Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Untuk Praktikum Front Office Operations Pendidikan Pariwisata

Authors

  • Yunianto Purnomo Matana University
  • Welli Braham Kurniawan

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.131.283-293

Abstract

Hotel merupakan salah satu sarana yang sangat penting untuk para wisatawan dapat singgah dan beristirahat. Sistem reservasi kamar hotel dibutuhkan untuk memudahkan pegawai hotel di front office untuk mencatat data pemesanan kamar.Dalam dunia pendidikan pariwisata seperti di program studi Hospitality dan Pariwisata, atau di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pariwisata, melayani reservasi kamar hotel kepada tamu dengan menggunakan aplikasi komputer merupakan hal yang perlu dipraktekkan di sekolah atau di kampus.Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Untu Praktikum Front Office dianalisis dengan menggunakan teknik: Observasi, Prototyping, dan Join Requirements Planning (JRP). Dirancang dengan menggunakan: Use Case diagram dan Activity diagram, juga dalam bentuk rancangan input dan output. Program aplikasi dibangun dengan menggunakan PHP dengan framework Yi dan database MySQL.Aplikasi dibangun seringkas dan seefektif mungkin sehingga dapat diimplementasikan dan dipraktekkan dengan mudah di sekolah kejuruan pariwisata dan perguruan tinggi pariwisata.

References

Agustin, Maria. (2012). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Reservasi Hotel. Jurnal Prosesor, Vol 3, Edisi 6. Politeknik Negeri Sriwijaya. Palembang.

Booch, Grady., Jacobson, Ivar., and Rumbaugh, James. (2008). The Unified Modeling Language – User Guide. Addison Wesley. San Francisco.

Kaswari, Ruslan. (2016). Pengelolaan Reservasi Hotel Melalui Aplikasi Berbasis Website. Jurnal Sigmata, LPPM AMIK Sigma. Palembang.

Marakas, George (2008). Decision Support System in the 21st century. Prentice Hall. New Jersey.

O’Brien, James (2008). Introduction to Information Systems, Essentials for the e-Business Enterprise. 11th edition. Mc Graw-Hill. New York.

Sardiarinto., Noor, Sa’diyah., Andriani, Anik. (2015). Rancang Bangun Sistem Reservasi Hotel Menggunakan Metode Waterfall. Studi kasus: Hotel Bizz Yogyakarta. Jurnal Bianglala Informatika Vol 3 No 1. AMIK BSI. Yogyakarta.

Setiawan, Elisabet. (2007). Aplikasi Komputer Berbasis Web untuk Menangani Reservasi, Check-In, dan Check-Out Secara Online dengan Studi Kasus “Hotel Cipaku Indah” – Bandung. Jurnal Sistem Informasi Vol. 2 No. 1. Universitas Kristen Maranatha. Bandung.

Sulastiyono, Agus. (2011). Manajemen Penyelenggaraan Hotel.Seri manajemen Usaha Jasa Sarana Pariwisata dan Akomodasi. Alfabeta, CV.

Tewari, Jatashankar (2009). Hotel Front Office Operation and Management. Oxford University Press. New Delhi.

Whitten, Jeffery., Bently, Lonnie. (2008). System Analysis and Design Methods, 7th edition. McGraw Hill. New York.

--------,Undang-Undang No. 10 Tahun 2009 Tentang Kepariwisataan.

Downloads

Published

2019-01-16

How to Cite

Purnomo, Y., & Kurniawan, W. B. (2019). Aplikasi Reservasi Kamar Hotel Untuk Praktikum Front Office Operations Pendidikan Pariwisata. CogITo Smart Journal, 4(2), 283–293. https://doi.org/10.31154/cogito.v4i2.131.283-293