Pengembangan IT Helpdesk Ticketing Sistem Berbasis Web di Universitas Klabat

Stenly Ibrahim Adam, Jimmy H Moedjahedy, Oktoverano Lengkong

Abstract


Helpdesk TI adalah perangkat lunak atau sistem yang membantu pengguna memecahkan masalah mereka melalui satu atau beberapa titik kontak. Kemudian, memungkinkan pengguna untuk memecahkan masalah, melacak masalah mereka, dan mendapatkan bantuan mengenai produk atau layanan. Universitas Klabat, dalam melaksanakan proses administrasi, pekerjaan di kantor, tidak lepas dari penggunaan IT, sehingga jika ada masalah terhadap perangkat IT pasti memerlukan bantuan dari departement IT. Namun ada beberapa masalah, diantaranya adalah departemen yang melaporkan gangguan dan kerusakan sering tidak tahu berapa lama masalah mereka akan ditangani karena proses antrian pekerjaan tidak terlihat jelas sehingga terkesan agak lambat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan sistem IT Helpdesk untuk pelaporan gangguan dan monitoring pekerjaan perbaikan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Sistem Development Lifecycle. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem yang dapat digunakan oleh departemen IT dalam membantu memonitor tugas dan pekerjaan yang masuk.

Full Text:

PDF

References


R. M. Bahrudin, M. Ridwan dan H. S. Darmojo, 2019, Penerapan Helpdesk Ticketing System Dalam Penangan Keluhan Penggunaan Sistem Informasi Berbasis Web, JUTIS, vol. 7, no. 1. hal. 71-82.

Ali Mustopa, 2017, Sistem Informasi IT-Helpdesk Pada Universitas Amikom Yogyakarta Berbasis Web, Jurnal Informatika dan Komputer (JIKO), vol. 2, no. 2, hal. 93 – 101.

S. Syofian dan A. Winandar, Aplikasi Helpdesk Mendukung Sistem Ticketing, Jurnal Teknologi Informasi, vol. 3, no. 1, hal. 1 – 6.

R. I. Manopo, H. Wowor, dan A. Lumenta, 2016, Perancangan Aplikasi Help Desk di UPT-TIK Unsrat, E-journal Teknik Informatika, vol. 9, no.1, hal. 57-63.

E. M. Sipayung, C. Fiarni dan E. Aditya, 2017, Perancangan Sistem Informasi Helpdesk Menggunakan Framework ITIL V3, JNTETI, vol. 6, no. 2.

Hendini A, 2016, Pemodelan UML Sistem Informasi Monitoring Penjualan dan Stok Barang, Jurnal Khatulistiwa Informasi, vol. 4, no. 2, hal. 107-116.

Pressman, R. S, 2005, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Palgrave Macmilan, London.

Rosa A. S dan M. Shalahuddin, 2013, Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek, Informatika, Bandung.

Ni Luh G. P. Suwirmayanti, I Komang A. A. Aryanto, I. G. A. Ngurah Wisrama Putra, Ni Kadek Sukerti dan R. Hadi, 2020, Penerapan Helpdesk System dengan Pengujian Black Box Testing, Jurnal Ilmiah Intech: Information Tech. J. Of UMUS, vol. 2, no. 2, hal. 55-64.

R. Somya dan M. Aprillia, 2019, Perancangan Aplikasi Push Notification Center dengan Teknologi Firebase Cloud Messaging di PT. Sumber Trijaya Lestari, Jurnal SIMETRIS, vol. 10, no. 1, hal. 211 – 222.

H. S. A. Nugroho, A. Sukmaji dan K. Jatmika, 2013, Sistem Informasi IT Help Desk Prioritas Kerja Berbasis Web (Studi Kasus: PT. Pelabuhan Indonesia III Cabang Tanjung Perak), Jurnal Sistem Informasi, vol. 2, no. 1, hal. 29-34.

W. D. Suryono, R. Saptono dan Wiranto, 2017, Implementasi Pengembangan Smart Helpdesk di UPT TIK UNS Menggunakan Algoritma Naïve Bayes Classifier, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), Yogyakarta, Agustus 5.

L. D. Fitriani dan R. V. H. Ginardi, 2018, Analysis Improvement of Helpdesk System Services Based on Framework COBIT 5 and ITIL 3rd Version (Case Study: DSIK Airlangga University), in the 4th International Seminar on Science and Technology, vol. 0, no. 1, hal. 28.

B. A. Suwito, 2018, Rancang Bangun Helpdesk Ticketing System CV. Garuda Cyber Indonesia Berbasis Android, Sistem Informasi Tugas Akhir, vol. 1, no. 1.

I. Wulandari dan A. Adil, 2020, Perancangan Aplikasi Helpdesk Pelayanan Lalu Lintas Berbasis Android, Jurnal Bumigora Inf. Techno. (BITe), vol. 2, no. 1, hal. 22-30.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v6i2.273.217-228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.