Perancangan Sistem Koleksi Data Lahan Tidur Dan Puso Untuk Peningkatan Produksi Komoditas Padi Dan Jagung

Reynoldus Andrias Sahulata

Abstract


Produksi komoditas pangan padi dan jagung tidak hanya tercermin dari berapa besar panen yang diperoleh namun juga dapat dilihat dari dua faktor utama lainnya yaitu berapa besar terjadinya gagal panen atau puso serta berapa besar hamparan lahan tidur yang ada. Kedua faktor ini sangat menentukan terhadap potensi untuk dapat meningkatkan produksi komoditas pertanian padi dan jagung lebih optimal dapat dicapai. Oleh karna itu penelitian ini fokus pada upaya mengoleksi data yang diolah menjadi informasi untuk dapat mengetahui berapa besar potensi komoditas padi dan jagung dari peristiwa terjadinya puso dan luasan lahan pertanian yang tidak digarap atau lahan tidur. Data dikoleksi mulai ditingkat petani pemilik yang juga sebagai penggarap lahan pertaniana yang terhimpun pada Kelompok Tani tingkat Desa, Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota sampai ditingkat Provinsi dan di tingkat Nasional, sehingga didapatkan angka potensi perolehan hasil pertanian yang masih bisa diupayakan untuk peningkatan hasil pertanian komoditas padi dan jagung, sehingga dapat dibuatkan kebijakan dan insentif untuk meningkat hasil panen.

 

Keywords :Koleksi Data, Puso, Lahan Tidur, Kebijakan


Full Text:

PDF

References


Balai Besar Penelitian Tanaman Padi BalitBangTan-Kementrian Pertanian, Gerakan Percepatan Tanam untuk Peningkatan Luas Tambah Tanam Padi Wilayah Kab. Penajam Paser Utara. (2017) [Online]. Available: http://bbpadi.litbang.pertanian.go.id/ index.php/bbpadi-media/foto/content/item/530-gerakan-percepatan-tanam-untuk-peningkatan-luas-tambah-tanam-padi-wilayah-kab-penajam-paser-utara.

S. W. Semaun. (1998). Pemanfaatan Lahan Tidur Untuk Meningkatkan Usaha Dibidang Pertanian [Online]. Available: http://peternakan.litbang.pertanian.go.id/fullteks/semnas /pronas98-110.pdf?secure=1.

M. Irham. (2015). Pemerintah Akan Olah Lahan Tidur Jadi Produktif [Online]. Available: http://www.varia.id/2015/04/03/pemerintah-akan-olah-lahan-tidur-jadi-produktif/.

D. Murdaningsih. (2016). Indonesia Miliki 14 Juta Hektare Lahan Tidur [Online]. Available: http://www.republika.co.id/berita/ekonomi/makro/16/12/14/oi6jqs368-indonesia- miliki -14- juta-hektare-lahan-tidur.

R.A. Sahulata, “Penyediaan Data Real Produksi Komoditas Pangan Padi dan Jagung dengan Penerapan E-Commerce,” Cogito Smart Journal, vol 3, no. 1, hal 139-151, Juni 2017.

F. Peter, Enterprise E-Commerce, 1st ed. Meghan Kiffer Pr, 2000.

A. Nugroho, Rekayasa Perangkat Lunak Menggunakan UML dan JAVA, Andi Offset, 2009.

M. Fowler, UML Distilled 3th ed, Abrief Guide to the Standard Object Modelling Language, Pearson Education, 2004.

Web Designer. (2015). Aplikasi Web [Online]. Available : http://smartdesainer.com/mobile-apps/web-application/.

J. Simarmata, Rekayasa Web, Yogyakarta, Indonesia, Andi Offset, 2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
          
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.