Mengetahui Tingkat Kegunaan Pengguna Pada Aplikasi Pospay Dengan Metode Heuristik (Studi Kasus: Kantor Pos Purbalingga)

Authors

  • dwi kris universitas amikom purwokerto
  • Sarmini Sarmini Universitas Amikom Purwokerto
  • Cita Kharisma Universitas Amikom Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v9i1.460.109-119

Keywords:

Usability, Evaluasi Heuristik, Pospay

Abstract

Penggunaan teknologi sangat berpengaruh terhadap perusahaan seperti pada PT. Pos Indonesia yang berupaya meningkatkan kualitas pelayanan dengan memanfaatkan teknologi informasi. Guna meningkatkan kualitas layanan dan produk, PT. Pos mengembangkan suatu mobile apps yang bernama PosPay. Heuristic Evaluation adalah salah satu metode yang dapat digunakan untuk menilai tingkat kegunaan yang dirasakan oleh pelanggan pada aplikasi PosPay. Pada penelitian yang dilakukan penilaian berfokus kemudahan penggunaan aplikasi, kenyamanan dan kesalahan yang terjadi pada sistem. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat kegunaan yang dirasakan pengguna aplikasi PosPay dan memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil penilaian yang dilakukan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan analisis dokumen kuesioner atau angket yang disebar kepada pengguna aplikasi PosPay dikalangan masyarakat. Berdasarkan hasil uji t yang dilakukan secara parsial atau sendiri-sendiri pada tiap variabel, terdapat 2 variabel yang mempengaruhi kemudahan penggunaan Aplikasi Pospay (usability) yaitu variabel visibility of system status dan recognation rather than recall dan berdasarkan hasil uji f terdapat 8 (delapan) variabel yang tidak berdampak signifikan terhadap kemudahan penggunaan Aplikasi PosPay.

References

H. Warsono, D. R. Qurniawati, H. Sitorus, and S. M. F. S., “Inovasi Layanan Mpospay dan Free Pick Up Pos Indonesia Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Studi Pada Kantor Pos Semarang 50000,” {JPSI} (Journal Public Sect. Innov., vol. 2, no. 2, p. 44, 2018, doi: 10.26740/jpsi.v2n2.p44-50.

R. S. Dewi, “Analisis Sistem dan Prosedur Pembayaran PDAM Melalui Pospay Guna Mendukung Pengendalian Intern Studi PadaKantor Pos Pusat Kabupaten Nganjuk,” 2014.

R. Arisandi, “Penerapan System Online Payment Point (Sopp) Dalam Pembayaran Rekening Listrik Di PT. Pos (Persero) Cabang Kota Samarinda,” eJournal Ilmu Pemerintah, vol. 1, no. 2, pp. 575–587, 2013.

N. Dalimunthe, A. Dawiyah, F. Nazari, and K. Purba, “Evaluasi Website Pemkot Pekanbaru Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 5, no. 2, p. 245, 2019, doi: 10.24014/rmsi.v5i2.7538.

M. H. Alfarisi and U. Ependi, “Evaluasi Usability pada Aplikasi Pospay Menggunakan Metode Usability Testing Program Studi Sistem Informasi , Fakultas Ilmu Komputer , Universitas Bina Darma Pospay . Aplikasi Pospay perlu dievaluasi secara detail untuk mengukur kemudahan mengujinya langs,” vol. 8, no. 2, pp. 367–374, 2022.

D. Rusvinasari, A. Setyanto, and M. R. Arief, “Analisis User Interface pada Aplikasi Mobile Pelaporan Online Menggunakan Heuristic Evaluation,” Respati, vol. 15, no. 1, p. 12, Mar. 2020, doi: 10.35842/jtir.v15i1.326.

K. Islam and D. A. Rahayu, “Evaluasi AntarmukaWebsite Tokopedia menggunakan Metode Heuristic,” Energy-Jurnal Ilm. Ilmu-Ilmu Tek., vol. 8, no. 1, pp. 33–38, 2018.

I. K. Dewi, Y. T. Mursityo, R. Regasari, and M. Putri, “Analisis Usability Aplikasi Mobile Pemesanan Layanan Taksi Perdana Menggunakan Metode Webuse dan Heuristic Evaluation,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 8, pp. 2909–2918, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.

V. A. F. Moersahit and A. G. Persada, “Analysis of Website Usability of Provincial Governments in Indonesia with The Heuristic Evaluation Method,” J. Inf. Syst. Res., vol. 3, no. 4, pp. 380–387, 2022.

M. Penha, W. F. M. Correia, F. F. da Costa Campos, and M. Barros, “Heuristic evaluation of usability-a case study with the Learning Management Systems (LMS) of IFPE,” Int. J. Humanit. Soc. Sci., vol. 4, no. 6, pp. 295–303, 2014.

E. Folmer and J. Bosch, “Architecting for usability: a survey,” J. Syst. Softw., vol. 70, no. 1, pp. 61–78, 2004, doi: https://doi.org/10.1016/S0164-1212(02)00159-0.

K. Agustini, “USABILITY TESTING MENGGUNAKAN METODE HEURISTIC EVALUATION PADA APLIKASI E-MUSRENBANG BAPPEDA,” vol. 16, no. 1, pp. 87–97, 2019.

I. G. A. A. Diah Indrayani, I. P. A. Bayupati, and I. M. S. Putra, “Analisis Usability Aplikasi iBadung Menggunakan Heuristic Evaluation Method,” J. Ilm. Merpati (Menara Penelit. Akad. Teknol. Informasi), vol. 8, no. 2, p. 89, 2020, doi: 10.24843/jim.2020.v08.i02.p03.

J. NIELSEN, “Usability Heuristics,” in Usability Engineering, Elsevier, 1993, pp. 115–163.

C. A. R. Ramadhani, “Analisis Kepuasan Pengguna Bukalapak Menggunakan Metode Heuristic Evaluation Terhadap Mahasiswa Pendidikan Teknologi Informasi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.” UIN Ar-Raniry, 2020.

N. C. Ramadani and R. Waluyo, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Pospay dari Aspek Usability Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” Jutisi J. Ilm. Tek. …, 2022, [Online].Available:http://ojs.stmikbanjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/view/958%0Ahttp://ojs.stmik- banjarbaru.ac.id/index.php/jutisi/article/viewFile/958/610.

M. Betriana, “Analisis Kontribusi Program Pospay Terhadap Pendapatan Pada Kantor Pos Prabumulih 31100,” J. Econ. Bussines Account., vol. 5, no. 1, pp. 467–473, 2021, doi: 10.31539/costing.v5i1.2957.

Sugiyono, “Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta,” 2017.

T. K. Ahsyar, “Evaluasi UsabilitySistem Informasi Akademik SIAM Menggunakan Metode Heuristic Evaluation,” 2019, pp. 163–170.

L. M. Ginting, G. Sianturi, and C. V. Panjaitan, “Perbandingan Metode Evaluasi Usability Antara Heuristic Evaluation dan Cognitive Walkthrough,” J. Manaj. Inform., vol. 11, no. 2, pp. 146–157, Sep. 2021, doi: 10.34010/jamika.v11i2.5480.

Downloads

Published

2023-06-30

How to Cite

kris, dwi, Sarmini, S., & Kharisma, C. (2023). Mengetahui Tingkat Kegunaan Pengguna Pada Aplikasi Pospay Dengan Metode Heuristik (Studi Kasus: Kantor Pos Purbalingga). CogITo Smart Journal, 9(1), 109–119. https://doi.org/10.31154/cogito.v9i1.460.109-119