Aplikasi Denah 3D dan Navigasi Pada Gedung Manado Town Square Menggunakan Game Engine Bebasis Android

Oktoverano Hendrik Lengkong, Herry Prakasa Mema, Yuan Evert Tandayu

Abstract


Manado Town Square (Mantos) adalah salah satu pusat perbelanjaan di kota Manado yang setiap harinya ramai akan pengunjung. Terdapat banyak koridor, toko /tenant dan juga ruangan- ruangan lain yang tentunya tersebar di area Mantos, oleh karena itu pihak Mantos telah menyediakan informasi mengenai letak-letak ruangan, toko /tenant yang ada pada lokasi tersebut dengan membuatkan sarana informasi berupa denah gedung, agar pengunjung dapat mengetahui posisi pengunjung dan letak toko yang pengunjung cari. Informasi yang dapat dikatakan manual tersebut dinilai masih kurang informatif sehingga pengunjung menemukan masalah saat mencari letak ruangan yang akan dituju, masalah tersebut dapat diatasi dengan membuat sebuah aplikasi untuk mencari letak ruangan toko /tenant yang ada pada gedung Mantos menggunakan smartphone berbasis Android yang dapat membantu pengunjung dalam pencarian ruangan, toko /tenant yang ada di Mantos dengan tampilan 3D. Model bangunan-bangunan 3D pada aplikasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi 3D modeling Google Sketchup, scene yang ada pada aplikasi akan dibuat dengan game engine Unity3D.  Adapun metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dengan proses model Spiral. Aplikasi ini memungkinkan pengunjung untuk mencari letak ruangan, toko /tenant dari lokasi yang telah disediakan pada aplikasi menggunakan smartphone berbasis Android. Aplikasi denah 3D dan navigasi pada gedung Mantos dapat memberikan petunjuk kepada para pengunjung dalam melakukan pencarian toko /tenant, pada gedung Manado Town Square.

 

Keywords : Game Engine, 3D, Pencarian Ruangan, Aplikasi Android, Android

Full Text:

PDF

References


H. Miftahurrosyad. (2015). Pengaruh Perkembangan Teknologi Informasi Terhadap Prilaku Masyarakat [Online]. Available: https://www.academia.edu/11192647 /makalah_pengaruh_perkembbangan_teknologi_informasi_terhadap_prilaku_masyarakat.

B. Elgin. (2005). Google Buys Android for Its Mobile Arsenal [Online]. Available: http://www.webcitation.org/5wk7sIvVb.

R. Sahulata., A. Wahyudi, dan B. Wuwungan, Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android, Cogito Smart Journal, vol 2, no 2, hal 204 215. Desember 2016.

G. Auwardi, R. Lumantouw, “Virtual Eksplorasi Museum,” Skripsi, Program Sarjana Ilmu Komputer, Universitas Klabat, Airmadidi, 2017.

R.S. Pressman, Software Engineering a Practitioner’s Approach, 7th ed, New York: Mc-Graw-Hill, 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v3i2.68.173-184

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.