Perancangan UI/UX Untuk Aplikasi Kedai Online Menggunakan Metode Design Thinking

Authors

  • Rinny Rantung Universitas Klabat
  • Joe Yuan Mambu Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v9i2.585.396-410

Keywords:

Design Thinking, figma, Antarmuka Pengguna, Pengalaman Pengguna

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang desain antarmuka pengguna (UI/UX) pada aplikasi mobile sebuah kedai makanan dan minuman yang menyediakan program loyalitas bagi pengguna dan penjual. Metode penelitian yang digunakan adalah Design Thinking, dengan lima tahapan yang terinci: empatize, define, ideate, prototype, dan test. Hasilnya adalah aplikasi dengan UI/UX yang memfasilitasi UMKM dalam meningkatkan retensi pelanggan dan mempermudah pembeli dalam memesan. Testing task scenario memberikan hasil usability score 81, menunjukkan tingkat usability yang baik. Implikasi praktisnya adalah aplikasi ini dapat menjadi solusi inovatif sesuai kebutuhan dan harapan pengguna, serta membantu UMKM dalam mengembangkan bisnis mereka. Penelitian ini membuktikan bahwa penerapan Design Thinking dalam pengembangan aplikasi mobile untuk UMKM menghasilkan desain yang berfokus pada pengguna dan solusi inovatif. Hal ini menunjukkan kontribusi penelitian ini terhadap pengembangan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan pasar dan membantu UMKM dalam bersaing di era digital.

References

W. M. Ardiansyah, “Peran Teknologi dalam Transformasi Ekonomi dan Bisnis di Era Digital,” JMEB J. Manaj. Ekon. Bisnis, vol. 1, no. 1, 2023.

N. R. Wiwesa, “User Interface Dan User Experience Untuk Mengelola Kepuasan Pelanggan,” J. Sos. Hum. Terap., vol. 3, no. 2, p. 2, 2021.

M. A. T. Pratama and A. T. Cahyadi, “Effect of User Interface and User Experience on Application Sales,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 879, no. 1, p. 012133, Jul. 2020, doi: 10.1088/1757-899X/879/1/012133.

V. Sharma and A. K. Tiwari, “A study on user interface and user experience designs and its tools,” World J. Res. Rev. WJRR, vol. 12, no. 6, pp. 41–45, 2021.

M. J. Narizki, R. A. Widyanto, and N. A. Prabowo, “Perancangan UI/UX Sistem Penerimaan Mahasiswa Baru Berbasis Perangkat Mobile dengan Metode Design Thinking,” J. Inf. Syst. Res. JOSH, vol. 4, no. 4, pp. 1127–1135, 2023.

J. Liedtka, “Why design thinking works,” Harv. Bus. Rev., vol. 96, no. 5, pp. 72–79, 2018.

J. Auernhammer and B. Roth, “The origin and evolution of Stanford University’s design thinking: From product design to design thinking in innovation management,” J. Prod. Innov. Manag., vol. 38, no. 6, pp. 623–644, 2021, doi: 10.1111/jpim.12594.

J. Liedtka, “Evaluating the impact of design thinking in action,” in Academy of Management Proceedings, Academy of Management Briarcliff Manor, NY 10510, 2017, p. 10264.

Kinara Capital, “7 Ways Smartphones Empowering the Growth of MSME Sector.” Accessed: Jan. 05, 2024. [Online]. Available: https://kinaracapital.com/smartphones-accelerating-the-msme-sector/

S. Rakshit, N. Islam, S. Mondal, and T. Paul, “Mobile apps for SME business sustainability during COVID-19 and onwards,” J. Bus. Res., vol. 135, pp. 28–39, Oct. 2021, doi: 10.1016/j.jbusres.2021.06.005.

A. Iakovets, M. Balog, and K. Židek, “The Use of Mobile Applications for Sustainable Development of SMEs in the Context of Industry 4.0,” Appl. Sci., vol. 13, no. 1, Art. no. 1, Jan. 2023, doi: 10.3390/app13010429.

RichesftSoft, “Importance Of UI and UX In Mobile App Development.” Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://www.linkedin.com/pulse/importance-ui-ux-mobile-app-development-richestsoft-hpr3f/

“How UI Design Increases The Success Rate of Your Mobile Application?” Accessed: Jan. 03, 2024. [Online]. Available: https://musemind.agency/blog/ui-design-increases-success-rate-mobile-application

F. Fariyanto, S. Suaidah, and F. Ulum, “Perancangan Aplikasi Pemilihan Kepala Desa Dengan Metode Ux Design Thinking (Studi Kasus: Kampung Kuripan,” J. Teknol. Dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 52–60, 2021.

S. Amalina, F. Wahid, V. Satriadi, F. S. Farhani, and N. Setiani, “Rancang Purwarupa Aplikasi UniBook Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi, 2017.

A. A. Razi, I. R. Mutiaz, and P. Setiawan, “Penerapan metode design thinking pada model perancangan ui/ux aplikasi penanganan laporan kehilangan dan temuan barang tercecer,” Demandia J. Desain Komun. Vis. Manaj. Desain Dan Periklanan, vol. 3, no. 02, pp. 219–237, 2018.

M. R. Wibowo and H. Setiaji, “Perancangan Website Bisnis Thrifdoor Menggunakan Metode Pendekatan Design Thinking,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.

D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021.

E. Susanti, E. Fatkhiyah, and E. Efendi, Pengembangan UI/UX Pada Aplikasi M-Voting Menggunakan Metode Design Thinking. 2019.

M. McCloskey, “Task Scenario for Usability Testing. [Accessed: 20-Oct-2022], 2014.

Published

2023-12-29

How to Cite

Rantung, R., & Mambu, J. Y. (2023). Perancangan UI/UX Untuk Aplikasi Kedai Online Menggunakan Metode Design Thinking. CogITo Smart Journal, 9(2), 396–410. https://doi.org/10.31154/cogito.v9i2.585.396-410