Analisa Efektivitas Pembelajaran Daring Melalui Zoom Meeting Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Deliver, Service, and Support (DSS)
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.389.35-46Abstract
Penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk mengetahui apa yang sebenarnya didapatkan mahasiswa/i selama pembelajaran daring berlangsung, seberapa efektif pembagian materi yang disampaikan, dan apa saran yang para mahasiswa/i berikan untuk membuat pembelajaran daring ini menjadi lebih baik dari sebelumnya. Pengumpulan data dilakukan dengan pembagian kuesioner yang berbasis COBIT 5 dengan domain Deliver, Service, and Support (DSS). Responden kuesioner penelitian adalah mahasiswa/i Fakultas Teknologi Informasi Universitas Advent Indonesia dengan jumlah responden 52. Metode penelitian yang dipakai adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang akan digunakan saat menganalisa data yang dikumpulkan melalui hasil kuesioner dan dibandingkan dengan panduan dari COBIT 5 dengan domain Deliver, Service, and Support (DSS). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran daring menggunakan Zoom Meeting dinilai efektif, dengan tingkat kematangan masing-masing sub-domain dimulai dari DSS1 sebesar 3,71 yang termasuk level 4 indeks kematangan COBIT 5, DSS5 sebesar 2,98 yang termasuk level 3 indeks kematangan COBIT 5, dan DSS7 sebesar 3,92 yang termasuk level 4 indeks kematangan COBIT 5. Tingkat kapabilitas harapan masing-masing sub-domain sebesar 4,5 dengan rata-rata nilai kesenjangan sebesar 0,96.Kata kunci—COBIT 5, Pembelajaran Daring, Zoom MeetingReferences
D. N. Baety and D. R. Munandar, "Analasis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19," Jurnal Ilmu Pendidikan, vol. III, no. 3, pp. 880-889, 2021.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, "KBBI Daring," Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia, 2016. [Online]. Available: https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/Daring. [Accessed 28 April 2022].
D. Haqien and A. A. Rahman, "Pemanfaatan Zoom Meeting Untuk Proses Pembelajaran Pada Masa Pandemi COVID-19," Susunan Artikel Pendidikan, vol. V, no. 1, pp. 51-56, 2020.
Munasiah, "Efektivitas Pemanfaatan Aplikasi Zoom Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh," Jurnal Educatio, vol. VII no. 3, pp. 1163-1169, 2021.
A. Alfianor and R. Arif, "Analisis Tata Kelola Teknologi Informasi Pada Aplikasi Airy Dengan Menggunakan Framework COBIT 5 (Studi Kasus : PT. Airy Nest Indonesia)," Jurnal Sistem Informasi, vol. III, no. 2, pp. 39-51, 2020.
F. Adikara and A. Pambudi, "Analisis Kebutuhan Stakeholder Dalam Rangka Mengembangkan Model Tata Kelola Teknologi Informasi Dengan Kerangka Kerja COBIT 5 Pada Perguruan Tinggi," in KNTI, 2012.
Saiful, Rolita, D. R. Lestari, A. S and Z. R. Mayori, "Analisis Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Pada Masa Pandemi," Indonesian Journal of Counseling and Education, vol. 2, no. 1, pp. 1-7, 2021.
A. M. N. Aziz, Andika, B. O. E. Andriansyah, J. Alam, R. Permana, S. Deni, T. Sumarno, T. F. A. Fauzi and R. Firmansyah, "Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada E-Learning ARS University," Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research, vol. 4, no. 3, pp. 132-139, 2020.
N. Azizah, "Audit Sistem Informasi Menggunakan Framework COBIT 4.1 Pada E-Learning UNISNU Jepara," SIMETRIS, vol. 8, no. 1, pp. 377-382, 2017.
F. Adikara, "Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi Perguruan Tinggi Berdasarkan COBIT 5 Pada Laboratorium Rekayasa Perangkat Lunak Universitas Esa Unggul," in Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2013.
Y. T. Sepis, "Analisa Keamanan Sistem Informasi Menggunakan Framework COBIT 5 Dengan Domain DSS05 dan APO13 di PT XYZ," TeIKa, vol. 12, no. 1, pp. 35-42, 2022.
Syukhri, M. Giatman, Ambiyar, W. Simatupang and Syahril, "Audit Sistem Informasi pada E-Learning Universitas Negeri Padang Menggunakan Framework COBIT 4.1," Indonesian Journal of Computer Science, vol. X, no. 2, pp. 346-353, 2021.
B. Unik, "Cara Menghitung Sampel dengan Rumus Slovin," Berita Unik, 17 June 2021.
[Online]. Available: https://kumparan.com/berita-unik/cara-menghitung-sampel-dengan-rumus-slovin-1vxCdpYly5N#:~:text=Secara%20matematis%2C%20rumus%20slovin%20ditulis,N%20adalah%20jumlah%20populasi. [Accessed 8 May 2022].
D. Y. Sari, W. Cholil and L. Atika, "Framework COBIT 5," in Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Komunikasi, Palembang, 2018.
D. E. C. Rampen and J. I. Sihotang, "Analisis Penggunaan Layanan Mobile Banking Terhadap Transaksi Pembayaran Menggunakan Metode Extended TAM," Cogito Smart Journal, vol. VII, no. 1, pp. 85-95, 2021.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS19, Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2011.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 CogITo Smart Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).