Perancangan Interaksi Panduan Pembelajaran Berbasis Personalisasi Pada e-Learning Menggunakan Metode Activity-Centered Design

Authors

  • Samuel Wahyu Universitas Esa Unggul
  • Indriani Noor Hapsari Universitas Esa Unggul

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.316.227-239

Abstract

Di era digital ini e-Learning sudah menjadi salah satu media pembelajaran yang telah banyak digunakan pada bidang pendidikan. Namun pembelajaran melalui e-Learning juga memiliki permasalahan seperti pembelajaran yang memperlakukan semua kebutuhan mahasiswa secara sama, tidak terjadinya interaksi secara langsung dan keterlambatan pengerjaan aktivitas oleh mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk merancang interaksi pembelajaran e-Learning dengan panduan pembelajaran yang dipersonalisasi untuk mengatasi perbedaan kemampuan dan kebutuhan mahasiswa yang berbeda – beda. Metode yang digunakan dalam perancangan interaksi ini adalah Activity-Centered Design yang memiliki fokus pada aktivitas pembelajaran mahasiswa. Perancangan interaksi diawali dengan analisis aktivitas untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna. Selanjutnya di tahap perancangan, dirancang storyboard sebagai gambaran alur aktivitas mahasiswa dengan menggunakan Task Analysis. Pada tahap implementasi dikembangkan prototipe interaktif dengan menggunakan software Figma. Hasil prototipe sistem pembelajaran dievaluasi dengan mengujicobakan sistem kepada 12 mahasiswa untuk mengetahui tingkat usability sistem yang telah dibuat dilanjutkan dengan pengisian kuesioner untuk mengukur System Usability Scale (SUS). Pengukuran SUS prototipe sistem e-Learning dengan panduan pembelajaran mendapatkan skor 84,5 yang menunjukkan bahwa sistem ini memiliki acceptability pada tingkat acceptable dan masuk dalam acceptability ranges pada tingkat excellent.

Author Biography

Indriani Noor Hapsari, Universitas Esa Unggul

Program Studi Sistem Informasi

References

DAFTAR PUSTAKA

F. K. Komendangi, R. Molenaar, and L. Lengkey, “Analisis Dan Perancangan Aplikasi ELearning

Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle Di Program Studi

Teknik Pertanian Universitas Sam Ratulangi,” in Cocos, 2017, vol. 1, no. 3.

B. R. Suteja, S. Guritno, R. Wardoyo, and A. Ashari, “Personalization Sistem E-Learning

Berbasis Ontology,” Makara J. Sci., 2011.

S. Patrick, K. Kennedy, and A. Powell, “Mean What You Say: Defining and Integrating

Personalized, Blended and Competency Education,” Int. Assoc. K-12 Online Learn., 2013.

B. Vesin, K. Mangaroska, and M. Giannakos, “Learning in smart environments: usercentered

design and analytics of an adaptive learning system,” Smart Learn. Environ.,

, doi: 10.1186/s40561-018-0071-0.

B. R. Suteja, “Personalisasi Konten Pendukung Pembelajaran Online Berbasis Model

Gaya Belajar Felder Silverman,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., 2016.

H. B. S. Mira Suryani, Zainal A. Hasibuan, “Personalisasi Konten Pembelajaran

Berdasarkan Pendekatan Tipe Belajar Triple-Factor dalam Student Centered E-learning

Environment,” in Konferensi Nasional Sistem Informasi, 2014, no. February.

J. Preece, H. Sharp, and Y. Rogers, Interaction Design - Beyond Human-Computer

Interaction, Fourth Edition. 2015.

G. Gay and H. Hembrooke, “1 Activity Theory and Context-Based Design,” in Activity-

Centered Design, 2019.

N. Azir Rezha, Z. Maksom, and C. P. Naim, “Tackling design issues on elderly

smartphone interface design using activity centered design approach,” ARPN J. Eng. Appl.

Sci, vol. 9, no. 8, pp. 1190–1196, 2014.

C. Ellsworth, “The USER Model: A Design Thinking Management Tool for Product and

Service Design,” 2014.

M. S. K. Batiibwe, “Using Cultural Historical Activity Theory to understand how

emerging technologies can mediate teaching and learning in a mathematics classroom: a

review of literature,” Res. Pract. Technol. Enhanc. Learn., vol. 14, no. 1, pp. 1–20, 2019.

A. R. Hevner, S. T. March, J. Park, and S. Ram, “Design science in information systemsresearch,” MIS Q. Manag. Inf. Syst., vol. 28, no. 1, pp. 75–105, 2004, doi:

2307/25148625.

H. Tolle, A. Pinandito, A. P. Kharisma, and R. K. Dewi, “Pengembangan Aplikasi

Perangkat Bergerak (Konsep dan Implementasi),” British Journal of Psychiatry. 2017.

J. Brooke, SUS: A “quick and dirty” usability scale. 1996.

U. Ependi, F. Panjaitan, and H. Hutrianto, “System Usability Scale Antarmuka Palembang

Guide Sebagai Media Pendukung Asian Games XVIII,” J. Inf. Syst. Eng. Bus. Intell., vol.

, no. 2, pp. 80–86, 2017.

D. A. Fatah, “Evaluasi Usability dan Perbaikan Desain Aplikasi Mobile Menggunakan

Usability Testing dengan Pendekatan Human-Centered Design (HCD),” Rekayasa, vol.

, no. 2, pp. 130–143, 2020.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

Wahyu, S., & Hapsari, I. N. (2021). Perancangan Interaksi Panduan Pembelajaran Berbasis Personalisasi Pada e-Learning Menggunakan Metode Activity-Centered Design. CogITo Smart Journal, 7(2), 227–239. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.316.227-239