Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v2i2.30.204-215Abstract
Penelitian ini menghasilkan Aplikasi kerangka tubuh manusia yang perancangannya dalam bentuk tiga dimensi (3D) dan pada penelitian ini menampilkan tulang – tulang manusia dari kepala, badan dan anggota gerak. Aplikasi ini digunakan untuk sarana pengenalan dalam bentuk virtual. Peneliti memanfaatkan teknologi komputer grafik yaitu Blender untuk membuat objek kerangka tubuh manusia serta Unity3D untuk menghasilkan aplikasi kerangka tubuh manusia yang dikemas dalam bentuk aplikasi secara 3D. Metode Throw-Away Prototyping merupakan metode yang diterapkan pada penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan aplikasi kerangka tubuh manusia sebagai media peraga terhadap 9 jenis tulang yang terdapat pada manusia yang berbasis Android menggunakan Animasi 3D yang menggunakan cardboard atau head mounted display.Kata Kunci: Aplikasi Kerangka tubuh manusia 3D, Virtual Reality, Throw-Away Prototyping, Cardboard, Head Mounted DisplayReferences
. Jusuf, H., 2009, Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia, http://www.ict@unas.ac.id, diakses tgl. 29 Januari 2016.
. Sihite B., Samopa F., and Sani N. A, 2013, Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).
. Kacamata Kardus 3D Google yang Unik dan Canggih, www.maxmanroe.com/kacamata-kardus-3d-google-yang-unik-dan-canggih.html, diakses tgl. 26 Januari 2016.
. Sommerville,I., 2003, Software Engineering, Jilid 1, 6th edition, Erlangga, Jakarta.
. Lumbantoruan, H., 2013, Perancangan Pembelajaran Pengenalan Rangka Manusia Dengan Metode Computer Based Instruction, , vol. 4, Pelita Informatika Budi Darma.
. Putz, R. and Pabst, R., 2008, Sobotta Atlas of Human Anatomy, vol. 1, 14th edition, Urban and Fischer.
. Pearce, E.C., 2009, Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.
. Cardboard SDK untuk Unity, http://developers.google.com/cardboard/unity/, diakses tgl. 10-Feb-2016.
. T. Sunarni, T. and Budiarto, D., 2014, Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, Semarang.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).