Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna Aplikasi Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi Dengan Pieces Framework
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v8i2.421.514-523Keywords:
Microsoft Teams, PIECES Framework, E-Learning, Kepuasan PenggunaAbstract
Karena dampak dari pandemi Covid-19, para pelajar harus melakukan proses belajar mengajar secara online. Microsoft Teams adalah platform yang banyak digunakan orang untuk melakukan pembelajaran secara online. Penelitian ini berfokus kepada evaluasi kepuasan pengguna Microsoft Teams sebagai sarana e-learning. Data yang diperlukan diperoleh melalui kuesioner yang disebarkan kepada user Microsoft Teams di SMA Advent Purwodadi. Lalu data tersebut diolah dan dianalisis melalui 6 aspek yang terdapat dalam Pieces framework yaitu: performance, information, economic, control, efficiency, dan service. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 152 responden yang dihitung dengan menggunakan metode Slovin. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara keseluruhan berada di tingkat Puas dengan skor 3,83 untuk asepek Performance, 3,77 untuk aspek Information, 3,66 untuk aspek Economic, 3,66 untuk aspek Control, 3,86 untuk aspek Efficienct, dan 3,95 untuk aspek Service.References
A. Limbong, “Pengaruh Model Pembelajaran Daring Akibat Pandemi Covid-19 Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa UNAI pada Semester Genap 2019/2020,” TeIKa, vol. 10, no. 2, pp. 161–168, Oct. 2020, doi: 10.36342/teika.v10i2.2386.
A. L. Benita, “Analisis pengaruh e-trust dan e-satisfaction terhadap attitudinal loyalty dan behavioural loyalty pada mahasiswa perguruan tinggi swasta pengguna synchronous online learning microsoft teams di Surabaya,” Universitas Pelita Harapan, Surabaya, 2021. [Online]. Available: http://dspace.uphsurabaya.ac.id:8080/xmlui/handle/123456789/2466
I. P. Ramayasa, “Pengukuran Kualitas E-learning di STMIK STIKOM Bali dengan Metode PIECES Framework,” p. 7, 2016.
A. Supriyatna, “Jurnal Pilar Nusa Mandiri Volume XI, No.1 Maret 2015,” p. 10.
Y. R. Sari and E. Nurmiati, “Analisis Kepuasan Pengguna Google Classroom Menggunakan PIECES Framework (Studi Kasus: Prodi Sistem Informasi UIN Jakarta),” vol. 5, p. 6, 2021.
R. R. F. Tambunan, J. I. Sihotang, and J. Y. Mambu, “Analisa Tingkat Kepuasan Kerja Driver Maxim Terhadap Sistem Layanan Maxim Dengan Pieces Framework,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, pp. 339–348, Dec. 2021, doi: 10.31154/cogito.v7i2.330.339-348.
N. Ravenska and H. A. Pradesa, “Analisa Kesenjangan Pembelajaran Daring Selama Pandemi: Studi Kasus Penerapan E-Study dan Microsoft Team,” vol. 8, no. 6, p. 4, 2021.
F. H. Kirana, T. L. M. Suryanto, and E. M. Safitri, “PERSPEKTIF PENGGUNA TERHADAP PENERAPAN APLIKASI MICROSOFT TEAMS,” vol. 02, no. 1, p. 8, 2021.
E. B. Wagiu and R. D. Sihotang, “Analisis Persepsi Anggota Koperasi Terhadap Perbaikan Layanan Dari Dampak Penggunaan Sistem Simpan Pinjam Koperasi Divif 1 Kostrad Depok,” TeIKa, vol. 8, no. 1, pp. 35–50, Apr. 2018, doi: 10.36342/teika.v8i1.751.
I. M. I. Subroto and S. F. C. Haviana, “Sistem Informasi Angket Pengukuran Skala Kebutuhan Materi Pembelajaran Tambahan Sebagai Pendukung Pengambilan Keputusan Di Sekolah Menengah Atas Menggunakan Skala Likert,” vol. 1, no. 2, p. 12, 2016.
N. K. A. Putri and A. D. Indriyanti, “Penerapan PIECES Framework sebagai Evaluasi Tingkat Kepuasan Mahasiswa terhadap Penggunaan Sistem Informasi Akademik Terpadu (SIAKADU) pada Universitas Negeri Surabaya,” vol. 02, no. 02, p. 7, 2021.
S. Ramadhani, “PIECES Framework untuk Analisa Tingkat Kepuasan Pengguna dan Kepentingan Sistem Informasi,” J. Teknol. Dan Manaj. Inform., vol. 4, no. 2, Jun. 2018, doi: 10.26905/jtmi.v4i2.2101.
W. Warjiyono and C. M. Hellyana, “Pengukuran Kualitas Website Pemerintah Desa Jagalempeni Menggunakan Metode Webqual 4.0,” J. Teknol. Inf. Dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 2, p. 139, May 2018, doi: 10.25126/jtiik.201852666.
J. P. Guilford, Fundamental statistics in psychology and education, 6. ed. New York: MacGraw-Hill, 1978.
P. L. Septina and J. I. Sihotang, “Analysis of the Satisfaction Level of Gojek (GoFood) Application Users in Rawalumbu, Bekasi City Using the PIECES Framework During Pandemic Period,” in 8ISC PROCEEDINGS: TECHNOLOGY, Universitas Klabat, Feb. 2022. [Online]. Available: http://ejournal.unklab.ac.id/index.php/8ISCTE/article/view/680
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CogITo Smart Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).