Alat Peraga Mixed Reality untuk Pembelajaran Anatomi Otak Manusia dengan Interaksi Occlusion Detection

Authors

  • Andria Kusuma Wahyudi Universitas Klabat
  • Early Surya Utama Universitas Klabat
  • Reginald R. Ngantung

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.140.337-347

Abstract

Penelitian ini membahas tentang gabungan teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menjadi Mixed Reality untuk mengenalkan anatomi otak menggunakan smartphone berbasis Android. Fokus utama dari penelitian ini adalah menerapkan Mixed Reality sebagai alat peraga pada pembelajaran anatomi otak dan menerapkan interaksi yang sesuai untuk Mixed Reality. Untuk melakukan interaksi dengan sistem digunakan Occlusion Detection untuk mendeteksi jari pada area tertentu sehingga jika jari menghalangi area tertentu akan menjadi trigger untuk suatu event. Setelah interaksi selesai, dilakukan pengujian dari beberapa tipe smartphone untuk mengukur kemampuan kerja dari model yang di buat. Pengujian dimulai dari pengujian jarak, pengujian cahaya, dan pengujian waktu respon terhadap target gambar. Hasilnya adalah sebuah alat peraga digital yang memiliki interaksi menggunakan jari cukup dengan menyentuh marker. Hasil akhir penelitian ini juga menampilkan hasil pengujian dari berbagai variabel. Kata Kunci— Augmented Reailty, Virtual Reality, Mixed Reality, Anatomi Otak, Occlusion Detection.

References

R. Carter, S. Alridge, P. Martyn and S. Parker, The Human Brain Book, New York: DK Publishing, 2014.

E. Murgitroyd, M. Madurska, J. Gonzalez and A. Watson, "3D Digital Anatomy Modelling - Practical or Pretty?," The Surgeon, vol. 13, pp. 177-180, 2015.

S. A. Azer and S. Azer, "3D Anatomy Models and Impact on Learning: A Review of the Quality of the Literature," Health Professions Education, p. 81, 2016.

E. Solak and R. Cakir, "Exploring the Effect of Materials Designed with Augmented Reality on Language Learners' Vocabulary Learning," Journal of Educators Online, vol. 12, pp. 50-72, 2015.

E. Y. Putra and A. Wahyudi, "Perancangan Perangkat Visualisasi Interaktif Situs Warisan Budaya Indonesia Menggunakan Teknologi AR Dengan Metode Simultaneous Markerless Based," ICIC, vol. 1, pp. 8-11, 2016.

R. T. Azuma, "A Survey of Augmented Reality," Presence: Teleoperators & Virtual Environments, vol. 6, p. 355, 1997.

Marin-Diaz, "The Relationships Beetwen Augmented Reality and Inclusive Education In Higher Education," Bordon. Revista de Pedagogia, vol. 69, pp. 125-142, 2017.

G. Tsaramirsis, H. M. Al-Barhamtoshy and A. Fattouh, "Understanding the Semantics of a Mixed Reality Environment," Indian Journal of Science and Technology, vol. 9, p. 2, 2015.

L. Meegahapola and I. Perera, "Enhanced in-Store Shopping Experience through Smart Phone based Mixed Reality Application," 2017.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Wahyudi, A. K., Utama, E. S., & Ngantung, R. R. (2019). Alat Peraga Mixed Reality untuk Pembelajaran Anatomi Otak Manusia dengan Interaksi Occlusion Detection. CogITo Smart Journal, 4(2), 337–347. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.140.337-347