Strategi memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan makanan khas Bangka (Studi Kasus : Aneka Citra Snack)
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i2.64.286-298Abstract
Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia yang tahan goncangan dan resesi. UKM umumnya berangkat dari usaha yang berakar pada budaya dan kekhasan suatu daerah. Walaupun awalnya lebih banyak bergerak di wilayahnya saja, pemerintah mencanangkan upaya digitalisasi UKM dengan menggalakkan penjualan elektronik atau e-commerce. Di Bangka Belitung UKM bergerak dibidang usaha makanan khas daerah, pakaian dan kain tenun cual khas Bangka, dan beberapa bidang usaha jasa lainnya. Untuk mendapatkan strategi yang tepat memanfaatkan teknologi informasi dalam penjualan elektronik, maka penelitian ini mempunyai dua metode penelitian. Pertama menganalisis faktor – faktor apa saja yang mendorong UKM untuk menggunakan e-commerce. Analisis beberapa faktor pendorong ini dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah metode pengambilan keputusan yang mampu menyeleksi multikriteria faktor sehingga menghasilkan hasil analisis akurat. Hasil pengolahan data dengan AHP menunjukkan bahwa faktor yang paling besar bobotnya adalah faktor teknologi informasi sebesar 33,2%, dan alternatif yang paling tinggi bobotnya adalah pelaku bisnis usaha makanan khas dengan bobot 38,8%. Dengan adanya hasil analisa AHP tersebut, maka penelitian dilanjutkan dengan merancang sistem informasi berbasis web untuk mendorong UKM menjalankan transaksi penjualan secara elektronik. Analisa dan perancangan sistem dilakukan dengan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) agar sistem dapat dikembangkan secara bertahap. Keywords : UKM, Bangka Belitung, AHPReferences
Perpres Nomor 74 Tahun 2017
U. Poor, “Meningkatkan Daya Saing Sektor Ritel Melalui Sinergi Antara Ritel Tradisional , Modern dan E-Commerce,” 2017.
N. Ayu and N. Dewi, “PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK UKM,” pp. 46–61, 2016.
S. Maryama, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” J. Liq., vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2013.
S. P. dan azzuhri misbahuddin Prabandari, “Efektivitas Penggunaan E-commerce sebagai Penunjang Aktivitas Bisnis pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang Raya,” E-Commerce. 2008.
K. N. Sistem, S. Rahayu, E. Siti, N. Aisyah, R. Farizi, and K. Tangerang, “Lapakgue . co : E-Commerce bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Tangerang Punya GUE,” pp. 660–665, 2017.
J. Lpkia, V. No, H. F. S. Si, M. T. Fawzi, and R. Supiyaddin, “JURNAL LPKIA, Vol.1 No.1, Sepember 2017,” vol. 1, no. 1, 2017.
A. Pembelajaran et al., “Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 1, pp. 1–5, 2013.
M. Octavianti et al., “Prosiding seminar nasional komunikasi 2016,” vol. 2014, pp. 166–175, 2016.
B. Gambrien, A. R. Iskandar, and risnandar, “E-Commerce untuk Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ),” J. Teknol. Inf. Polet. Telkom, vol. 1, no. 4, pp. 144–151, 2012.
R. S. Wardhani, F. Ekonomi, U. B. Belitung, Y. Agustina, F. Ekonomi, and U. B. Belitung, “Analisis faktor-faktor yang memengaruhi daya saing pada sentra industri makanan khas bangka di kota pangkalpinang,” pp. 64–96.
D. M. Taguchi, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 35,” pp. 35–40, 2014.
A. Syukriah and I. Hamdani, “Peningkatan Eksistensi UMKM Melalui Comparative Advantage Dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 Di Temanggung,” Econ. Dev. Anal. J., vol. 2, no. 2, pp. 110–119, 2013.
F. Nugraha, “Analisa dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis E Commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 3, pp. 33–37, 2016.
R. Hudiono and L. Sinatra, “Dengan Pendekatan Model E-Commerce : Marketplace,” vol. 10, no. 1, pp. 71–83, 2013.
F. R. Kodong and O. S. Simanjuntak, “Manajemen Rantai Pasokan Pada E-Commerce Industri Makanan Ringan,” UPN Veteran Yogyakarta, vol. 2015, no. November, pp. 139–146, 2015.
A. Saefullah and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online ( E- Commerce ) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, 2014.
M. Sholihin and S. Mujilahwati, “DAMPAK PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP ( Studi Kasus Ninda Bros Lamongan ),” vol. 8, no. 1, 2016.
Thomas L. Saaty, “How to make a decision: The Analytic Hierarchy Process,” Eur. J. Oper. Res., vol. 48, pp. 9–26, 1990.
T. L. Saaty, “Some Mathematical Concepts of the Analytic Hierarchy Process,” Behaviormetrika, no. 29, pp. 1–9, 1991.
T. L. Saaty, “Decision making with the analytic hierarchy process,” Int. J. Serv. Sci., vol. 1, no. 1, p. 83, 2008.
T. Saaty and L. Vargas, “Models,Mmethods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process,” Int. Ser. Oper. Res. Manag. Sci. 175 Springer Sci. Media New York, 2012.
T. L. Saaty, “Better world through better decision making,” Proc. Int. Symp. Anal. Hierarchy Process 2013, pp. 1–9, 2013.
K. D. Goepel and B. Performance, “Comparison of Judgment Scales of the Analytical Hierarchy Process - A New Approach,” no. 2012, pp. 1–15, 2017.
A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, Systems Analysis and Design with UML. 2012.
D. Behrouz, “OOAD with UML,” Engineering, 2013.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).