Hubungan Media Pembelajaran Video Dengan Motivasi Belajar Siswa

Authors

  • Deisye Supit

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209.73-82

Abstract

Penelitian ini menggunakan angket yang diadaptasi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Djamarah (1995) berjumlah 16 butir, sedangkan teori motivasi belajar diadopsi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Sardiman (2008) berjumlah 26 butir pertanyaan. Dengan 2 variabel yaitu: media pembelajaran video sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Advent Tikala kepada 80 responden yaitu siswa kelas VA  dan VB. Penelitian ini menggunakan Convinience Sampling Method sebagai metode pengumpulan data.  Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan setelah di uji menggunakan program penghitungan statistik, maka didapatkan bahwa tingkat media pembelajaran video berada pada tingkat yang tinggi dengan mean score = 3,65, motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang sangat tinggi yaitu mean score = 4,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran video dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti berkesimpulan bahwa tingkat media pembelajaran video mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa karena media pembelajaran video dapat meningkatkan motivasi siswa.Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi belajar       

References

DAFTAR PUSTAKA

Adrianus, Y. (2012). Hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Studi kasus: Siswa kelas XI IPS SMAN 2 Sendawar Linggang Bigung, Kutai Barat. Skripsi. Diunduh dari https://repository.usd.ac.id/ 10675/

Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta

Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara

Hasanti, S. M. (2010). Hubungan antara motivasi belajar dan media pembelajaran dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri I Tawangsari Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi. Diunduh dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/17211/MzI2NjM=/Hubungan-antara-motivasi-belajar-dan-media-pembelajaran-dengan-prestasi-belajar-sosiologi-siswa-kelas-XI-SMA-Negeri-1-Tawangsari-Sukoharjo-tahun-pelajaran-20092010-abstrak.pdf

Hervani, O. & Lumbanraja, R. (2013). Teaching English reading and conversation using game. (S-1 skripsi) Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia

Hikmasari, M. (2016). Peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari Cangkringan. Skripsi. Diunduh dari http://digilib. uin-suka.ac.id/23491/1/12410241_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf

Khairunisa. (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mengetik manual siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri I Yogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/25230/1/Skripsi_Khairunisa_11402244039.pdf

Saragih, L. (2012). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran system injeksi bahan bakar diesel kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Piri 1 Yoogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints. uny.ac.id/6668/1/ 05504241022.pdf

Setiawati, I. (2012). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. Skripsi. Diunduh dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24267/1/Imas%20Setiawati.pdf

Sudjana, N., & Ibrahim (2007). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo

Wulandari, R. (2014). Efektifitas media pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap keberhasilan siswa kelas IV di MI AL-ISLAM Kartasura. Skripsi. Diunduh dari http:// eprints.ums.ac.id/30836/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Downloads

Published

2020-06-11

How to Cite

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video Dengan Motivasi Belajar Siswa. CogITo Smart Journal, 6(1), 73–82. https://doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209.73-82