Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459Abstract
Menggunakan alat bantu power point dalam pembelajaran dikelas merupakan satu hal yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Apabila siswa menemukan kesulitan dalam belajar maka siswa tidak berminat belajar kelas IPS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diteliti gunakan kriteria deskriptif dan mencari hubungan kata lain korelasi dari satu objek ke objek yang lain.. Pengambilan data menggunakan Random sampling method. Penelitian dilaksanakan di SD Advent X Airmadidi dengan 50 peserta didik kelas VI tercatat tahun ajar 2019/2020, tujuannya ingin mengetahui apa ada hubungan berbeda dalam penggunaan media pembelajaran power point dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini memiliki 2 variabel; variabel bebas dan variabel terikat. Supaya bisa tahu tingkat penggunaan media power point dan minat belajar siswa digunakan mean score selanjutnya pearson correlation mencari tahu apa ada hubungan berarti atau signifikan dari dua variabel penggunaan media power point dan minat belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dibuat sekolah dasar X Airmadidi bahwa tingkat guna media power point adalah tinggi dan minat belajar siswa dalam belajar IPS tinggi. Selanjutnya, didapati hasilnya terdapat hubungan yang cukup berarti varibel X dan Varibel Y pada kelas VI Sekolah Dasar.Kata kunci: Media Belajar, Powerpoint, Minat Belajar SiswaReferences
Candrasangkala (2017). Pengembangan media pembelajaran multimedia power point pada mata kuliah sejarah asia timur. Jurnal untirta 3 (1). Diunduh dari
http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/2886/2253
Fatkhan, A. H. 2017. Pengertian Minat Belajar. Diunduh dari http://fatkhan.web.id/pengertian-minat-belajar/
Http://Fatkhan.web.id/pengertian-media-pembelajaran-powerpoint/
Wando. (2014). Korelasi antara pengelolaan kelas secara fisik dan emosional dengan minat belajar siswa. (An unpublished Skripsi), Universitas Klabat (S-1 Skripsi), Airmadidi-Manado, Indonesia.
Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. semnastafis unimed 1(1). Diunduh dari
http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf
Gosal, L, (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran papan tulis dan power point guru terhadap motivasi belajar siswa: (An unpublished Skripsi), Universitas Klabat (S-1 Skripsi) Airmadidi- Manado, Indonesia.
Saddoen, A. (2019). Pengertian pendidikan: definisi, tujuan, fungsi dan jenisnya. Diunduh dari https://moondoggiesmusic.com/pengertian-pendidikan/
Undang-Undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003. Diunduh dari
https://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/
Putri, I. C. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran microsoft power point terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP swasta ar-rahman percut. (S-1 Skripsi) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia. Diunduh dari
http://repository.uinsu.ac.id/5649/1/PUTRI%20INDAH%20CAHYANI.pdf
Noprianti dan Syarifuddin. (2015). Pengaruh penerapan media slide power point terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPADI madrasah ibtidaiah ahliyah 2 palembang. Jurnal radenfatah1. Diunduh dari
http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/download/515/465
Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). 37 (1). Diunduh dari
http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/310/293
Jauhari, M. I. (2018). Media pembelajaran dalam pendidikan islam. 1 (1). Diunduh dari http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang/article/download/15
Zakky. (2018). Pengetian media pembelajaran menurut para ahli dan secara umum
https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/
Umar, S. (2014). Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Metrouniv.Diunduhdari http://journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/364/177
Isran, R. K. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Uinsu. Diunduh dari
http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1778/1411
Yudha, R. I. (2019). Strategi pemanfaatan media pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dI SMA negeri 3. Diunduh dari http://103.193.19.206/index.php/EKLEKTIK/article/viewFile/7881/4607
Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan
minat belajar mahasiswa. Jurnal Univerbantara. Diunduh dari
http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/113/101
Satriadi, U. (2017). Efektivitas penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS miftahul ishlah tembelok tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Etheses Uinmataram. Diunduh dari
http://etheses.uinmataram.ac.id/423/1/Unggul%20Satriadi151134074.pdf
Saputro, N. (2018). Pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV di SDN 1. Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia. Diunduh dari http://digilib.unila.ac.id/31688/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf
Fadlila. (2017). Hubungan penggunaan mesdia power point terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah. (skripsi). Institute Agama Islam Raden Lampung, Indonesia. Diunduh dari
http://repository.radenintan.ac.id/441/1/SKRIPSI_DILA_LENGKAP.pdf
Indriyanti, R. (2017). Pengembangan media pembelajaran power point Interaktif materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan untuk siswa kelas V SD negeri depok 1. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia. Diunduh dari
http://repository.usd.ac.id/11186/2/131134213_full.pdf
Krisnasari, F. A. (2016). Pengembangan media power point untuk pembelajaran keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP. Universitas Sanata Dharma (S-1 Skripsi) Yogyakarta, Indonesia. Diunduh dari
http://repository.usd.ac.id/9362/2/091224005_full.pdf
Erwandi, H. (2016). Pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika kelas VIII Di SMP Negeri 3 Palembang. (Skripsi). Di unduh dari
http://eprints.radenfatah.ac.id/924/1/ERWANDI%20HEVITULLAH%20%2811221021%29.pdf
Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK kesehatan di kota tanggerang. Journal Unas 1 (2). Diunduh dari http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/download/320/218
Suwardi. (2012). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK negeri 1 sengkang kabupaten wajo. Tesis. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar 2012. Jurnal Uin Alauddin. Diunduh dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5761/1/Tesis_Suwardi_opt.pdf
Qomariah dan Sudiarditha. (2016). Kualitas media pembelajaran, mnat belajar, dan hasil belajar siswa: studi pada mata pelajaran ekonomi di kelas (X IIS) SMA negeri 12 jakarta. Journal Unj. 4 (1). Diunduh dari
http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb/article/download/1946/1537
Fitriyani, (2017). Pengaruh media pembelajaran power point dan minat belajar sejarah siswa. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/download/14329/pdf
Puspitasari, A. (2017). Pengaruh kreatifitas guru, minat belajar siswa, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR2 SMK PN 2. Universitas Muhammadiyah Purworejo (S-1 Skripsi) Purworejo, Indonesia. Diunduh dari
http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/915/122130023-Afrilia%20Puspitasari.pdf?sequence=1&isAllowed=y
Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII negeri 1 Bangkinang. Jurnal cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1). Diunduh dari https://www.google.com/search?q=Faktor faktor+yang+Mempengaruhi+Minat+Belajar+Siswa+Kelas+VII+Negeri+1+Bangkinang.+Jurnal+cendekia%3A+Jurnal+Pendidikan+Matematika+1+(1&oq=Fakto-faktor+yang+Mempengaruhi+Minat+Belajar+Siswa+Kelas+VII+Negeri+1+Bangkinang.+Jurnal+cendekia%3A+Jurnal+Pendidikan+Matematika+1+(1&aqs=chrome..69i57.2151j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8
Baidhah, U. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI Di SMAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri (S-1 Skripsi) Surakarta, Indonesia. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2547/1/UMI%20BAIDHAH.pdf
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta
Hervani, O. & Lumbanraja, R. (2013). Teaching English reading and conversation using game. (S-1 skripsi) Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia
Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media
Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Kasmadi dan Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).