Pengaruh Promosi Berbasis Teknologi Informasi Terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.99.24-36Abstract
Wirausahawan muda di Indonesia sangatlah membantu pertumbuhan ekonomi Indonesia menyebabkan bertambahnya lapangan kerja. Berdasarkan data dari lembaga riset digital marketing Emarketer tahun 2018 pengaruh teknologi informasi khususnya media sosial sangatlah membantu kegiatan promosi hal ini disebabkan karena dari 100 juta orang adalah pengguna aktif smartphone di Indonesia. Penerapan mata kuliah kewirausahaan di Universitas Klabat menghasilkan banyak mahasiswa dan alumi yang memiliki bisnis dan mereka melakukan promosi dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu sosial media. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi berbasis teknologi informasi terhadap pengusaha muda Universitas Klabat yang terdiri dari beberapa variable independen yaitu: Content, Trust, Price, Product, dan secara serentak (Content, Trust, Price dan Product) terhadap Pengusaha Muda Universitas Klabat sebagai variable dependen baik secara parsial maupun secara serentak. Hasil dari pengujian tersebut akan dihitung hubungan langsung dan tidak langsung menggunakan analisis jalur. Pada pengujian serentak didapatkan hasil .000 < .05 yang berarti secara serentak Price, Content, Trust, Product berpengaruh signifikan terhadap Pengusaha muda. Besar pengaruh secara serentak adalah 45.9% dan sisanya sebesar 1- 45.9 = 54.1% adalah variable diluar penelitian ini yang berpengaruh terhadap pengusaha muda. Secara parsial content .098 > .05 berarti content tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .262, trust .080 > .05 berarti trust tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .296, price .0893 > .05 berarti price tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .019. dan product .075 > .05 berarti product tidak berpengaruh secara signifikan terhadap pengusaha muda dengan nilai koefisien .288. Ini menunjukan dalam melakukan promosi online empat variabel berperan penting dengan kata lain harus memperhatikan Content, Trust, Price dan Product dalam setiap promosi berbasis TIK. Empat variabel ini saling terkait satu dengan yang lain dalam menopang promosi berbasis TIK dimana pengusaha muda harus menyeimbangkan empat variabel ini. Empat variabel ini tidak dapat berdiri sendiri dalam melakukan promosi berbasis TIK.Keywords : Pemasaran berbasis TIK, Teknologi Informasi, pengusaha muda, kewirausahaanReferences
L. Saiman, Kewirausahaan. Teori, Praktik dan Kasus-Kasus, Jakarta: Selemba Empat, 2009.
S. Mariotti and C. Glackin, Entrepreneurship, New Jersey: Pearson Education, Inc. Prentice Hall, 2013.
Yunita, Wardi, P. Susanto and N. L. Abdullah, "Orientasi Kewirausahaan Pada Kinerja Usaha Kecil Menengah (UKM) Sumatera Barat: Analisis Peran Moderasi Dari Intensitas Persaingan, Turbelensi Pasar dan Teknologi," Jurnal Manajemen Teknologi, vol. 16, no. 1, 2017.
KOMINFO, "Indonesia Raksasa Teknologi Digital Asia," KOMINFO, 2017. [Online]. Available: https://www.kominfo.go.id/content/detail/6095/indonesia-raksasa-teknologi-digital-asia/0/sorotan_media. [Accessed 2018 2 3].
P. Kotler and K. Keller, Marketing Management, 14 ed., New Jersey: Pearson Education, Inc. Prentice Hall, 2012.
P. Antarwiyati, L. N. Agus and K. Hadri, "Determinan Electronic Loyalty (e-Loyalty) Pada Website," Jurnal Akuntansi & Auditing, vol. 14, no. 1, pp. 1-7, 2010.
R. C. Mayer, J. H. Davis and F. D. Schoorman, "An Integratif Model of Organizational Trust; Past, Presnt, and Future," Academy of Management Review, vol. 32, no. 2, pp. 344-345, 2 2007.
C. Subhash and Jain, Marketing Planning & Strategy, 6 ed., California: South-Western College Pub., 2011.
L. P. Dias and J. S. Amit, Marketing: Product and Price In Introduction to Business, New York: McGraw-Hill, 2009.
Applbaum, The Marketing Era: from professional practice to global provisioning., New York: McGrawhill, 2004.
R. Rayport, Introduction to E-commerce, 2 ed., New York: McGrawhill, 2004.
D. Cooper and P. Schindler, Business Research Methods, New York: McGraw-Hill, 2010.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D, Bandung: Alfabet, 2010.
Raharjo, "Uji Koefisien Korelasi Spearman dengan SPSS Lengkap," Konsistensi, 16 Mei 2015. [Online]. Available: http://www.konsistensi.com/2015/02/uji-koefisien-korelasi- spearman-dengan.html. [Accessed 11 Mei 2018].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).