Electronic Customer Relationship Management Berbasis Fuzzy Service Quality Untuk Peningkatan Pelayanan Pasien
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v3i1.51.123-131Abstract
Kualitas pelayanan memegang peranan yang sangat penting dari suatu organisasi atau perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pelayanan dari rumah sakit. Rumah Sakit Pelita Anugerah Mranggen selama ini masih berfokus pada peningkatan aspek fisik seperti perbaikan fasilitas gedung, rawat inap, penunjang jalan, dan kebersihan, namun peningkatan kualitas pelayanan masih belum maksimal dan belum melibatkan konsumen secara langsung. Rumah sakit juga masih mengalami kesulitan dalam pengukuran peningkatan pelayanan pasien. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen dan metode Service Quality untuk mengukur kualitas layanan sebagai pembanding persepsi para konsumen atas pelayanan yang diperoleh dengan pelayanan yang diharapkan, metode ini kemudian diterapkan dalam Electronic Customer Relationship Management. Hasil yang didapatkan adalah selama ini 75% konsumen rumah sakit memiliki tingkat kepuasan sedang dan masih terdapat kekurangan yang harus di perbaiki dari segi dimensi Reliability dan Empathy. Kata Kunci : Pelayanan, Rumah Sakit, Pasien, Fuzzy Tsukamoto, Service QualityReferences
Aditama, Tjandra Yoga. 2007. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia Press. Jakarta.
Pohan, Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Egc.
Agustin, Venny Riana (2015) Aplikasi Pengambilan Keputusan Dengan Metode Tsukamoto Pada Penetuan Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Vol.4 No 1 November 2015, Malang
Indriana Indriana Candra Dewi, Afiatin Nisak, Desyy Rizky K., Mega Ratri Eka L.D., “Penerapan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto Untuk Menentukan Kualitas Hotel”, Program Studi Informatika, Universitas Brawijaya, 2013-2014.
Ginanjar Abdurrahman, “Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Permintaan”, Program Studi Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.
Chaffey, Dave. (2011). E-Business And E-Commerce Management, 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).