Penerapan SPB Online Menggunakan Rinfo Transformation Pada Bagian Pengadaan Perguruan Tinggi
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v2i1.15.69-81Abstract
SPB (Surat Permintaan Barang) online merupakan sarana sebuah sistem informasi yang berada dalam sebuah website pengadaan Perguruan Tinggi Raharja. Fungsi utama dari SPB online adalah untuk memberi kemudahan kepada staff dalam melakukan pengajuan permintaan barang ke bagian pengadaan. SPB online dibuat yaitu menggunakan Rinfo transformation dengan memanfaatkan Rinfo sheet dan Rinfo form. Keunggulan dari SPB online adalah terdapatnya notifikasi email secara otomatis untuk staff dan bagian pengadaan, serta terdapat juga keunggulan lainnya yaitu tersedianya laporan SPB online secara otomatis sehingga dapat mengurangi pekerjaan bagian pengadaan untuk membuat laporan. Dalam karya ilmiah ini dijelaskan mengenai bertansformasinya alur proses 15 (limabelas) langkah menjadi 8 (delapan) langkah, permasalahan-permasalahan yang timbul sebelum diterapkannya SPB online serta cara penerapan SPB online yang mudah untuk diterapkan. Maka dapat disimpulkan bahwa SPB online menggunakan Rinfo Transformation dapat memberikan pelayanan prima kepada staff dalam pengajuan permintaan barang untuk menunjang kebutuhan kegiatan manajemen Perguruan Tinggi secara efektif dan efisien.References
Banias, Petru, and Laura Malita. 2011."Can we use sport, web 2.0 and social & informal learning to develop & enhance social competences?." Procedia-Social and Behavioral Sciences 15:628-632.
Fauzi, Muhammad Rizal.2014."Penggunaan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia: Studi Deskriptif Analitis pada Kelas VIII di Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Lembang."
Kenney, Janet. 2011. “Using Google Forms to Schedule Classes in Your Library.” Journal of Library Innovation . Vol. 2 Issue 2, p68-73. 6p. 2 Color Photographs.
Rahardja Untung, Khanna Tiara, Ray Indra Taufik Wijaya.2014. ”Penerapan Rinfo Sebagai Media Pendukung Untuk Proses Pembelajaran Pada Perguruan Tinggi Raharja”. Vol. 8 No. 1 ISSN : 1978 – 8282.
Ribaric, Tim, and Jonathan Younker. 2013."Arduino-Enabled Patron Interaction Counting." Code4Lib Journal 20.
Ruth Morgan.2013.”Moving Into the 21st Century With Therapy Documentation”. Perspect Sch Based Iss;14(1):4-9. doi: 10.1044/sbi14.1.4.
Slamet, Jumar.2016."Otak-Atik Google Form Guna Pembuatan Kuesioner Kepuasan Pemustaka." Info Persadha 14.1: 21-35.
St Denis, Lise Ann, Leysia Palen, and Kenneth M Anderson.2014. "Mastering social media: an analysis of Jefferson County’s communications during the 2013 Colorado Floods." Proceedings of the Information Systems for Crisis Response and Management Conference (ISCRAM 20014).
Taylor, Laura, and Kirsten Doehler.2014."Using online surveys to promote and assess learning." Teaching Statistics 36.2: 34-40.
Tileng, Kartika Gianina.2015. "Penerapan Technology Acceptance Model pada Aplikasi Edmodo di Universitas Ciputra Surabaya menggunakan Analisis Jalur".
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).