Alat Peraga Jantung Manusia Berbasis Augmented Reality dengan Menggunakan Teknik 3D Object Tracking

Andria Kusuma Wahyudi, Yermia J. Kairupan, Yana C. Masengi

Abstract


Pengenalan struktur jantung manusia atau yang dikenal dengan istilah anatomi menjadi sangat penting khususnya dalam bidang kedoteran dan keperawatan. Media penunjang yang digunakan sebagai pengenalan anatomi jantung pada umumnya berupa buku cetak, gambar 2D, alat peraga dan patung. Augmented Reality menjadi salah satu tools yang dapat digunakan untuk menghasilkan pembelajaran yang mendalam. Paper ini mengambil kesempatan membuat aplikasi pengenalan anatomi jantung manusia dalam bentuk 3D, dengan menggunakan teknologi Augmented Reality yang digabungkan dengan teknik 3D object tracking. Penelitian ini mencoba untuk membuat inovasi agar objek 3D virtual yang di tampilkan tidak hanya dapat di lihat saja namun dapat di genggam secara fisik. Pengguna dapat menggunakan smartphone untuk melakukan tracking pada sebuah kubus yang di desain khusus untuk menampilkan object 3D jantung. Penelitian ini memberikan inovasi dalam menampilkan objek 3D yang terdiri dari enam sisi marker yang dapat di tracking bersama sama. Teknik ini memberikan efek objek 3D dapat di pegang dalam genggaman tangan pengguna. Hasil akhir berupa apps Android yang dapat menjadi contoh dalam pengembagan aplikasi AR untuk edukasi alat peraga. Aplikasi kemudian diuji pada berbagai smartphone yang berbeda untuk mencari tahu jarak efektif melakukan tracking, intensitas cahaya, tingkat kestabilan memegang smartphone dan waktu yang di butuhkan dalam mendeteksi marker. Hasilnya dapat menjadi panduan dalam perancangan alat peraga dan model pengujian pada aplikasi augmented reality.

Keywords : Jantung manusia, Anatomi, Augmented Reality, Android, 3D Object Tracking


Full Text:

PDF

References


D. S. Wibowo, Anatomi Tubuh Manusia, 2nd ed., vol. 1. 2005.

C. Annema, M.-L. Luttik, and T. Jaarsma, “Reasons for readmission in heart failure: Perspectives of patients, caregivers, cardiologists, and heart failure nurses,” Heart Lung J. Acute Crit. Care, vol. 38, no. 5, pp. 427–434, Sep. 2009.

R. A. Sahulata, A. Wahyudi, B. G. Wuwungan, and M. A. Nayoan, “Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android,” CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, pp. 204–215, Dec. 2016.

O. Lengkong, A. K. Wahyudi, and A. N. S. H, “Media Informasi Brosur Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat menggunakan Augmented Reality Dalam Bentuk Video,” Techno.Com, vol. 17, no. 2, pp. 122–133, May 2018.

R. T. Azuma, “A survey of augmented reality,” Presence Teleoperators Virtual Environ., vol. 6, no. 4, p. 355, Aug. 1997.

A. K. Wahyudi, “ARca, Pengembangan Buku Interaktif Berbasis Augmented Reality dengan Smartphone Android,” J. Nas. Tek. Elektro Dan Teknol. Inf. JNTETI, vol. 3, no. 2, 2014.

E. Solak and R. Cakir, “Exploring the Effect of Materials Designed with Augmented Reality on Language Learners’ Vocabulary Learning,” J. Educ. Online, vol. 12, no. 2, pp. 50–72, Jul. 2015.

Y. P. Edson, A. Wahyudi, and C. Dumingan, “A Proposed Combination of Photogrammetry, Augmented Reality and Virtual Reality Headset for heritage visualisation,” in 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Lombok, Indonesia, 2016, vol. 1, pp. 43–48.

T. Chatzidimitris, D. Gavalas, and D. Michael, “SoundPacman: Audio augmented reality in location-based games,” in 2016 18th Mediterranean Electrotechnical Conference (MELECON), 2016, pp. 1–6.

A. Wahyudi, A. Sumual, and J. Sumual, “Tanslator Real-Time Bahasa Indonesia - Tombulu dan Tombulu - Indonesia menggunakan Augmented Reality,” CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, pp. 194–203, Dec. 2016.

A. Wahyudi, R. Ferdiana, and R. Hartanto, “Pengujian dan Evaluasi Buku Interaktif Augmented Reality ARca 3D,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2014, Stimik Amikom, Yogyakarta, 2014, vol. 2.

K. Lee, “Augmented Reality in Education and Training,” TechTrends Link. Res. Pract. Improve Learn., vol. 56, no. 2, pp. 13–21, Mar. 2012.

A. K. Sin and H. B. Zaman, “Live Solar System (LSS): Evaluation of an Augmented Reality book-based educational tool,” presented at the Information Technology (ITSim), 2010 International Symposium in, 2010, vol. 1, pp. 1–6.

A. Tejani, D. Tang, R. Kouskouridas, and T.-K. Kim, “Latent-Class Hough Forests for 3D Object Detection and Pose Estimation,” in Computer Vision – ECCV 2014, 2014, pp. 462–477.

Y. Park, V. Lepetit, and W. Woo, “Multiple 3D Object Tracking for Augmented Reality,” in Proceedings of the 7th IEEE/ACM International Symposium on Mixed and Augmented Reality, Washington, DC, USA, 2008, pp. 117–120.

Y. Kobayashi, “Photogrammetry and 3D City Modelling, School of Architecture and Lanscape Architecture, Arizona State University, USA, 2006,” Photogrammetry and 3D City Modelling, 19-Feb-2016. [Online]. Available: ftp://forum8.co.jp/forum8lib/pdf/VRsymposium/arizone-2.pdf. [Accessed: 19-Feb-2016].

G. Yalcin and O. Selcuk, “3D city modelling with Oblique Photogrammetry Method,” in INTER-ENG 2014, Tirgu Mures, Romania, 2015, vol. 8.

K. L. Moore, A. F. Dalley, and A. M. R. Agur, Clinically Oriented Anatomy. Lippincott Williams & Wilkins, 2006.

J. Sobotta, Atlas anatomi manusia: Batang badan, panggul, ekstremitas bawah. Jilid 2. Penerbit Buku Kedokteran, EGC, 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v4i1.101.46-59

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.