Strategi memanfaatkan e-commerce dalam memasarkan makanan khas Bangka (Studi Kasus : Aneka Citra Snack)

Hilyah Magdalena, Widya Ellyani

Abstract


Usaha Kecil dan Menengah (UKM) adalah salah satu pilar ekonomi Indonesia yang tahan goncangan dan resesi. UKM umumnya berangkat dari usaha yang berakar pada budaya dan kekhasan suatu daerah. Walaupun awalnya lebih banyak bergerak di wilayahnya saja, pemerintah mencanangkan upaya digitalisasi UKM dengan menggalakkan penjualan elektronik atau e-commerce. Di Bangka Belitung UKM bergerak dibidang usaha makanan khas daerah, pakaian dan kain tenun cual khas Bangka, dan beberapa bidang usaha jasa lainnya. Untuk mendapatkan strategi yang tepat memanfaatkan teknologi informasi dalam penjualan elektronik, maka penelitian ini mempunyai dua metode penelitian. Pertama menganalisis faktor – faktor apa saja yang mendorong UKM untuk menggunakan e-commerce. Analisis beberapa faktor pendorong ini dilakukan dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). AHP adalah metode pengambilan keputusan yang mampu menyeleksi multikriteria faktor sehingga menghasilkan hasil analisis akurat. Hasil pengolahan data dengan AHP menunjukkan bahwa faktor yang paling besar bobotnya adalah faktor teknologi informasi sebesar 33,2%, dan alternatif yang paling tinggi bobotnya adalah pelaku bisnis usaha makanan khas dengan bobot 38,8%. Dengan adanya hasil analisa AHP tersebut, maka penelitian dilanjutkan dengan merancang sistem informasi berbasis web untuk mendorong UKM menjalankan transaksi penjualan secara elektronik. Analisa dan perancangan sistem dilakukan dengan metode Object Oriented Analysis and Design (OOAD) agar sistem dapat dikembangkan secara bertahap.

 

Keywords : UKM, Bangka Belitung, AHP


Full Text:

PDF

References


Perpres Nomor 74 Tahun 2017

U. Poor, “Meningkatkan Daya Saing Sektor Ritel Melalui Sinergi Antara Ritel Tradisional , Modern dan E-Commerce,” 2017.

N. Ayu and N. Dewi, “PERANCANGAN APLIKASI E-COMMERCE UNTUK UKM,” pp. 46–61, 2016.

S. Maryama, “Penerapan E-Commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” J. Liq., vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2013.

S. P. dan azzuhri misbahuddin Prabandari, “Efektivitas Penggunaan E-commerce sebagai Penunjang Aktivitas Bisnis pada Usaha Kecil Menengah (UKM) di Malang Raya,” E-Commerce. 2008.

K. N. Sistem, S. Rahayu, E. Siti, N. Aisyah, R. Farizi, and K. Tangerang, “Lapakgue . co : E-Commerce bagi pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah pada Komunitas Tangerang Punya GUE,” pp. 660–665, 2017.

J. Lpkia, V. No, H. F. S. Si, M. T. Fawzi, and R. Supiyaddin, “JURNAL LPKIA, Vol.1 No.1, Sepember 2017,” vol. 1, no. 1, 2017.

A. Pembelajaran et al., “Pembuatan Aplikasi E-Commerce Pusat Oleh-Oleh Khas Pacitan,” J. Chem. Inf. Model., vol. 53, no. 1, pp. 1–5, 2013.

M. Octavianti et al., “Prosiding seminar nasional komunikasi 2016,” vol. 2014, pp. 166–175, 2016.

B. Gambrien, A. R. Iskandar, and risnandar, “E-Commerce untuk Usaha Mikro , Kecil , dan Menengah ( UMKM ),” J. Teknol. Inf. Polet. Telkom, vol. 1, no. 4, pp. 144–151, 2012.

R. S. Wardhani, F. Ekonomi, U. B. Belitung, Y. Agustina, F. Ekonomi, and U. B. Belitung, “Analisis faktor-faktor yang memengaruhi daya saing pada sentra industri makanan khas bangka di kota pangkalpinang,” pp. 64–96.

D. M. Taguchi, “Fakultas Teknik – Universitas Muria Kudus 35,” pp. 35–40, 2014.

A. Syukriah and I. Hamdani, “Peningkatan Eksistensi UMKM Melalui Comparative Advantage Dalam Rangka Menghadapi MEA 2015 Di Temanggung,” Econ. Dev. Anal. J., vol. 2, no. 2, pp. 110–119, 2013.

F. Nugraha, “Analisa dan Perancangan Sistem Pemasaran Berbasis E ­ Commerce Untuk Pemasaran Produk UMKM,” Indones. J. Netw. Secur., vol. 5, no. 3, pp. 33–37, 2016.

R. Hudiono and L. Sinatra, “Dengan Pendekatan Model E-Commerce : Marketplace,” vol. 10, no. 1, pp. 71–83, 2013.

F. R. Kodong and O. S. Simanjuntak, “Manajemen Rantai Pasokan Pada E-Commerce Industri Makanan Ringan,” UPN Veteran Yogyakarta, vol. 2015, no. November, pp. 139–146, 2015.

A. Saefullah and S. Santoso, “Analisa dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online ( E- Commerce ) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 53–64, 2014.

M. Sholihin and S. Mujilahwati, “DAMPAK PEMANFAATAN E-COMMERCE TERHADAP ( Studi Kasus Ninda Bros Lamongan ),” vol. 8, no. 1, 2016.

Thomas L. Saaty, “How to make a decision: The Analytic Hierarchy Process,” Eur. J. Oper. Res., vol. 48, pp. 9–26, 1990.

T. L. Saaty, “Some Mathematical Concepts of the Analytic Hierarchy Process,” Behaviormetrika, no. 29, pp. 1–9, 1991.

T. L. Saaty, “Decision making with the analytic hierarchy process,” Int. J. Serv. Sci., vol. 1, no. 1, p. 83, 2008.

T. Saaty and L. Vargas, “Models,Mmethods, Concepts & Applications of the Analytic Hierarchy Process,” Int. Ser. Oper. Res. Manag. Sci. 175 Springer Sci. Media New York, 2012.

T. L. Saaty, “Better world through better decision making,” Proc. Int. Symp. Anal. Hierarchy Process 2013, pp. 1–9, 2013.

K. D. Goepel and B. Performance, “Comparison of Judgment Scales of the Analytical Hierarchy Process - A New Approach,” no. 2012, pp. 1–15, 2017.

A. Dennis, B. H. Wixom, and D. Tegarden, Systems Analysis and Design with UML. 2012.

D. Behrouz, “OOAD with UML,” Engineering, 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v3i2.64.286-298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.