Gamifikasi Sebagai Simulasi Kuliah Online Untuk Menigkatkan Motivasi Belajar di Era Pandemi
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.334.360-372Abstract
Perkembangan Information and Communication Technologies (ICT) di dunia Pendidikan semakin maju. Media pembelajaran seperti Google form, Classroom, Edmodo dan lain-lain dapat menjadi pilihan. Bagi peserta didik, pembelajaran jarak jauh (PJJ) sudah tidak asing lagi. Dalam proses pembelajaran, jarak tidak lagi menjadi penghalang, khususnya pada saat sekarang ini. dampak terjadinya penyebaran covid-19, proses pembelajaran tatap muka digantikan dengan pembelajaran daring atau kuliah online. Akan tetapi dalam proses pembelajaran secara daring ada beberapa kendala dan keluhan yang dialami, seperti kurangnya interakativitas, metode pembelajaran yang digunakan cenderung membosankan dan kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah memberikan alternatif baru dalam proses pembelajaran dengan berbasis gamifikasi sebagai simulasi kuliah online, dan kegiatan belajar mengajar lebih menyenangkan dan interaktif. Dengan menggunakan metode Marczewski’s Gamification Framework, dilakukan analisis data dan analisis system yang menghasilkan kesimpulan bahwa pembelajaran berbasis gamifikasi ini dapat menjadi metode baru dalam proses pembelajaran secara daring.References
R. Oktavian and R. F. Aldya, “Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi di Era Pendidikan 4.0,” Didakt. J. Pendidik. dan Ilmu Pengetah., vol. 20, no. 2, pp. 129–135, 2020, doi: 10.30651/didaktis.v20i2.4763.
F. Nuriansyah, “Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Saat Awal Pandemi Covid-19,” J. Pendididikan Ekon. Indones., vol. 1, no. 2, pp. 61–65, 2020, [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI/article/view/28346.
J. J. Lee and J. Hammer, “Gamification in Education: What, How, Why Bother?,” Radiol. Technol., vol. 80, no. 1, pp. 67–74, 201AD.
H. Jusuf, “Penggunaan Gamifikasi dalam Proses Pembelajaran,” J. TICOM, vol. 5, no. 1, pp. 1–6, 2016, [Online]. Available: https://media.neliti.com/media/publications/92772-ID-penggunaan-gamifikasi-dalam-proses-pembe.pdf.
D. Ifenthaler, D. Eseryel, and X. Ge, Assessment in Game-Based Learning. Springer, New York, NY, 2012.
S. Rustan, Mendesain Logo. Indonesia 9789792249453: Gramedia Pustaka Utama, 2013.
K. M. Kaap and J. Cone, “What every chief learning officer needs to know about games and gamification for learning,” Dep. Instr. Technol. Inst. Interact. Technol., pp. 1–5, 2012, [Online]. Available: http://schd.ws/hosted_files/cacmeeting2015/5d/Whitepaper.pdf.
A. Marczewski, “A SIMPLE GAMIFICATION FRAMEWORK / CHEAT SHEET,” https://www.gamified.uk/gamification-framework/, 2014. .
R. Bartle, “The Bartle Test of Gamer Psychology - Gamer Types,” https://www.gamify.com/gamification-blog/the-make-up-of-gamers-the-bartle-test-of-gamer-psychology. .
Bunchball, “Gamification 101: An Introduction to the Use of Game,” no. October, 2010, doi: 10.1016/j.compedu.2012.12.020.
B. W. Sari, E. Utami, and H. Al Fatta, “Pembelajaran Tenses Bahasa Inggris Berbasis Web Dengan Menerapkan Konsep Gamification,” J. Ilm. SISFOTENIKA, vol. 5, no. 2, pp. 155–166, 2014.
S. W. Handani, M. Suyanto, and A. F. Sofyan, “PENERAPAN KONSEP GAMIFIKASI PADA E-LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI,” J. Telemat., vol. 9, no. 1, pp. 42–53, 2016, doi: 10.2214/ajr.181.6.1811716b.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).