Desain Merchandise Pada The Batu Hotel & Villas
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.45.56-67Abstract
Media komunikasi visual kini berperan sebagai sarana dalam menunjang informasi dan promosi suatu perusahaan, khususnya dalam persaingan bisnis di dunia perhotelan, setiap hotel berusaha memberikan informasi, promosi, dengan fasilitas layanan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat. The Batu Hotel & Villas saat ini menggunakan media komunikasi visual sederhana yang kurang beragam jenis medianya dan informasi yang terdapat pada rancangan merchandise sebelumnya belum update. The Batu Hotel & Villas saat ini membutuhkan media merchandise untuk mendukung program promosi Hotel. Tujuannya melalui desain media merchandise ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam memberikan kesan terbaik setelah menginap di Hotel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder serta metode analisa data menggunakan analisis SWOT. Rancangan desain merchandise komunikasi visual ini menampilkan logo, elemen desain, tipografi dan warna yang sesuai dengan identitas Hotel untuk di implementasikan ke beberapa media. Melalui desain komunikasi visual yang digunakan dalam pembuatan merchandise ini dapat meningkatkan image positif bagi The Batu Hotel and Villas dan menarik konsumen.References
Kasimin, Patricia Dhiana P, Muh Mukery Warso, 2015, Effect Of Discounts, Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan Purwokerto, Journal Of Management Vol. 1 No.1, Universitas Padjadjaran, Bandung.
Maimunah, Lusyani Sunarya, Ferry Sudarto, Raditya Hafidz Mahendra, Dewi, 2015, Enriching Merchandise Sebagai Salah Satu Media Promosi Mal Taman Palem, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia Vol. 3 No.1, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.
Rahmawati, Fitriani Eka ,2015, Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas di Sokaraja, Universitas Negeri Semarang, Semarang.
Tandya, Stephanie, Denny Tri Ardianto, dan Erandaru ,2016, Perancangan Desain Komunikasi Visual Re-Design Corporate Identity Children Seminary Pelangi Kristus, Vol. 1, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Wulandari, Esty., 2013, Penggunaan Media Komunikasi Visual Sebagai Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja, Jurnal Etnografi FSSR UNS, Surakarta.
Putra, GD Lingga Ananta Kusuma, 2011, Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar, Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar.
Tejokusuma, William, Bedjo Riyanto, dan Elisabeth Christine Yuwono, 2013 , Perancangan Komunikasi Visual Promosi Restorant Fujiya Surabaya, Vol. 1, No. 2, Hal. 5, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Widiastuti, 2014, Wacana Poskolonial dalam Desain Komunikasi Visual Kemasan Jamu Tradisional Indonesia, Vol. 12, No. 1, Hal. 2, Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Jakarta.
Nurajizah, Bahruddin, Yosep, 2015, Perancangan Media Promosi SAS Cafe and Resto Surabaya Sebagain Upaya Meningkatkan Brand Loyality, Vol. 4, No. 1, Jurnal Desain Komunikasi Visual STIKOM, Surabaya.
Andi,2012, Adobe Photoshop CS6, Andi Offset, Yogyakarta.
Andi, 2011, Adobe Illustator CS5, Andi Offset, Yogyakarta.
Raharja, Andy, Obed Bima, Asthararianty, 2017, Perancangan Media Promosi Perusahaan Interior Clover Surabaya, Jurnal DKV Adiwarna Vol. 2 No. 9, Univeritas Kristen Petra, Surabaya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).