APLIKASI PEMBAYARAN MENGGUNAKAN KARTU ISI ULANG (STUDI KASUS: STORE UNIVERSITAS KLABAT)

Oktoverano Lengkong, Marfian Kawilarang, Marshal Suatan

Abstract


Store Universitas Klabat adalah tempat di mana barang-barang keperluan sehari-hari dijual. Semua warga Universitas Klabat, baik mahasiswa, dosen dan staf membeli barang-barang keperluan mereka ditempat ini. Berdasarkan hal ini, penulis berinisiatif untuk membuat suatu aplikasi untuk melakukan pembayaran dengan menggunakan PVC card di store Universitas Klabat yang menghubungkan antara kasir dengan customer.  Peneliti kemudian mendefinisikan PVC card yang akan digunakan dengan nama Store card, Store card adalah kartu yang nantinya dapat memproses dan menghasilkan informasi untuk digunakan dalam aplikasi yang dibuat. Dalam pembuatan aplikasi pembayaran ini, penulis menggunakan barcode scanner sebagai alat yang digunakan untuk membaca kode barang, yang nantinya akan ditaruh pada Store card. Bahasa pemrograman C#.NET dan sistem management  database MySQL. Penulis menggunakan pendekatan berbasis objek dengan UML (Unified Modelling Language) untuk menganalisa dan desain aplikasi.  Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi untuk mengatur transaksi pembayaran, tanpa menggunakan uang cash, melainkan menggunakan store card.

Full Text:

PDF

References


Bunguin, Burhan H.M., 2007, Penelitian kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan public, dan ilmu social, Jakarta: Kencana Prenama Media Group

Dewi, S. K., 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta

Dyer, R., 2005, MySQL in a Nutshell. England: O'Reilly.

Hartono, B., 2008, Memahami Visual C#.NET Secara Mudah, Yogyakarta: Andi

Kemenperin, Hubungan barcode dengan produk industri, http://www.kemenperin.go.id/download/6760/Hubungan-BARCODE-dengan-Produk-Industri-Sebagai-Standar-Perdagangan-Produk-Industri-Masa-Kini., diakses pada tanggal 30 September 2010.

Pressman, R S. (2004). Software Engineering: A Practitioner’s Approach. (5thedition). New York: McGraw Hill.

Printerkartu, Jenis-jenis kartu PVC, http://printerkartu.com/kartu-pvc-magnetic-proximity-mifare-em-chip, diakses pada tanggal 30 September 2010.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons