Electronic Customer Relationship Management Berbasis Fuzzy Service Quality Untuk Peningkatan Pelayanan Pasien

Aditia Candra kusuma, Setia Astuti

Abstract


Kualitas pelayanan memegang peranan yang sangat penting dari suatu organisasi atau perusahaan, termasuk di dalamnya adalah pelayanan dari rumah sakit. Rumah Sakit Pelita Anugerah Mranggen selama ini masih berfokus pada peningkatan aspek fisik seperti perbaikan fasilitas gedung, rawat inap, penunjang jalan, dan kebersihan, namun peningkatan kualitas pelayanan masih belum maksimal dan belum melibatkan konsumen secara langsung. Rumah sakit juga masih mengalami kesulitan dalam pengukuran peningkatan pelayanan pasien. Penelitian ini menggunakan metode Fuzzy Tsukamoto untuk menentukan tingkat kepuasan konsumen dan metode Service Quality untuk mengukur kualitas layanan sebagai pembanding persepsi para konsumen atas pelayanan yang diperoleh dengan pelayanan yang diharapkan, metode ini kemudian diterapkan dalam Electronic Customer Relationship Management. Hasil yang didapatkan adalah  selama ini 75% konsumen rumah sakit memiliki tingkat kepuasan sedang dan masih terdapat kekurangan yang harus di perbaiki dari segi dimensi Reliability dan Empathy.

 

Kata Kunci : Pelayanan, Rumah Sakit, Pasien, Fuzzy Tsukamoto, Service Quality


Full Text:

PDF

References


Aditama, Tjandra Yoga. 2007. Manajemen Administrasi Rumah Sakit. Universitas Indonesia Press. Jakarta.

Pohan, Imbalo. 2007. Jaminan Mutu Layanan Kesehatan : Dasar-Dasar Pengertian Dan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran Egc.

Agustin, Venny Riana (2015) Aplikasi Pengambilan Keputusan Dengan Metode Tsukamoto Pada Penetuan Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jurusan Matematika Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Vol.4 No 1 November 2015, Malang

Indriana Indriana Candra Dewi, Afiatin Nisak, Desyy Rizky K., Mega Ratri Eka L.D., “Penerapan Logika Fuzzy Metode Tsukamoto Untuk Menentukan Kualitas Hotel”, Program Studi Informatika, Universitas Brawijaya, 2013-2014.

Ginanjar Abdurrahman, “Penerapan Metode Tsukamoto (Logika Fuzzy) Dalam Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Jumlah Produksi Barang Berdasarkan Data Persediaan Dan Jumlah Permintaan”, Program Studi Matematika, Fakultas Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Negeri Yogyakarta, 2011.

Chaffey, Dave. (2011). E-Business And E-Commerce Management, 4th Edition. New Jersey: Prentice Hall


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons