Perancangan Interaksi Panduan Pembelajaran Berbasis Personalisasi Pada e-Learning Menggunakan Metode Activity-Centered Design
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.316.227-239Abstract
Di era digital ini e-Learning sudah menjadi salah satu media pembelajaran yang telah banyak digunakan pada bidang pendidikan. Namun pembelajaran melalui e-Learning juga memiliki permasalahan seperti pembelajaran yang memperlakukan semua kebutuhan mahasiswa secara sama, tidak terjadinya interaksi secara langsung dan keterlambatan pengerjaan aktivitas oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang interaksi pembelajaran e-Learning dengan panduan pembelajaran yang dipersonalisasi untuk mengatasi perbedaan kemampuan dan kebutuhan mahasiswa yang berbeda – beda. Metode yang digunakan dalam perancangan interaksi ini adalah Activity-Centered Design yang memiliki fokus pada aktivitas pembelajaran mahasiswa. Perancangan interaksi diawali dengan analisis aktivitas untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Selanjutnya di tahap perancangan, dirancang storyboard sebagai gambaran alur aktivitas mahasiswa dengan menggunakan Task Analysis. Pada tahap implementasi dikembangkan prototipe interaktif dengan menggunakan software Figma. Hasil prototipe sistem pembelajaran dievaluasi dengan mengujicobakan sistem kepada 12 mahasiswa untuk mengetahui tingkat usability sistem yang telah dibuat dilanjutkan dengan pengisian kuesioner untuk mengukur System Usability Scale (SUS). Pengukuran SUS prototipe sistem e-Learning dengan panduan pembelajaran mendapatkan skor 84,5 yang menunjukkan bahwa sistem ini memiliki acceptability pada tingkat acceptable dan masuk dalam acceptability ranges pada tingkat excellent.References
DAFTAR PUSTAKA
F. K. Komendangi, R. Molenaar, and L. Lengkey, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi ELearning
Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle Di Program Studi
Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi,” in Cocos, 2017, vol. 1, no. 3.
B. R. Suteja, S. Guritno, R. Wardoyo, and A. Ashari, “Personalization Sistem E-Learning
Berbasis Ontology,” Makara J. Sci., 2011.
S. Patrick, K. Kennedy, and A. Powell, “Mean What You Say: Defining and Integrating
Personalized, Blended and Competency Education,” Int. Assoc. K-12 Online Learn., 2013.
B. Vesin, K. Mangaroska, and M. Giannakos, “Learning in smart environments: usercentered
design and analytics of an adaptive learning system,” Smart Learn. Environ.,
, doi: 10.1186/s40561-018-0071-0.
B. R. Suteja, “Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Online Berbasis Model
Gaya Belajar Felder Silverman,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., 2016.
H. B. S. Mira Suryani, Zainal A. Hasibuan, “Personalisasi Konten Pembelajaran
Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor dalam Student Centered E-learning
Environment,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi, 2014, no. February.
J. Preece, H. Sharp, and Y. Rogers, Interaction Design - Beyond Human-Computer
Interaction, Fourth Edition. 2015.
G. Gay and H. Hembrooke, “1 Activity Theory and Context-Based Design,” in Activity-
Centered Design, 2019.
N. Azir Rezha, Z. Maksom, and C. P. Naim, “Tackling design issues on elderly
smartphone interface design using activity centered design approach,” ARPN J. Eng. Appl.
Sci, vol. 9, no. 8, pp. 1190–1196, 2014.
C. Ellsworth, “The USER Model: A Design Thinking Management Tool for Product and
Service Design,” 2014.
M. S. K. Batiibwe, “Using Cultural Historical Activity Theory to understand how
emerging technologies can mediate teaching and learning in a mathematics classroom: a
review of literature,” Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 14, no. 1, pp. 1–20, 2019.
A. R. Hevner, S. T. March, J. Park, and S. Ram, “Design science in information systemsresearch,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 28, no. 1, pp. 75–105, 2004, doi:
2307/25148625.
H. Tolle, A. Pinandito, A. P. Kharisma, and R. K. Dewi, “Pengembangan Aplikasi
Perangkat Bergerak (Konsep dan Implementasi),” British Journal of Psychiatry. 2017.
J. Brooke, SUS: A “quick and dirty” usability scale. 1996.
U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang
Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol.
, no. 2, pp. 80–86, 2017.
D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan
Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol.
, no. 2, pp. 130–143, 2020.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).