Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D (Motion Graphic) Pada Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar

Authors

  • Rika Oktarina Dwiflora Politeknik Negeri Sriwijaya
  • Ervi Cofriyanti Politeknik Negeri Sriwijaya

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.315.204-214

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Animasi 2D berbasis Motion Graphic dapat digunakan untuk mendukung proses mengajar yang lebih efektif, fleksibel, menarik serta mudah dipahami. Maka dari itu, dengan dibuatnya penelitian tentang Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D berbasis Motion Graphic pada mata kuliah Praktikum Fotografi Dasar Materi Pengenalan Kamera, Teknik Exposure, dan Point of Interest ini, dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, fleksibel dan mudah untuk dipahami mahasiswa. Pada peneilitan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang mana metode ini terbagi menjadi 6 tahapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Kuesioner disebar kepada responden ahli dan pengguna, responden ahli merupakan seorang ahli di bidang animasi dan multimedia sedangkan responden pengguna merupakan mahasiswa D4 Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala likert. Hasil dari penelitian ini diketahui nilai kelayakan animasi pada pengujian ahli yang terdiri dari 8 orang ahli diperoleh persentase sebesar 80,62% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada pengujian pengguna yang terdiri dari 50 orang mendapatkan persentase sebesar 88,2% dengan kategori “Sangat Baik”. Kata kunci : Media Pembelajaran, Animasi, Motion Graphic, Fotografi.

Author Biographies

Rika Oktarina Dwiflora, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Komputer

Ervi Cofriyanti, Politeknik Negeri Sriwijaya

Jurusan Teknik Komputer

References

Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Warsita, Bambang. 2013. “Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran”. Jurnal KWANGSAN 1(2). 72-94.

Limbong, Tonny dan Janner, Simarmata. 2020. Media Dan Multimedia Pembelajaran Teori Dan Praktik. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Wardoyo, Tri Cipto Tunggul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refita, Yesty Desca. 2017. Pembuatan Motion Graphics sebagai Media Sosialisasi dan Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1(2), 85-92.

Febriansyah, A dan Melwin S. 2016. Implementasi Motion Graphics Dengan Menggunakan Adobe Affter Effect Pada Pembuatan Iklan Ramone Café. Naskah Publikasi: Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi, AMIKOM Yogyakarta.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

2021-12-19

How to Cite

Dwiflora, R. O., & Cofriyanti, E. (2021). Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D (Motion Graphic) Pada Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar. CogITo Smart Journal, 7(2), 204–214. https://doi.org/10.31154/cogito.v7i2.315.204-214