Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror

- David

Abstract


Game yang menjadi favorit dikalangan gamer adalah game bertipe FPS (First Person Shooter) dan bergenre horror. Penelitian ini merancang game bergenre horror dan bertipe FPS yang menjadi kombinasi yang sangat menarik untuk dikembangkan. Penulis akan mengembangkan game ini dengan menggunakan software Blender sebagai pembuatan terrain dalam game, bahasa pemrograman C# dan menggunakan Unity 3D 5.3 sebagai engine nya. Fitur dari game ini berupa misteri/teka-teki, petunjuk, dan jumpscare yaitu dimana pemain akan dikejutkan dengan suara, objek bergerak dan sebagainya. Metode perancangan perangkat lunak yang digunakan adalah Metode Pengembangan Multimedia Luther yang meliputi tahapan Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Hasil penelitian berupa sebuah game berjudul The Dead Corridor dengan tampilan First Person Shooter 3D setting Horror. Penilaian tingkat kemudahan permainan dapat disimpulkan berdasarkan pendapat responden secara keseluruhan yaitu permainan ini sangat mudah dimainkan.  Storyline pada game The Dead Corridor dinilai masih terlalu singkat, maka perlu untuk pengembangan Storyline selanjutnya dapat dibuat lebih rumit dan kompleks.

Kata kunci—Mobile Game, Android, Genre Horror, First Person Shooter, Metode Luther

Full Text:

PDF

References


. Feng, X., Chan, S., Brzezinski, J., & Nair, C. (2008). Measuring enjoyment of computer game play. AMCIS 2008 Proceedings, 306.

. Ivory, A. H., Fox, J., Waddell, T. F., & Ivory, J. D. (2014). Sex role stereotyping is hard to kill: A field experiment measuring social responses to user characteristics and behavior in an online multiplayer first-person shooter game. Computers in Human Behavior, 35, 148-156.

. Madsen, K. E. (2016). The differential effects of agency on fear induction using a horror-themed video game. Computers in Human Behavior, 56, 142-146.

. Nacke, L. E., Grimshaw, M. N., & Lindley, C. A. (2010). More than a feeling: Measurement of sonic user experience and psychophysiology in a first-person shooter game. Interacting with Computers, 22(5), 336-343.

. Chittaro, L., & Sioni, R. (2015). Serious games for emergency preparedness: Evaluation of an interactive vs. a non-interactive simulation of a terror attack. Computers in Human Behavior, 50, 508-519.

. Fidiyanto, D., Listyorini, T., & Nurkamid, M. (2015). Game Sejarah Perjuangan Kapitan Patimura Berbasis Android. Prosiding SNATIF, 21-28.

. Darmawan, Aspian., Kurniawan, Mei P. (2016). Perancangan dan Pembuatan Game Survival Horror "I Found You" Menggunakan Unity 3D Game Engine. Naskah publikasi, STMIK Amikom Yogyakarta. http://repository.amikom.ac.id/files/Publikasi_11.12.5659.pdf

. Binanto, I. (2010). Multimedia Digital-Dasar Teori dan Pengembangannya. Penerbit Andi.

. Slendrina:The Cellar (free), https://play.google.com/store/apps/details?id=com.dvloper. slendrinacellarfree, diakses pada tanggal 6 Juni 2016.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons