Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi Dengan Pieces Framework

Authors

  • Valerian Leony Bianto Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Advent Indonesia
  • Jay Idoan Sihotang Fakultas Teknologi Informasi, Universitas Advent Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.421.514-523

Keywords:

Microsoft Teams, PIECES Framework, E-Learning, Kepuasan Pengguna

Abstract

Karena dampak dari pandemi Covid-19, para pelajar harus melakukan proses belajar mengajar secara online. Microsoft Teams adalah platform yang banyak digunakan orang untuk melakukan pembelajaran secara online. Penelitian ini berfokus kepada evaluasi kepuasan pengguna Microsoft Teams sebagai sarana e-learning. Data yang diperlukan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada user Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi. Lalu data tersebut diolah dan dianalisis melalui 6 aspek yang terdapat dalam Pieces framework yaitu: performance, information, economic, control, efficiency, dan service. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 152 responden yang dihitung dengan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan berada di tingkat Puas dengan skor 3,83 untuk asepek Performance, 3,77 untuk aspek Information, 3,66 untuk aspek Economic, 3,66 untuk aspek Control, 3,86 untuk aspek Efficienct, dan 3,95 untuk aspek Service.

References

A. Limbong, “Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester Genap 2019/2020,” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 161–168, Oct. 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2386.

A. L. Benita, “Analisis pengaruh e-trust dan e-satisfaction terhadap attitudinal loyalty dan behavioural loyalty pada mahasiswa perguruan tinggi swasta pengguna synchronous online learning microsoft teams di Surabaya,” Universitas Pelita Harapan, Surabaya, 2021. [Online]. Available: http://dspace.uphsurabaya.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/2466

I. P. Ramayasa, “Pengukuran Kualitas E-learning di STMIK STIKOM Bali dengan Metode PIECES Framework,” p. 7, 2016.

A. Supriyatna, “Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume XI, No.1 Maret 2015,” p. 10.

Y. R. Sari and E. Nurmiati, “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta),” vol. 5, p. 6, 2021.

R. R. F. Tambunan, J. I. Sihotang, and J. Y. Mambu, “Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim Terhadap Sistem Layanan Maxim Dengan Pieces Framework,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, pp. 339–348, Dec. 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i2.330.339-348.

N. Ravenska and H. A. Pradesa, “Analisa Kesenjangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi: Studi Kasus Penerapan E-Study dan Microsoft Team,” vol. 8, no. 6, p. 4, 2021.

F. H. Kirana, T. L. M. Suryanto, and E. M. Safitri, “PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS,” vol. 02, no. 1, p. 8, 2021.

E. B. Wagiu and R. D. Sihotang, “Analisis Persepsi Anggota Koperasi Terhadap Perbaikan Layanan Dari Dampak Penggunaan Sistem Simpan Pinjam Koperasi Divif 1 Kostrad Depok,” TeIKa, vol. 8, no. 1, pp. 35–50, Apr. 2018, doi: 10.36342/teika.v8i1.751.

I. M. I. Subroto and S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,” vol. 1, no. 2, p. 12, 2016.

N. K. A. Putri and A. D. Indriyanti, “Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” vol. 02, no. 02, p. 7, 2021.

S. Ramadhani, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” J. Teknol. Dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, Jun. 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2101.

W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, May 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852666.

J. P. Guilford, Fundamental statistics in psychology and education, 6. ed. New York: MacGraw-Hill, 1978.

P. L. Septina and J. I. Sihotang, “Analysis of the Satisfaction Level of Gojek (GoFood) Application Users in Rawalumbu, Bekasi City Using the PIECES Framework During Pandemic Period,” in 8ISC PROCEEDINGS: TECHNOLOGY, Universitas Klabat, Feb. 2022. [Online]. Available: http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/8ISCTE/article/view/680

Published

2022-12-27

How to Cite

Bianto, V. L., & Sihotang, J. I. (2022). Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi Dengan Pieces Framework . CogITo Smart Journal, 8(2), 514–523. https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.421.514-523