Penerapan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS) Untuk Menganalisis Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kepuasan Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v9i1.442.135-144Keywords:
Pembelajaran Online, Siswa, Kepuasan Pengguna, COVID-19, End User Computing Satisfaction (EUCS)Abstract
Pembelajaran online menjadi bagian media yang dapat digunakan dalam membantu proses belajar mengajar di berbagai institusi pendidikan di masa pandemi yang melanda dunia, peran tersebut sangat penting dalam proses pembelajaran yang mengedepankan keefisienan waktu saat pembelajaran berlangsung, pengajaran yang dilakukan tidak harus bertatap muka secara langsung. Banyak penelitian menyatakan bahwa penerapan pembelajaran online -mengalami banyak tantangan, salah satunya pada media pembelajaran, sehingga hal tersebut menurunkan tingkat pemahaman siswa-siswi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Sampang Cilacap salah satu sekolah yang menerapkan pembelajaran secara online yang memanfaatkan berbagai media teknologi yang ada. Dari peneliti melakukan observasi dan wawancara permasalahan yang terjadi, ditemukan permasalahan siswa mengeluhkan mengenai materi yang disampaikan guru sulit dipahami, kurangnya materi pembelajaran, dan penerapan media yang berbeda-beda dari para guru. Penelitian bertujuan untuk mengetahui terkait kepuasan penggunaan media pembelajaran yang digunakan saat pandemi Covid-19 melanda. Model yang digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pada penelitian ini menggunakan End-User Computing Satisfaction (EUCS), variabel yang digunakan diantaranya Content, Accuracy, Format, Easy of Use, Timeliness, dan Satisfaction. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis hanya variabel Content dan Timeliness yang memiliki pengaruh positif terhadap kepuasan pengguna, sedangkan variabel Accuracy, Format, dan Ease of Use tidak memiliki pengaruh terhadap kepuasan pengguna.References
Kemendikbud, “Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegahan Corona Virus Disease (Covid-19) Pada Satuan Pendidikan,” Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pencegah. Corona Virus Dis. Pada Satuan Pendidik., vol. 33, pp. 1–5, 2020, [Online]. Available: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/surat-edaran-pencegahan-covid19-pada-satuan-pendidikan
R. Komalasari, “MANFAAT TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI DI MASA PANDEMI COVID 19,” Temat. - J. Teknol. Inf. Dan Komun., vol. 7, no. 1, pp. 38–49, 2020, doi: https://doi.org/10.38204/tematik.v7i1.369.
Aden Fani Rahmasari, F. Setiawan, and Meirza Nanda Faradita, “Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas II SD Muhammadiyah 17 Surabaya di Tengah Pandemi Covid-19,” Inventa, vol. 4, no. 2, pp. 158–168, 2020, doi: 10.36456/inventa.4.2.a2609.
R. M. Napitupulu, “Dampak pandemi Covid-19 terhadap kepuasan pembelajaran jarak jauh,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 23–33, 2020, doi: 10.21831/jitp.v7i1.32771.
M. Yusuf Siregar and S. Amiril Akbar, “Strategi guru dalam meningkatkan kualitas mengajar selama masa Pandemi COVID-19,” At- Tarbawi, vol. 12, no. 2, pp. 180–188, 2020, doi: 10.32505/tarbawi.v12i2.1832.
M. R. Yerusalem, A. F. Rochim, and K. T. Martono, “Desain dan Implementasi Sistem Pembelajaran Jarak Jauh Di Program Studi Sistem Komputer,” J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 4, pp. 481–492, 2015, doi: https://doi.org/10.14710/jtsiskom.3.4.2015.481-492.
W. Andiani and H. Fitria, “PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA ONLINE SELAMA PANDEMI COVID-19 PADA SISWA SD NEGERI 103,” Pros. Semin. Nas. Pendidik. Progr. Pascasarj. Univ. PGRI PALEMBANG, pp. 172–181, 2021.
R. N. Layli, Sarjuni, and Choeroni, “Penerapan Model Pembelajaran Daring selama Pandemi COVID-19,” Sultan Agung Fundam. Res. J., vol. 2, no. 2, pp. 95–102, 2021.
T. D. Soesilo, F. Kristin, and S. Setyorini, “Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Terhadap Kemandirian Belajar Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Peserta Didik Di Sma Dan Smk Kota Salatiga,” Satya Widya, vol. 37, no. 2, pp. 79–91, 2022, doi: 10.24246/j.sw.2021.v37.i2.p79-91.
Y. Situmorang, H. Verawaty, and R. V. W. Neman, “Analisis Pembelajaran Online pada Masa Pandemi Covid-19 di Program Studi PAK Semester VI IAKN Manado,” J. Educ. FKIP UNMA, vol. 8, no. 2, pp. 483–490, 2022, doi: 10.31949/educatio.v8i2.2051.
M. Kemendikbud, Kemenag, Kemenkes, “Panduan penyelenggaraan pembelajaran,” Buku Saku Pembelajaran,vol.2019,2021,[Online].Available: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/06/buku-saku-pembelajaran-masa-pandemi-A5_V8.pdf
K. Ratih, H. J. Prayitno, W. H. Prasetyo, I. Irmawati, and A. D. Safitri, “Penerapan Model Pembelajaran Blended di MII Subah pada Masa Pandemi Covid-19,” Berdikari J. Inov. dan Penerapan Ipteks, vol. 9, no. 2, pp. 151–160, 2021, doi: 10.18196/berdikari.v9i2.11951.
R. B. Pangestu and N. A. Susanti, “KAJIAN PENERAPAN PEMBELAJARAN ONLINE DI SMK SELAMA PANDEMI COVID DENGAN METODE CIPP,” JPTM, vol. 11, pp. 109–116, 2022.
U. Hanifah Salsabila, L. Irna Sari, K. Haibati Lathif, A. Puji Lestari, and A. Ayuning, “Peran Teknologi Dalam Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19,” Al-Mutharahah J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 17, no. 2, pp. 188–198, 2020, doi: 10.46781/al-mutharahah.v17i2.138.
W. J. Arny Lattu, Sihabuddin, “ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA TERHADAP PENGGUNAAN E-LEARNING DENGAN METODE TAM DAN EUCS,” vol. 4, no. 1, pp. 39–50, 2022.
M. R. Kamal, T. Dyatmika, and S. Bakhri, “PENERAPAN METODE END-USER COMPUTING SATISFACTION UNTUK ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING,” IC-Tech, vol. Volume XV, 2020.
A. Fitriansyah and I. Harris, “Penerapan Dimensi EUCS (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web,” Konf. Nas. Sist. Inf. 2018, vol. 6, pp. 9–17, 2018, [Online]. Available: http://jurnal.atmaluhur.ac.id/index.php/knsi2018/article/view/334
I. W. G. Sabdana, “Analisis Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Rumah Sakit (Sirs) Jiwa Propinsi Bali Dengan Metode End-User Computing Satisfaction (EUCS),” J. Ilmu Komput. Indones., vol. 4, no. 1, pp. 3–4, 2019.
M. S. Muarie and F. Nopriani, “MENGUKUR TINGKAT KEPUASAN PENGGUNA E-LEARNING,” JUSIM (Jurnal Sist. Inf. Musirawas), vol. 05, no. 01, pp. 79–86, 2020.
M. A. Bora and Z. Yusdinata, “Evaluasi Penggunaan Sistem Informasi Administrasi Akademik (SIAKAD) STT Ibnu Sina Batam,” JR J. RESPONSIVE Tek. Inform., vol. 1, no. 1, pp. 77–86, 2017, doi: 10.36352/jr.v1i1.83.
C. R. Mehta and N. R. Patel, “IBM SPSS Exact Tests,” 2011, no. January, pp. 1–236, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 CogITo Smart Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).