Analisis Kepuasaan Mahasiswa Terhadap Penggunaan Sistem Portal Akademik Menggunakan Metode Technology Acceptance Model
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v8i1.373.161-170Abstract
STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, portal akademik dibuat untuk mempermudah kegiatan administrasi akademik dikampus,dalam penelitian ini khususnya mahasiswa. Portal Akademik mempunyai peran besar yang dapat memudahkan mahasiswa dalam melakukan aktivitas perkuliahan. STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau mempunyai 122 mahasiswa yang aktif. Berdasarkan observasi dan wawancara terhadap beberapa mahasiswa, masih adanya kendala yang muncul seperti : lambatnya update seputar informasi tentang akademik, penginputan KRS yang masih sering mengalami ganguan error text, dan tingkat keamanan yang masih kurang aman mengingat bisa terjadinya pembajakan akun antar mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk mengalisa bagaimana kepuasaan mahasiswa terhadap system informasi akademik / portal akademik dengan menggunakan pendekatan metode TAM / Teknologi Accpetance Model. Hasil yang didapatkan Content Quality signifikan tidak mempengaruhi Disaign Quality dalam kepuasaan mahasiswa terhadap penggunaan portal akdemik. Perceived Usefulness signifikan mempengaruhi Disaign Quality dalam kepuasaan mahasiswa terhadap penggunaan portal akdemik. Perceived Ease of Use signifikan tidak mempengaruhi Disaign Quality dalam kepuasaan mahasiswa terhadap penggunaan portal akdemik. Disaign Quality signifikan mempengaruhi Intention dalam kepuasaan mahasiswa terhadap penggunaan portal akdemikKata kunci- Mahasiswa, Portal Akademik, Kepuasaan, TAMReferences
M. Rahmawita, Y. Kartika, and Megawati, “Analisis Kualitas Layanan Portal Akademik Terhadap Kepuasan Mahasiswa Menggunakan Metode E-Servqual Pada Fkip Universitas Riau,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 4, no. 1, pp. 67–72, 2018.
S. Ellyusman, “Analisis Kualitas Sistem Informasi Akademik Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (Ipa) (Studi Kasus Pada Website Portal Akademik Universitas Xyz Bandung),” J. Kaji. Inf. dan Perpust., vol. 5, no. 1, p. 51, 2017.
R. Wandira and I. Ikwana, “Analisis Technology Acceptance Model (TAM) Terhadap Penerimaan Mahasiswa Pada Portal Akademik,” Insearch Inf. Syst. Res. …, vol. 1, pp. 1–6, 2021.
D. W. T. Putra, H. Bulkis, P. Mandarani, and A. Syahrani, “Metode Pieces Dalam Mengukur Tingkat Kepuasan Pengguna Portal Akademik,” J. Sains dan Teknol. J. Keilmuan dan Apl. Teknol. Ind., vol. 21, no. 1, p. 50, 2021.
A. Y. Widowati and C. Budihartanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Aplikasi Traveloka Dengan Menerapkan Metode TAM (Technology Acceptance Model),” J. Prosisko, vol. 6, no. 2, pp. 109–116, 2019.
M. I. Andikha, R. Rahmiati, and T. Thamrin, “Pengaruh Kualitas Sistem Dan Kualitas Informasi Portal Akademik Universitas Negeri Padang Terhadap Kepuasan Pengguna,” J. Ecogen, vol. 2, no. 2, p. 151, 2019.
M. Simanjuntak and I. M. Sukresna, “Peningkatan Kinerja Pemasaran Digital melalui Technology Acceptance Model,” Pros. Ind. Res. Work. Natl. Semin., vol. 11, no. 1, pp. 786–792, 2020.
V. Yuniarti and W. H. Ekowati, “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Financial Technology Peer to Peer Lending,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 9, pp. 1689–1699, 2019.
F. Ardiyanto and H. Kusumadewi, “Pengintegrasian Technology Acceptance Model (TAM) dan Kepercayaan Konsumen pada Marketplace Online Indonesia,” J. Inspirasi Bisnis dan Manaj., vol. 3, no. 2, p. 177, 2020.
Y. Primadasa, A. Y. Saputra, and H. Juliansa, “Penerapan Metode Technology Acceptance Model Terhadap Faktor Kepercayaan dan Risiko Dalam Penggunan Aplikasi Fintech,” CogITo Smart J., vol. 7, no. 2, 2021.
A. Loekamto, “Implementasi Technology Acceptance Model (Tam) Dalam Online Shopping,” Kaji. Ilm. Mhs. Manaj., pp. 1–5, 2012.
Suyanto and T. A. Kurniawan, “Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kepercayaan Penggunaan Fintech pada UMKM dengan Menggunakan Teknologi Acceptance Model (TAM),” J. Akunt. dan Manaj. Akmenika, vol. 16, no. 1, pp. 175–186, 2019.
I. Y. Nangi and I. P. G. Sukaatmadja, “MAHASISWA MEMBELI ULANG MENGGUNAKAN E-COMMERCE Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana , Bali , Indonesia Email : imanyosafat@ymail.com / telp : 083119608618 PENDAHULUAN Perkembangan teknologi telekomunikasi dan komputerisasi menyebabkan terjadiny,” vol. 4, no. 7, pp. 1771–1784, 2015.
S. Yanti and H. Nugroho, “Analisis Faktor-Faktor Penerimaan Dan Niat Keberlanjutan Penggunaan Portal Akademik Siakad Stmik Akakom Menggunakan Tam Serta Model Delone Dan Mclean,” JIKO (Jurnal Inform. dan Komputer), vol. 3, no. 1, p. 37, 2018.
E. S. Panjaitan and F. Aryanti, “Replikasi TAM pada Penggunaan Portal Akademik,” JSM STMIK Mikroskil 259, vol. 17, no. 2, pp. 259–268, 2016.
S. R. Hartatik and C. Budihartanti, “Analisis Kepuasan Pengguna Terhadap Penerapan Aplikasi Go-Jek Dengan Menggunakan Metode TAM ( Technology Acceptance Model ),” J. PROSISKO, vol. 7, no. 1, pp. 1–7, 2020.
B. A. Stefany, F. M. Wibowo, and C. Wiguna, “Analisis Kepuasan Pengguna Aplikasi Wisata Brebes Dengan Metode Technology Acceptance Model (TAM),” J. Inf. Syst. Informatics, vol. 3, no. 1, pp. 172–184, 2021.
I. Muttaqin, “Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Asuransi Jasaraharja Putera Semarang,” pp. 1–25, 2013.
I. Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS23, 8th ed. Badan Penerbit Universitas Diponogoro, 2016.
N. P. Dewi, Y. L. Rahmi, H. Alberida, and R. Darussyamsu, “Validitas dan Reliabilitas Instrumen Penilaian Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi ten-tang Materi Hereditas untuk Peserta Didik SMA/MA,” J. Eksakta Pendidik., vol. 4, no. 2, p. 138, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).