Action Shooter Synchronous Multiplayer Game Menggunakan Photon Cloud Network Multiplatform

Authors

  • Andria Kusuma Wahyudi, S.Kom, M.Eng Universitas Klabat
  • Joe Yuan Mambu Universitas Klabat
  • Evano Zachawerus Universitas Klabat
  • Arthur Lonteng Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.392.102-110

Abstract

Pengguna game di Indonesia merupakan salah satu pengguna game yang terbanyak di dunia. Pengguna game di Indonesia memiliki berbagai macam kalangan, mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang merupakan penikmat game khususnya game mobile. Pasar game di Indonesia merupakan salah satu yang terbesar di Asia. Akan tetapi Indonesia hanya mendapatkan keuntungan yang kecil dari besarnya pemasukan pasar game tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk membangun industri game buatan Indonesia sendiri. Dengan adanya game buatan Indonesia, dapat membantu menambah keuntungan pasar game di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode agile dengan pendekatan extreme programming. Game Engine yang digunakan adalah Unity Engine, dengan framework Photon Cloud Network sebagai penyedia layanan multiplayer. Dengan game yang dirancang dapat memberikan dampak positif bagi pasar game di Indonesia serta meningkatkan perkembangan industri game yang ada di Indonesia.Kata Kunci: Game Mobile, Unity, Photon, Multiplayer, Multiplatform

Author Biography

Andria Kusuma Wahyudi, S.Kom, M.Eng, Universitas Klabat

Editorial Board

References

Coki Siadari, “Pengertian Game Menurut Para Ahli | Kumpulan Pengertian,” KUMPULAN PENGERTIAN, Sep. 05, 2020. https://www.kumpulanpengertian.com/2020/09/pengertian-game-menurut-para-ahli.html (accessed Oct. 03, 2021).

Arief Rahman Hakim, “Tiga Manfaat Besar Bermain Game di Smartphone - Tekno Liputan6.com,” Jul. 06, 2021. https://www.liputan6.com/tekno/read/4598473/tiga-manfaat-besar-bermain-game-di-smartphone (accessed Oct. 03, 2021).

Mia Chitra Dinisari, “Ada 44,2 Juta Pemain Gim E-Sport di Indonesia - Teknologi Bisnis.com,” Mar. 14, 2021. https://teknologi.bisnis.com/read/20210314/564/1367248/ada-442-juta-pemain-gim-e-sport-di-indonesia (accessed Oct. 03, 2021).

Kementerian Komunikasi dan Informatika, “Industri Game Indonesia Bisa Maju, Harus Libatkan 4 Kementerian ,” Kementerian Komunikasi dan Informatika, Aug. 24, 2015. https://kominfo.go.id/content/detail/5789/industri-game-indonesia-bisa-maju-harus-libatkan-4-kementerian/0/sorotan_media (accessed Oct. 03, 2021).

Kementerian Komunikasi dan Informatika, “Pemerintah Targetkan Industri Game Lokal Kuasai 50% Market Share,” Kementerian Komunikasi dan Informatika, Jan. 19, 2017. https://www.kominfo.go.id/content/detail/8944/pemerintah-targetkan-industri-game-lokal-kuasai-50-market-share/0/sorotan_media (accessed Oct. 03, 2021).

Dimas Jarot Bayu, “Masa Depan Cerah Gim Online di Indonesia - Analisis Data Katadata,” Jun. 08, 2021. https://katadata.co.id/ariayudhistira/analisisdata/60bd726285611/masa-depan-cerah-gim-online-di-indonesia (accessed Oct. 03, 2021).

Novina Putri Bestari, “Miris! Pasar Game RI Rp 60 Triliun, Lokal Hanya Kuasai 0.4%,” CNBC Indonesia, Apr. 22, 2021. https://www.cnbcindonesia.com/tech/20210422144533-37-240024/miris-pasar-game-ri-rp-60-triliun-lokal-hanya-kuasai-04 (accessed Oct. 03, 2021).

B. Stiawan et al., “REHAPS (Rehabilitasi Pasca Stroke) Game Rehabilitasi pasca Stroke berbasis Kinect untuk Menguatkan Memori Gerak.”

W. Widyastuti and A. Ridfah, Efektivitas Bermain Video Game dalam Menurunkan Kecemasan Akademik pada Mahasiswa The Influence of Cooperative Learning Model Type Think Pair Share in Impriving Self Efficacy of Students Junior High School on Mathematics Subjects View project Worldviews and Well-being in Southeast Asia View project. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/327765351

A. K. Wahyudi, R. S. Kokong, and M. R. Mamengko, “Game Pengenalan Sejarah Indonesia Peristiwa Sepuluh November 1945,” Julyxxxx, vol. x, No.x, pp. 1–5.

Markus Yohannes, “9 Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia yang Menakjubkan,” Traveloka, Jan. 14, 2021. https://www.traveloka.com/id-id/explore/destination/situs-warisan-dunia-unesco-di-indonesia-acc/46139 (accessed Oct. 03, 2021).

Rulianto and Febri Hartono, “Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter”.

A. M. Riwinoto, “PENERAPAN MULTIPLAYER PADA APLIKASI PERMAINAN ANDROID (Studi Kasus Aplikasi Permainan ”Bisa Jadi”)”.

A. Imam Kuswardayan and M. Ridho Rahman Hariadi, “ASYNCHRONOUS MULTIPLAYER CARDGAME ON GAME OF MONSTER KING IKROM AULIA FAHDI NRP 5112100157,” 2016.

A. D. Hartanto, W. Mega, P. Dhuhita, and A. Tinangon, “PERANCANGAN GAME MULTIPLATFORM MENGGUNAKAN SCIRRA CONSTRUCT 2 DAN HTML 5”.

Downloads

Published

2022-06-20