Aplikasi Pemilihan Fakultas di Universitas Klabat Bagi Calon Mahasiswa Menggunakan Metode DSS Fuzzy
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.109.131-147Abstract
Memilih fakultas sebagai kelanjutan dari para peserta didik di tingkat SMA yang telah tamat, tidaklah semudah yang diharapkan hal ini disebabkan untuk mencocok minat yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimiliki dari setiap peserta didik. Berdasarkan hal tersebut maka, dirasa perlu untuk memberikan arahan secara pasti kepada peserta didik kelas XII tersebut untuk dapat memilih fakultas yang akan diambil. Untuk itu pada penelitian ini peneliti menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan analisis kemampuan dari peserta didik kelas XII tersebut untuk mendapatkan minat yang sesuai berdasarkan prestasi akademik selama 3 tahun (6 semester). Nilai yang diperoleh tersebut diolah dengan menggunakan analisis Decision Support System (DSS) yang diterapkan pada metode Fuzzy pada perhitungan Simple Additive Weight (SAW) untuk mengetahui secara kuantitatif kemampuan dari peserta didik tersebut, dengan menarik bobot kemampuan akademik yang dimiliki peserta didik tersebut untuk mendapatkan fakultas yang sesuai dengan karakteristik bidang ilmu yang menjadi kekuatannya. Dari sinilah sistem akan menyarankan minat kepada peserta didik tersebut untuk mendapatkan fakultas yang sesuai dengan kemampuan akademik yang dimilikinya. Untuk memastikan bahwa aplikasi peminatan yang diperoleh pada aplikasi dapat dibangun, maka digunakan rekayasa perangkat lunak menggunakan metode Spiral. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem keputusan yang dibangun dapat memberikan saran dalam memilih fakultas berdasarkan kemampuan akademis yang dimiliki calon mahasiswa yang bersumber dari nilai akademik SMA semester 1 – 6 dengan menggunakan perhitungan SAW yang diimplementasikan kedalam website. Keywords : Fuzzy, DSS, SAW, Metode Spiral, Aplikasi Penentu Program StudiReferences
F. Semang, "Pentingnya Pendidikan Bagi Semua Orang," Kompasiana, [Online]. Available: https://www.kompasiana.com/faica18/pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang. [Accessed 28 04 2018].
A.T. Rahmadani, dan M. Arif, "Pengaruh Faktor Internal Dan Faktor Eksternal Terhadap Minat Siswa Memilih Jurusan Ips Di Kelas Xi Sma Negeri 1 Kotapinang Kabupaten Labuhanbatu Selatan.," Jurnal Geografi, vol. 9, no.1, pp. 1-10, 2017.
Admin, "Manfaat Sistem Pendukung Keputusan," [Online]. Available: http://www.sistemphp.com/manfaat-sistem-pendukung-keputusan/. [Accessed 29 04 2018].
J. D. Marek dan R. R. Flynn, Decision Support System, New York: Marcel Dekker, Inc, 2002.
A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA, Yogyakarta, Indonesia, Andi Ofset, 2009.
Bruegge, dan H. D. Allen, Object Oriented Software Engineering, USA: Pearson Education. Inc, 2004.
Bayuaji, "Unified Modelling Language (UML)", [Online], Available:http://bayuaji.staff.gunadarma.ac.id/Downloads/files/32096/UML.pdf.
M. Fowler, UML Distilled 3th ed, Abrief Guide to the Standard Object Modelling Language, Pearson Education, 2004.
J. Simarmata, Rekayasa Web, Yogyakarta, Indonesia, Andi Offset, 2014.
Sri Eniyati, "Perancangan Sistem Pendukung Pengambilan Keputusan untuk Penerimaan Beasiswa dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting)," Jurnal Teknologi Informasi DINAMIK, vol. 16, No.2, Juli 2011, pp. 1-7.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).