RANCANG BANGUN SISTEM E-DISCUSSION UNTUK MAHASISWA KOTA LUBUKLINGGAU
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v6i2.262.310-322Abstract
Diskusi merupakan suatu metode atau cara mengajar dengan cara memecahkan masalah yang dihadapi, baik atau lebih, dimana setiap peserta diskusi berhak mengajukan argumentasinya untuk memperkuat pendapatnya. Dalam perkuliahan, metode diskusi digunakan oleh dosen sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa serta sebagai sarana membentuk pola fikir mahasiswa dengan menyajikan kasus-kasus yang belum pernah dialami mahasiswa. Dalam berdiskusi, mahasiswa dibagi dalam beberapa kelompok kemudian mempresentasikan hasil pembahasan kelompok mereka didepan kelas. Kebutuhan akan informasi dan referensi bagi mahasiswa menjadi kendala tersendiri setiap perguruan tinggi. Fasilitas perpustakaan yang kurang lengkap dan lebih menjurus ke program studi yang ada diperguruan tinggi menyebabkan mahasiswa kesulitan mendapatkan refensi data yang dibutuhkan. E-Discussion mengumpulkan mahasiswa dalam sebuah ruangan atau forum untuk memecahkan permasalahan. Mahasiswa dapat menentukan topik diskusi sehingga mahasiswa lain dapat memberikan masukkan maupun jawaban dari permasalahan tersebut. Rancangan E-Discussion ini menggunakan model UML yang terdiri dari usecase diagram, activity diagram, sequence diagram dan class diagram. Dengan menggunakan model UML pembangunan sistem ini akan memperudah dalam proses pembuatannya dan setelah pembuatan sistem ini dapat membantu mahasiswa melakukan komonukasi dan belajar dengan mahasiswa lain di perguruan tinggiReferences
Q. Aini, U. Rahardja, R. Supriyati, and A. Khoirunisa, “Pengaruh Mailing Groups Sebagai Media Diskusi Dalam Motivasi Belajar Mahasiswa,” J. Media Inform. Budidarma, vol. 3, no. 1, p. 24, 2019.
B. Sinaga, “Perancangan Dan Pembuatan Sistem Informasi Forum Diskusi Mahasiswa / I Berbasis Web Di Stmik Pelita Nusantara Medan,” vol. 18, no. 2, pp. 58–63, 2015.
M. MUDJAHIDIN and N. DITA PAHANG PUTRA, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web,” J. Tek. Ind., vol. 11, no. 1, p. 75, 2017.
D. Etika Profesi and Henderi, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI KEPEGAWAIAN MENGGUNAKAN UNIFIED MODELING LANGUAGE (UML) Analysis And Design Of Employee Information System Use Unified Modeling Language (UML),” Ijccs, vol. x, No.x, no. 1, pp. 22–33, 2018.
Suendri, “Implementasi Diagram UML (Unified Modelling Language) Pada Perancangan Sistem Informasi Remunerasi Dosen Dengan Database Oracle (Studi Kasus: UIN Sumatera Utara Medan),” J. Ilmu Komput. dan Inform., vol. 3, no. 1, pp. 1–9, 2018.
W. Kurniawan, A. Suprianto, and B. Sumardiyono, “Rancangan Sistem Forum Diskusi Online Untuk Program Studi Sistem Informasi Antara Dosen Dan Mahasiswa,” J. Rekayasa Inf., vol. 5, no. 2, pp. 43–51, 2016.
Zulkifli, “Rancangan Bangun Website E-Learning Dengan Pemodelan UML,” Intecoms J. Inrmation Technol. anda Comput. Sci., vol. 1, no. 1, pp. 430–439, 2018.
S. Fatmawati, “Efektivitas Forum Diskusi Pada E-Learning Berbasis Moodle Untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar,” Refleks. EDUKATIKA J. Ilm. Kependidikan, vol. 9, no. 2, pp. 211–216, 2019.
R. A. Ratih Wahyuningrum, “Sistem Forum Diskusi Online Warga RW 02 Kelurahan Jati Kecamatan Pulogadung Jakarta Timur,” Raiu Juournal Coumputer Sci., vol. 4, no. 1, pp. 36–54, 2017.
T. A. Kurniawan, “Pemodelan Use Case (UML): Evaluasi Terhadap beberapa Kesalahan dalam Praktik,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 5, no. 1, p. 77, 2018.
F.- Sonata, “Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer,” J. Komunika J. Komunikasi, Media dan Inform., vol. 8, no. 1, p. 22, 2019.
Martin Fowler, “Activity , Use case diagram,” vol. 3, no. 2, pp. 159–166, 2014.
Q. J. A. Mara Destiningrum, “Sistem Informasi Penjadwalan Dokter Berbassis Web Dengan Menggunakan Framework Codeigniter (Studi Kasus: Rumah Sakit Yukum Medical Centre),” Teknoinfo, vol. 11, no. 2, pp. 6–13, 2017
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2020 CogITo Smart Journal

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).