Hubungan Media Pembelajaran Video Dengan Motivasi Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v6i1.209.73-82Abstract
Penelitian ini menggunakan angket yang diadaptasi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Djamarah (1995) berjumlah 16 butir, sedangkan teori motivasi belajar diadopsi dari Adrianus (2012) berdasarkan teori Sardiman (2008) berjumlah 26 butir pertanyaan. Dengan 2 variabel yaitu: media pembelajaran video sebagai variabel bebas dan motivasi belajar siswa sebagai variabel terikat. Penelitian ini dilaksanakan di SD Advent Tikala kepada 80 responden yaitu siswa kelas VA dan VB. Penelitian ini menggunakan Convinience Sampling Method sebagai metode pengumpulan data. Berdasarkan data yang telah dikumpulkan dan setelah di uji menggunakan program penghitungan statistik, maka didapatkan bahwa tingkat media pembelajaran video berada pada tingkat yang tinggi dengan mean score = 3,65, motivasi belajar siswa berada pada tingkat yang sangat tinggi yaitu mean score = 4,76. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara media pembelajaran video dengan motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini maka peneliti berkesimpulan bahwa tingkat media pembelajaran video mempunyai hubungan dengan motivasi belajar siswa karena media pembelajaran video dapat meningkatkan motivasi siswa.Kata kunci : Media Pembelajaran, Motivasi belajarReferences
DAFTAR PUSTAKA
Adrianus, Y. (2012). Hubungan penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa. Studi kasus: Siswa kelas XI IPS SMAN 2 Sendawar Linggang Bigung, Kutai Barat. Skripsi. Diunduh dari https://repository.usd.ac.id/ 10675/
Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media
Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta
Hamalik, O. (2001). Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara
Hasanti, S. M. (2010). Hubungan antara motivasi belajar dan media pembelajaran dengan prestasi belajar sosiologi siswa kelas XI SMA Negeri I Tawangsari Sukoharjo tahun pelajaran 2009/2010. Skripsi. Diunduh dari https://digilib.uns.ac.id/dokumen/download/17211/MzI2NjM=/Hubungan-antara-motivasi-belajar-dan-media-pembelajaran-dengan-prestasi-belajar-sosiologi-siswa-kelas-XI-SMA-Negeri-1-Tawangsari-Sukoharjo-tahun-pelajaran-20092010-abstrak.pdf
Hervani, O. & Lumbanraja, R. (2013). Teaching English reading and conversation using game. (S-1 skripsi) Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia
Hikmasari, M. (2016). Peran media audio visual dalam meningkatkan minat belajar PAI siswa kelas III SD Muhammadiyah Cepitsari Cangkringan. Skripsi. Diunduh dari http://digilib. uin-suka.ac.id/23491/1/12410241_BAB-I_IV-atau-V_DAFTAR-PUSTAKA.pdf
Khairunisa. (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mengetik manual siswa kelas XI administrasi perkantoran di SMK Negeri I Yogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints.uny.ac.id/25230/1/Skripsi_Khairunisa_11402244039.pdf
Saragih, L. (2012). Pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran system injeksi bahan bakar diesel kelas XI jurusan teknik kendaraan ringan SMK Piri 1 Yoogyakarta. Skripsi. Diunduh dari http://eprints. uny.ac.id/6668/1/ 05504241022.pdf
Setiawati, I. (2012). Pengaruh penggunaan media audiovisual terhadap motivasi belajar siswa di MI Al-Bahri Kebon Nanas Jakarta. Skripsi. Diunduh dari http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/24267/1/Imas%20Setiawati.pdf
Sudjana, N., & Ibrahim (2007). Penelitian dan penilaian pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Wulandari, R. (2014). Efektifitas media pembelajaran pendidikan agama Islam (PAI) terhadap keberhasilan siswa kelas IV di MI AL-ISLAM Kartasura. Skripsi. Diunduh dari http:// eprints.ums.ac.id/30836/12/02._NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).