Pemilihan Marketplace Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus: Kota Curup, Rejang Lebong, Bengkulu

Authors

  • Rizki Eka Wahyuni UNIVERSITAS GUNADARMA
  • Ana Kurniawati Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v9i2.492.317-327

Keywords:

Marketplace, SAW, Rangking

Abstract

Pada era marketplace yang sedang berkembang pesat saat ini, sangat memudahkan masyarakat untuk berbelanja kebutuhan sehari-hari dan tidak perlu repot untuk pergi berbelanja keluar rumah, ke pasar maupun ke mal. Dengan banyaknya pilihan aplikasi marketplace yang beredar di Indonesia tentu saja membuat para pengguna memiliki banyak pilihan untuk berbelanja pada marketplace sesuai dengan kebutuhan masing-masing pengguna. Penelitian ini bertujuan untuk memudahkan para pengguna marketplace atau para konsumen untuk menentukan marketplace terbaik yang akan mereka gunakan berdasarkan kriteria-kriteria yang telah ditentukan untuk memilih salah satu marketplace terbaik pada Kota Curup, Kabupaten Rejang Lebong, Bengkulu. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan metode SAW diperoleh bahwa marketplace Tokopedia (A1) mendapat rangking pertama dengan nilai tertinggi yaitu sebesar 0,97, nilai tertinggi kedua atau ranking kedua diperoleh oleh marketplace Blibli (A5) dengan nilai sebesar 0,92, nilai tertinggi ketiga atau ranking ketiga diperoleh oleh marketplace Shopee (A2) dengan nilai sebesar 0,91, nilai tertinggi keempat atau ranking keempat diperoleh oleh marketplace Bukalapak (A4) dengan nilai sebesar 0,90, dan nilai terendah atau ranking terakhir diperoleh oleh marketplace Lazada (A3) dengan nilai 0,86.

References

Yoga, S. (2019). Perubahan Sosial Budaya Masyarakat Indonesia Dan Perkembangan Teknologi Komunikasi. Jurnal Al-Bayan, 24(1), 29-46. Diambil kembali dari https://doi.org/10.22373/albayan.v24i1.3175

Katadata. (2022, 12). katadata.co.id. Diambil kembali dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/12/22/indonesia-masuk-daftar-10-negara-pengguna-internet-terbesar-di-asia

The Nielsen Company. (2020, Desember 31). Race Against: A Deep Dive On How Indonesian Consumers Are Reacting To The Virus. Diambil kembali dari The Nielsen Company: https://www.nielsen.com/

Yustiani, R., & Yunanto, R. (2017). Peran Marketplace Sebagai Alternatif Bisnis Di Era Teknologi Informasi. Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer Dan Informatika, 6(2), 43-48. Diambil kembali dari https://doi.org/10.34010/komputa.v6i2.2476.

Kemenperin.go.id. (2017). Industry 4.0 Tingkatkan Produktivitas, Tenaga Kerja, dan Pasar. Diambil kembali dari Kemenperin.go.id: https://www.kemenperin.go.id/artikel/17503/I ndustry-4.0-Tingkatkan-Produktivitas,- Tenaga-Kerja,-dan-Pasar

Rosiana, I., Surindra, B., & Prastyaningtyas, E. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kepercayaan Dan Promosi Terhadap Minat Beli Mahasiswa Pada Belanja Online Shopee. Seminar Nasional Manajemen Ekonomi Dan Akuntansi, 6(1), 684-691.Diambil kembali dari https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/senmea/article/view/963

Setiawan, M., Rachman, & Desiana. (2022). Pengaruh Kepercayaan, Tampilan, Dan Promosi Terhadap Keputusan Pemilihan Aplikasi Marketplace. Jurnal Infortech, Vol 4 No.2(E-ISSN2715-8160),139-147.Diambil kembali dari http://ejournal.bsi.ac.id/ejurnal/index.php/infortech

Mita, M., Pranatasari, F., & Kristia, K. (2022). Analisis Pengaruh Harga, Kemudahan Penggunaan, Dan Ulasan Konsumen Daring Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace Shopee. INOBIS : Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 4(4), 548-557. Diambil kembali dari https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v4i4.204

Khotimah, K., & Febriansyah. (2018). Pengaruh Kemudahan Penggunaan, Kepercayaan Konsumen & Kreativitas Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Onlineshop. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, Vol 1, No 1, 21.

Kevin, K., Mulyawan, B., & Perdana, N. (2019). Perbandingan Metode AHP Dan SAW Dalam Menentukan Calon Karyawan. Jurnal Ilmu Komputer Dan Sistem Informasi, 7(2), 196-199. Diambil kembali dari https://journal.untar.ac.id/index.php/jiksi/article/viewFile/7376/4889

Ningtyas, R., & Suyatno, D. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Bantuan Langsung Tunai Pada Masa Pandemi Covid 19 Menggunakan Perbandingan Metode Simple Additive Weighting dan Fuzzy Berbasis Website (Studi Kasus : Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar). Journal Of Emerging Information System And Business Intelligence (JEISBI), 2(2), 56-65. Diambil kembali dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/JEISBI/article/view/39672

Nardiono, N. (2017). Komparasi Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Metode Weighted Product (WP) Dalam Menentukan Karyawan Terbaik (Studi Kasus: PT. Matrixnet Global Indonesia). Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 2(1), 25-33. Diambil kembali dari https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/769282

Ginting, J. V. (2020). Penerapan Sistem Pendukung Keputusan Dalam Menentukan E-Commerce Terbaik Dengan Menggunakan Metode SAW. Jurnal Media Informatika Budidarma, 4(1), 225-228. doi:http://dx.doi.org/10.30865/mib.v4i1.1986

Mahendra, G., & Nugraha, P. (2020). Komparasi Metode AHP-SAW Dan AHP-WP Pada SPK Penentuan E-Commerce Terbaik Di Indonesia. JUSTIN (Jurnal Sistem Dan Teknologi Informasi), 8(4), 346-356. doi:http://dx.doi.org/10.26418/justin.v8i4.42611

Novianti, D., & Yanto, A. (2019). Sistem Penunjang Keputusan Pemilihan Laptop Menggunakan Metode Simple Additive Weighting . Jurnal Teknologi Informatika Dan Komputer, 5(2), 70-75. doi:https://doi.org/10.37012/jtik.v5i2.177

Ahlamiyah, Q., Handayani, R. I., & Cahyanti, F. D. (2022). Komparasi Pemilihan Platform Belanja Online Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Dan Profile Matching. Bianglala Informatika, Vol 2 No. 2, 96-103.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Alfabeta.

Hair JR, J. (2010). Multivareatedata Analysis Seventh Edition . Indonesia-Investments.

Kriyantono, R. (2014). Teknik Praktis Riset Komunikasi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Insight Price. (2022, Desember 31). 10 E-commerce Dengan Pengunjung Web Tertinggi Kuartal II 2022. Diambil kembali dari IPrice: https://iprice.co.id/insights/mapofecommerce/

Susanto, A., & Purnomo, A. (2022). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Penjualan Helm Menggunakan Metode Simple Additive Weighting (SAW) (Studi Kasus: Gallery Helm Jogja). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi Bisnis- JTEKSIS, 4(1), 20-34. doi:https://doi.org/10.47233/jteksis.v4i1.346

Published

2023-12-29

How to Cite

Wahyuni, R. E., & Kurniawati, A. (2023). Pemilihan Marketplace Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Studi Kasus: Kota Curup, Rejang Lebong, Bengkulu. CogITo Smart Journal, 9(2), 317–327. https://doi.org/10.31154/cogito.v9i2.492.317-327