Daya Tarik Marketplace bagi Generasi Z di Masa Pandemi COVID-19

Andrew Christian Aseng, Lanemey Brigitha Pandeirot

Abstract


Perkembangan marketplace yang semakin pesat ditambah meningkatnya transaksi di marketplace karena pandemi COVID-19 serta proyeksi bahwa generasi Z (gen Z) akan berperan penting dalam perkembangan transaksi secara online membuat topik ini menarik untuk dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mencari tahu apa yang menjadi daya tarik dari marketplace bagi gen Z terlebih di masa pandemi COVID-19. Penyusunan instrumen penelitian berdasarkan tinjauan literatur terkait dan wawancara intensif ke beberapa mahasiswa dari gen Z. Kuesioner dengan 34 butir pertanyaan disebarkan secara online kepada 374 gen Z. Data kemudian dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan exploratory factor analysis. Hasil pemfaktoran diperoleh ada empat faktor daya tarik marketplace bagi gen Z pada masa pandemi ini, yaitu: faktor pengiriman dan jaminan keamanan, faktor ketersediaan barang dan popularitas, faktor kemudahan bertransaksi, dan faktor aksesibilitas. Beberapa saran dan rekomendasi diberikan sehubungan dengan hasil yang diperoleh kepada penyedia marketplace maupun gen Z dan juga untuk penelitian selanjutnya.

Kata kunci— marketplace, gen Z, daya tarik, pandemi COVID-19.

Full Text:

PDF

References


Lidwina, A., 2021, Penggunaan e-commerce Indonesia tertinggi di dunia, Katadata.co.id, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/04/penggunaan-e-commerce-indonesia-tertinggi-di-dunia, di akses tgl 8 September 2021.

Pink, B., 2020, BI sebut nilai transaksi e-commerce sepanjang 2019 meningkat drastis, Kontan.co.id, https://nasional.kontan.co.id/news/bi-sebut-nilai-transaksi-e-commerce-sepanjang-2019-meningkat-drastis?page=1, diakses tanggal 8 September 2021.

Zuraya, N., 2021, Infografis marketplace paling laris di Indonesia, Republika.co.id, https://www.republika.co.id/berita/qt8i7v383/infografis-marketplace-paling-laris-di-indonesia. Diakses tanggal 8 September 2021.

Burhan, F. A., 2020, Riset KIC: Perempuan lebih sering belanja di e-commerce ketimbang pria, Katadata.co.id, https://katadata.co.id/agustiyanti/digital/5f297dd1ae890/riset-kic-perempuan-lebih-sering-belanja-di-e-commerce-ketimbang-pria, diakses tanggal 8 September 2021.

Muazam, A. R., 2020, Transaksi e-commerce didominasi generasi Z dan milenial, Alinea.id, https://www.alinea.id/bisnis/bukalapak-dan-tokopedia-ancam-blokir-jual-obat-di-atas-het-b2c6c94C4, diakses tanggal 9 September 2021.

Lidwina, A., 2021, Gaji generasi Z dan milenial banyak dibelanjakan di e-commerce, Katadata.co.id, https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/06/09/gaji-generasi-z-dan-milenial-banyak-dibelanjakan-di-e-commerce, diakses tanggal 8 September 2021.

Nabila, M., 2021, Statistik perkembangan industri e-commerce sepanjang 2020, Dailysocial.id, https://dailysocial.id/post/statistik-perkembangan-industri-e-commerce-sepanjang-2020, diakses tanggal 9 September 2021.

e-Conomy SEA, 2020, At full velocity: Resilient and racing ahead, Indonesia, https://storage.googleapis.com/gweb-economy-sea.appspot.com/assets/pdf/Indonesia-e-Conomy_SEA_2020_Country_Insights.pdf, diakses tanggal 8 September 2021.

Meodia, A., 2020, Ada 12 juta pengguna baru “e-commerce” selama pandemi, Antaranews.com, https://www.antaranews.com/berita/1821308/ada-12-juta-pengguna-baru-e-commerce-selama-pandemi, diakses tanggal 9 September 2021.

Hanifah, N., dan Rahadi, D. R., 2020, Analisis perilaku konsumen dalam memutuskan pembelian secara online pada masa pandemi COVID-19, SULTANIST: Jurnal Manajemen dan Keuangan, No.2, Vol.8, 112-122. doi: https://doi.org/10.37403/sultanist.v8i2.206

Dinisari, M. C., 2021, 150 juta orang Indonesia punya akun e-commerce, 92 jutanya generasi Z, Bisnis.com, https://lifestyle.bisnis.com/read/20210327/220/1373309/150-juta-orang-indonesia-punya-akun-ecommerce-92-jutanya-generasi-z, diakses tanggal 8 September 2021.

Somantri, B., 2021, 4 fakta gen Z dominasi belanja online di masa COVID 19, Ryusei Dailywear, https://ryusei.co.id/blogs/news/4-fakta-gen-z-dominasi-belanja-online-di-masa-covid-19, diakses tanggal 8 September 2021

Rakhmawati, N. A., Permana, A. E., Reyhan, A. M., dan Rafli, H, 2021, Analisa transaksi belanja online pada masa pandemi COVID-19, Jurnal Teknoinfo, No.1, Vol. 15, 32-37. doi: https://doi.org/10.33365/jti.v15i1.868

Wibowo, R. A., 2015, Kesuksesan e-commerce (onlineShopping) melalui trust dan customer loyalty, Ekonomi Bisnis, No.1, Vol.20, 8-15, doi: http://dx.doi.org/10.17977/um042v20i1p8-15

Sidharta, I., dan Suzanto, B., 2015, Pengaruh kepuasan transaksi online shopping dan kepercayaan konsumen terhadap sikap serta perilaku konsumen pada e-commerce, Jurnal Computech & Bisnis, No.1, Vol.9, 23-36.

Tambunan, B., Sihombing, H., Doloksaribu, A., dan Muda, I., 2018, The effect of security transactions, easy of use, and the risk perceeption of interest online buying on the e-commerce tokopedia site (Study on Tokopedia. id site users in Medan city), In IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, No.1, Vol. 420, 012118, IOP Publishing, September.

Utari, P., Fitri, A., Setyanto, E., dan Henny, C., 2020, Belanja on-line mahasiswa di era pandemi covid-19: modifikasi perilaku konsumen, Islamic Communication Journal, No.2, Vol.5, 143-154, https://scholar.archive.org/work/omxwj6eicvfb5fcuavle546htu/access/wayback/https://journal.walisongo.ac.id/index.php/icj/article/download/6450/pdf

Ching, K. C., Hasan, Z. R. A., dan Hasan, N. A., 2021, Factors influencing consumers in using shopee for online purchase intention in East Coast Malaysia, UMT Journal of Undergraduate Research, No.1, Vol.3, https://umtjur.umt.edu.my/wp-content/uploads/sites/141/2021/02/6-UMT-JUR-VOL-3.1.pdf

Hardiyanto, N., Gunawan, A. I., Rafdinal, W., dan Afif, N. C., 2020, Analisis perilaku belanja online selama masa pandemi COVID-19, Jurnal Riset Bisnis dan Investasi, No.1, Vol.6, 120-130, doi:https://doi.org/10.35313/jrbi.v6i3.2246

Kountur, R., dan Aprilia, L., 2020, A factor analysis of corporate financial performance: Prospect for new dimension, ACRN Journal of Finance and Risk Perspectives, Vol.9, 113-119, https://doi.org/10.35944/jofrp.2020.9.1.009

Putra, D. S., Yulianti, F., dan Abdurrahim, A., 2020, Attracting Customers Interest through Celebrity Endorses for Marketplace, JDM (Jurnal Dinamika Manajemen), No.1, Vol.11, 84-92, doi: 10.15294/jdm.v11i1.22784




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v8i1.341.81-91

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.