Mengukur Tingkat Kematangan Pelayanan Publik Cerdas Command Center (C3) Menggunakan COBIT 5.0 Pada PEMKOT MANADO

Authors

  • Edson Yahuda Putra Universitas Klabat
  • Heintje Nelson Lombone Pemerintah Kota Manado
  • Habell Dolosha Purba Universitas Klabat
  • Michiro Chinsi Gosal Universitas Klabat
  • Sanora Indriani Br Sitepu Universitas Klabat

DOI:

https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.275.298-309

Abstract

Tata kelola teknologi informasi (TI) merupakan bagian penting dalam suatu organisasi agar sasaran dan harapan dari tujuan penerapan TI dapat tercapai. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kematangan tata kelola TI dari pelayanan publik Cerdas Command Center (C3). Pengukuran tingkat kematangan dari pelayanan publik C3 ini menggunakan framework COBIT 5.0 pada domain EDM, APO, dan DSS. Metode pengumpulan data untuk dapat mengetahui tingkat kematangan pada masing-masing domain dilakukan dengan wawancara secara langsung. Hasil yang didapat dari domain EDM dan APO yaitu mencapai level 3 (Established Process) dimana kedua domain ini memiliki hasil level tertinggi dari ketiga domain yang dipakai pada penelitian ini, sedangkan untuk domain DSS hanya mencapai level 2 (Managed Process). Dari masing-masing level yang diperoleh, semua proses pengerjaan pada TI di C3 baru sampai pada tahap perencanaan dan pelaksanaan saja dan C3 belum memiliki Standar Operasional Prosedur untuk dapat mengatur proses pengerjaan yang dilakukan, hal ini menyebabkan tingkat kematangan dari masing-masing domain yang digunakan belum bisa mencapai level selanjutnya.

Author Biography

Heintje Nelson Lombone, Pemerintah Kota Manado

Kominfo Manado

References

I. S. Bianchi, R. D. Sousa, R. Pereira dan E. Luciano, “IT Governance Structures in Brazilian, Dutch and Portuguese Universities,” Procedia Computer Science, pp. 927-933, 2017.

E. S. Cuoto, M. F. C. Lopes dan R. D. Sousa, “Can IS/IT Governance Contribute for Business Agility?,” Procedia Computer Science, no. 64, pp. 1099-1106, 2015.

A. Meijer dan M. P. R. Bolivar, “Governing The Smart City: A Review of The Literature On Smart Urban Governance,” International Review of Administrative Sciences, vol. 82(2), pp. 392-408, 2016.

International Standards Organization (ISO), “ISO/DIS 37122(en) - Sustainable development in communities — Indicators for Smart Cities,” 2019. [Online]. Available: https://www.iso.org/obp/ui/#iso:std:iso:37122:dis:ed-1:v1:en. [Diakses 10 March 2020].

C. E. W. Utomo dan M. Hariadi, “Strategi Pembangunan Smart City dan Tantangannya Bagi Masyarakat Kota,” Jurnal Strategi dan Bisnis, vol. 4, no. 2, pp. 159-176, 2016.

J. S. City, “Jakarta Smart City,” 2016. [Online]. Available: https://smartcity.jakarta.go.id/blog/33/berbagai-informasi-jakarta-kini-ada-di-jakarta-smart-city. [Diakses 20 March 2020].

Rachman, “SoloPos.com,” 19 January 2015. [Online]. Available: https://www.solopos.com/foto-bandung-smart-city-command-center-beroperasi-bandung-menuju-smart-city-569424. [Diakses 20 March 2020].

ISACA, COBIT: A Business Framework for the Governance and Management of Enterprise IT, COBIT, 2012.

MANAJEMEN-TI, “Migrasi ke COBIT 5: Mengapa dan Kapan?,” MTI, 29 August 2013. [Online]. Available: https://manajemen-ti.com/blog/migrasi-ke-cobit-5-mengapa-dan-kapan/. [Diakses 14 05 2020].

T. S. Agoan, H. F. Wowor dan S. Karouw, “Analisis Tingkat Kematangan Teknologi Informasi Pada Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Manado Menggunakan Framework COBIT 5 Domain Evaluate, Direct, and Monitor (EDM) dan Deliver, Service, and Support (DSS),” E-Journal Teknik Informatika, vol. 10, no. 1, 2017.

N. S. Edam, S. Pangemanan dan J. Kairupan, “EFEKTIVITAS PROGRAM CERDAS COMMAND CENTER SEBAGAI MEDIA INFORMASI MASYARAKAT DALAM RANGKA PELAYANAN PUBLIK (Studi di Kantor Walikota Manado),” Jurnal Jurusan Ilmu Pemerintahan, vol. 1, no. 1, 2018.

G. Mangalaraj, A. Singh dan A. Taneja, “IT Governance Frameworks and COBIT - A Literature Review,” Twentieth Americas Conference on Information Systems, 2014.

ISACA, COBIT 5: Enabling Process, USA: ISACA, 2012.

ISACA, COBIT 5: Process Assessment Model, USA: ISACA, 2012.

T. Kristanto, L. A. Lestari dan S. , “ANALISIS TINGKAT KEMATANGAN E-GOVERNMENT MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5 (STUDI KASUS: DINAS PERDAGANGAN DAN PERINDUSTRIAN KOTA SURABAYA),” Seminar Nasional Sistem Informasi Indonesia, 2016.

A. K. Darmawan dan A. Dwiharto, “PENGUKURAN CAPABILITY LEVEL KUALITAS LAYANAN E-GOVERNMENT KABUPATEN PAMEKASAN MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 5.0,” INTENSIF: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Penerapan Teknologi Sistem Informasi, vol. 3, no. 2, pp. 93-103, 2019.

J. Raco, Metode Penelitian Kualitatif: Jenis, Karakteristik dan Keunggulannya, 2018.

Downloads

Published

2020-12-11

How to Cite

Putra, E. Y., Lombone, H. N., Purba, H. D., Gosal, M. C., & Sitepu, S. I. B. (2020). Mengukur Tingkat Kematangan Pelayanan Publik Cerdas Command Center (C3) Menggunakan COBIT 5.0 Pada PEMKOT MANADO. CogITo Smart Journal, 6(2), 298–309. https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.275.298-309