Virtual Reality 360 Interaktif Wisata Digital Kota Tomohon dengan Tampilan Stereoscopic
DOI:
https://doi.org/10.31154/cogito.v4i1.106.104-112Abstract
Kota Tomohon atau yang dikenal sebagai Kota Bunga adalah salah satu kota di Provinsi Sulawesi Utara yang memiliki potensi wisata yang tinggi. Kota Tomohon memiliki daya Tarik wisatawan sehingga memberi pengaruh penting dalam perkembangan kota. Penyajian informasi yang menarik dan mudah sangat penting untuk wisata di Kota Tomohon. Penyajian informasi yang menarik dapat mendatangkan wisatawan lokal maupun mancanegara. Oleh karena itu, penelitian ini mengembangkan aplikasi smartphone yang dapat memberikan informasi dari objek wisata yang ada di Kota Tomohon dengan teknologi virtual reality. Untuk menampilkan objek wisata digunakan gambar panoramic 360° dengan sudut pandang luas (360 derajat). Teknologi ini memungkinkan pengguna dapat mengunjungi lokasi wisata secara virtual. Dalam penggunaan, penelitian ini memerlukan VR headset sebagai perangkat untuk visualisasi tampilan stereoscopic. Sistem dirancang menggunakan metode spiral sebagai proses model dan menggunakan Unity3D dalam pembangunan aplikasi. Antarmuka dapat di jalankan di operating system Android. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman C#.Keywords : Smartphone, Virtual Reality, Panoramic 360, wisata virtual, VR headset, Stereoscopic, Android.References
“Kota Tomohon – Situs Resmi Pemerintah Kota Tomohon.” [Online]. Available: https://tomohon.go.id/. [Accessed: 06-Jun-2018].
C. Hooijdonk, W. Bosma, E. Krahmer, A. Maes, and M. Theune, Experiments in Multimodal Information Presentation. 2011.
P. E. Berger, J. P. Matsuura, A. Barrios, P. Hopkins, M. T. Wagner, and M. Weston, Analyzing The Benefits Of Utilizing 360 Panoramic Photo Survey Technology On A Shell Offshore Platform. 2014.
Y. P. Edson, A. Wahyudi, and C. Dumingan, “A Proposed Combination of Photogrammetry, Augmented Reality and Virtual Reality Headset for heritage visualisation,” in 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Lombok, Indonesia, 2016, vol. 1, pp. 43–48.
A. Wahyudi, P. Adam, and G. Jesyriviano, “Virtual Reality of Historical Places in North Sulawesi,” CogITo Smart J., vol. 3, no. 1, pp. 32–41, Jul. 2017.
R. A. Sahulata, A. Wahyudi, B. G. Wuwungan, and M. A. Nayoan, “Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android,” CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, pp. 204–215, Dec. 2016.
A. Osman, N. Abdul Wahab, and M. H. Ismail, Development and Evaluation of an Interactive 360 Virtual Tour for Tourist Destinations, vol. 9. 2009.
X. Liu, Q. Xiao, V. Gopalakrishnan, B. Han, F. Qian, and M. Varvello, 360° Innovations for Panoramic Video Streaming. 2017.
R. S. Pressman, Rekayasa perangkat lunak : pendekatan praktisi. Yogyakarta : Andi, 2002.
“Unity - Game engine, tools and multiplatform,” 20-Jun-2017. [Online]. Available: https://unity3d.com/unity. [Accessed: 20-Jun-2017].
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).