Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.47.83-90Abstract
Kualitas lulusan sebuah perguruan tinggi yang rendah terjadi karena ada hubungan dengan motivasi belajar mahasiswa ketika sedang menuntut studi di bangku kuliah. Fenomena ini terjadi pada proses belajar mahasiswa dalam pendidikan di perguruan tinggi. Smartphone adalah sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti komputer. Sebuah karakteristik dari smartphone yaitu smartphone memiliki software aplikasi Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan smartphone dan pretasi akademik mahasiswa FIK Unklab. Metodologi penelitian digunakan pada penulisan ini adalah metode deskriptif. Setelah penelitian dilakukan maka didapati kesimpulan yaitu hubungan smartphone dan GPA mahasiswa tidak ada. Ini ditunjukkan dengan angka yang dihitung masing-masing variable dan didapati dibawah 5% yang artinya hubungan pretasi mahasiswa fakultas ilmu komputer dengan smartphone tidak ada. Bila data dihitung sekaligus maka kebergunaan dan motivasi memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Klabat ditunjukkan dengan angka dibawah 5%. Kata Kunci: Smartphone, Pretasi Akademik, FikReferences
Azwar, R., & Bambang, W. (2008, Septermber 1). Analisa Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Media Belajar, Motivasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus SMAN 1 Probolinggo). Diambil kembali dari Digital Library ITS: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-9307-Paper.pdf
Srinadi, N. (2015). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Kns&i bali. KNS & I (hal. 891-895). Bali: STIKOM BALI.
Setiawan. (2000, January 31). Meraih Nilai Akademik Maksimal. Dipetik August 24, 2014, dari Pendidikan Tinggi: Available: http://www.pend-tinggi.com/nilai098+akademik/html
Budiyatna, M. (2005, January 31). Pengembangan Sistem Informasi : Permasalahan dan Prospeknya. KOMUNIKA : Majalah Ilmiah Populer Komunikasi dalam Pembangunan, 8. Dipetik December 6, 2014
Fling, B. (2009). Mobile Design and Development. CA, United States: O’Reilly Media.
Davis, F., Bagozzi, R., & Warshaw, P. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritica l Models. Management Science, 35(8), 982.
Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pusaka Setia.
Nurani, A. (2004). Pengaruh Kualitas Perkawinan, Pengasuhan Anak Dan Kecerdasan Emosonal Terhadap Prestasi Belajar Anak . Bogor: Institut Pertanian Bogor .
Hawadi, R. A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak : Mengenal Sifat, Bakat Dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo.
Sahputra, N. (2009). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi PSIK FK USU Medan . Medan: USU.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).