Virtual Reality of Historical Places in North Sulawesi
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.43.32-41Abstract
Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti wisata alam, kuliner dan tempat-tempat bersejarah. Presentasi informasi yang mudah dan menarik sangat penting untuk atraksi wisata di SulawesiUtara. Penyajian informasi yang menarik dapat menarik minat wisatawan mancanegara maupun lokal untuk berkungjung di Sulawesi Utara. Virtual Reality menjadi salah satu teknologi yang dapat memberikan pengalaman baru dalam melakukan eksplorasi suatu tempatsecara digital dengan sangat atraktif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang tujuh tempat bersejarah di Sulawesi Utara dengan menggunakan teknologi virtual reality, terutama teknikfotografi yang merupakan teknik untuk menampilkan gambar dengan sudut pandang 360 derajat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Prototyping sebagai model proses. Unity 3D digunakan dalam penelitian ini untuk membangun aplikasi dan antarmuka dan memungkinkan untuk dapat di jalankan di berbagai operating system. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman C #. Dalam penelitian ini dibahas mulai dari proses desain, pengambilan gambar dengan teknik Immersive, hingga menghasilkan aplikasi yang siap digunakan.References
"Profil Provinsi Sulawesi Utara," seputarsulut.com, [Online]. Available:
http://www.seputarsulut.com/profil-provinsi-sulawesi-utara/. [Accessed 13 April 2016].
B. Sihite, F. Samopa and N. A. Sani, "Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit)," Teknik Pomits, vol. 2, 2013.
Y. P. Edson, A. Wahyudi, and C. Dumingan, “A Proposed Combination of
Photogrammetry, Augmented Reality and Virtual Reality Headset for heritage visualisation,” in 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Lombok, Indonesia, 2016, vol. 1, pp. 43–48.
"Virtual Reality Photography," IVRPA, [Online]. Available: http://ivrpa.org/. [Accessed 2 June 2016].
"Sejarah Teknologi Virtual Reality & Augmented Reality," INITU, [Online]. Available: http://initu.id/sejarah-teknologi-virtual-reality-vr-dan-augmented-reality-ar/. [Accessed 8 May 2016].
"Sejarah Teknologi Virtual Reality & Augmented Reality," INITU, [Online].
Available:http://www.indradp.com/2015/11/mengenal-pengertian-teknologi-virtual-realitybeserta-kegunaannya.html. [Accessed 21 June 2016].
T. Sunarni and D. Budiarto, "Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR)," in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014, Semarang, 2014.
"Unity 3D 4.5," Unity3D, [Online]. Available: http://unity3d.com/unity/whats-new/unity-4.5. [Accessed 12 May 2017].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).