Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat

Green Ferry Mandias

Abstract


Kualitas lulusan sebuah perguruan tinggi yang rendah terjadi karena ada hubungan dengan motivasi belajar mahasiswa ketika sedang menuntut studi di bangku kuliah.  Fenomena ini terjadi pada proses belajar mahasiswa dalam pendidikan di perguruan tinggi. Smartphone adalah sebuah device yang memungkinkan untuk melakukan komunikasi juga di dalamnya terdapat fungsi PDA (Personal Digital Assistant) dan berkemampuan seperti komputer. Sebuah karakteristik dari smartphone yaitu smartphone memiliki software aplikasi Penelitian ini untuk mengetahui hubungan pemanfaatan smartphone dan pretasi akademik mahasiswa FIK Unklab. Metodologi penelitian digunakan pada penulisan ini adalah metode deskriptif. Setelah penelitian dilakukan maka didapati kesimpulan yaitu hubungan smartphone dan GPA mahasiswa tidak ada. Ini ditunjukkan dengan angka yang dihitung masing-masing variable dan didapati dibawah 5% yang artinya hubungan pretasi mahasiswa fakultas ilmu komputer dengan smartphone tidak ada. Bila data dihitung sekaligus maka kebergunaan dan motivasi memiliki hubungan yang signifikan dengan prestasi mahasiswa fakultas ilmu komputer Universitas Klabat ditunjukkan dengan angka dibawah 5%. 

Kata Kunci: Smartphone, Pretasi Akademik, Fik

Full Text:

PDF

References


Azwar, R., & Bambang, W. (2008, Septermber 1). Analisa Pengaruh Penggunaan Internet sebagai Media Belajar, Motivasi Belajar dan Kreativitas Terhadap Prestasi Belajar Siswa dengan Menggunakan Structural Equation Modeling (Studi Kasus SMAN 1 Probolinggo). Diambil kembali dari Digital Library ITS: http://digilib.its.ac.id/public/ITS-Undergraduate-9307-Paper.pdf

Srinadi, N. (2015). Analisis pengaruh penggunaan teknologi informasi sebagai media pembelajaran terhadap motivasi belajar siswa. Kns&i bali. KNS & I (hal. 891-895). Bali: STIKOM BALI.

Setiawan. (2000, January 31). Meraih Nilai Akademik Maksimal. Dipetik August 24, 2014, dari Pendidikan Tinggi: Available: http://www.pend-tinggi.com/nilai098+akademik/html

Budiyatna, M. (2005, January 31). Pengembangan Sistem Informasi : Permasalahan dan Prospeknya. KOMUNIKA : Majalah Ilmiah Populer Komunikasi dalam Pembangunan, 8. Dipetik December 6, 2014

Fling, B. (2009). Mobile Design and Development. CA, United States: O’Reilly Media.

Davis, F., Bagozzi, R., & Warshaw, P. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoritica l Models. Management Science, 35(8), 982.

Sobur, A. (2003). Psikologi Umum. Bandung: Pusaka Setia.

Nurani, A. (2004). Pengaruh Kualitas Perkawinan, Pengasuhan Anak Dan Kecerdasan Emosonal Terhadap Prestasi Belajar Anak . Bogor: Institut Pertanian Bogor .

Hawadi, R. A. (2001). Psikologi Perkembangan Anak : Mengenal Sifat, Bakat Dan Kemampuan Anak. Jakarta: PT Grasindo.

Sahputra, N. (2009). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi PSIK FK USU Medan . Medan: USU.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons