Identifikasi Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mahasiswa Ilmu Komputer Dalam Mempelajari dan Menggunakan Framework Pemrograman

Reymon Rotikan, Andrew Christian Aseng

Abstract


Pemrograman merupakan salah satu aspek penting di bidang ilmu komputer, dan sudah seharusnya mahasiswa yang mengambil program studi komputer untuk dapat melakukan kegiatan pemrograman untuk membuat sebuah program atau aplikasi. Saat ini sudah banyak framework pemrograman yang dibuat dan dikembangkan dengan tujuan untuk mempermudah proses pembuatan aplikasi, namun masih banyak mahasiswa yang mengalami kesulitan dalam memanfaatkan framework pemrograman ini. Penelitian ini dibuat untuk mengetahui faktor-faktor apa saja mempengaruhi niat mahasiswa menggunakan framework pemrograman dengan menggunakan model UTAUT dengan analisis regresi untuk pengujian statistik. Hasil penelitian didapati bahwa faktor-faktor performance expectancy, effort expectancy, social influence, dan facilitating conditions mempengaruhi behavioral intention dari mahasiswa untuk menggunakan framework pemrograman dengan nilai 0,002. Demikian juga behavioral intention memiliki pengaruh signifikan terhadap perilaku (use behavior) mahasiswa dengan nilai signifikansi 0,001.

 

Kata kunci framework, pemrograman, utaut, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


TIOBE, I., 2017 Tiobe Index. Retrieved from Tiobe Index: https://www.tiobe.com/tiobe-index/.

Derus, S. R., & Ali, A. Z., 2012, Difficulties in learning programming: views of students. 1st International Conference on Current Issues in Education. Yogyakarta.

Carbone, A., Mitchell, I., Gunstone, D., & Hurst, J., 2009, An Exploration of Internal Factors Influencing Student Learning of. 11th Australasian Computing Education Conference. New Zealand.

Venkatesh, V., Morris, M. G., Davis, G. B., & Davis, F. D., 2003, User Acceptance of Information Technology: Toward a Unified View. MIS Quarterly, 425-478.

Attuquayefio, S. N., Addo, H., 2014, Using the UTAUT model to analyze students’ ICT adoption. International Journal of Education and Development using Information and Communiation Technology, Vol. 10, Issue 3, pp. 75-86.

Sekarini, Y. A., Meiranto, W., 2014, ANALISIS PENGARUH MINAT PEMANFAATAN DAN PENGGUNAAN SISTEM INFORMASI TERHADAP KINERJA INDIVIDU DENGAN MENGGUNAKAN UTAUT MODEL (Studi pada PT. Pertamina (persero) Upms IV). Diponegoro Journal of Accounting, Vol. 3, No. 1, hal. 1-15.

Bendi, R. K. J., Andayani, S., 2013, Analisis Perilaku Penggunaan Sistem Informasi Menggunakan Model UTAUT. SEMINAR NASIONAL TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI TERAPAN 2013 (SEMANTIK 2013), Semarang, 16 November 2013.

Wu, M. Y., Yu, P. Y., Weng, Y. C., 2012, A Study on User Behavior for I Pass by UTAUT: Using Taiwan’s MRT as an Example. Asia Pacific Management Review, Vol. 17, Issue 1, pp. 91-111.

Salim, Bashar., 2012, An Application of UTAUT Model for Acceptance of Social Media in Egypt: A Statistical Study. International Journal of Information Science, Vol. 2, Issue 6, pp. 92-105.

Kurniawan, A. R., Indrawati, Djatmiko, T., 2016, ANALISIS FAKTOR-FAKTOR MINAT KONSUMEN MENGGUNAKAN APLIKASI GO-JEK. Universitas Telkom, Bandung.

Indahyanti, U., Djunaidy, A., 2001, PENGUKURAN PENERIMAAN INSTRUKTUR TERHADAP TEKNOLOGI LEARNING MANAGEMENT SYSTEM MENGGUNAKAN MODIFIKASI MODEL UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY (UTAUT). Jurnal SISFO: Inspirasi Professional Sistem Informasi, Vol. 4, No. 4, hal. 242-252.

Sedana, I Gusti Nyoman, Wijaya, St. Wisnu, 2009, PENERAPAN MODEL UTAUT UNTUK MEMAHAMI PENERIMAAN DAN PENGGUNAAN LEARNING MANAGEMENT SYSTEM STUDI KASUS: EXPERENTIAL E-LEARNING OF SANATA DHARMA UNIVERSITY. Jurnal Sistem Informasi, Vol. 5, No. 2, hal. 114-120.

Tan, Paul Juinn Bing, 2013, Applying the UTAUT to Understand Factors Affecting the Use of English E-Learning Websites in Taiwan. SAGE Open.

Akinola, O. S., & Nosiru, K. A. (2014). FACTORS INFLUENCING STUDENTS’ PERFORMANCE IN COMPUTER PROGRAMMING: A FUZZY SET OPERATIONS APPROACH. International Journal of Advances in Engineering & Technology, 1141-1149.

Lishinski, A., Yadav, A., Good, J., & Enbody, R. (2016). Learning to Program: Gender Differences and Interactive Effects of Students’ Motivation, Goals, and Self-Efficacy on Performance. ICER '16 (pp. 211-220). Melbourne: ACM.

Barker, L. J., McDowell, C., & Kalahar, K. (2009). Exploring Factors that Influence Computer Science Introductory Course Students to Persist in the Major. ACM SIGCSE Bulletin. ACM.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v5i1.155.79%20-%2088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.