Ilmu Sains, Teknologi dan Teknik, http://yulvianto.blogspot.com/2011/12/pengertian-ilmu-sains-teknologi-teknik.html diakses tanggal 4 Juli 2014.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v5i1.146.12%20-%2021

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.