Desain Merchandise Pada The Batu Hotel & Villas

Lusyani Sunarya, - Meliyana, Titik Nofitasari

Abstract


Media komunikasi visual kini berperan sebagai sarana dalam menunjang informasi dan promosi suatu perusahaan, khususnya dalam persaingan bisnis di dunia perhotelan, setiap hotel berusaha memberikan informasi, promosi, dengan fasilitas layanan yang terbaik bagi konsumen dan masyarakat. The Batu Hotel & Villas saat ini menggunakan media komunikasi visual sederhana yang kurang beragam jenis medianya dan informasi yang terdapat pada rancangan merchandise sebelumnya belum update. The Batu Hotel & Villas saat ini membutuhkan media merchandise untuk mendukung program promosi Hotel. Tujuannya melalui desain media merchandise ini dapat memenuhi kebutuhan konsumen dalam memberikan kesan terbaik setelah menginap di Hotel tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengumpulan data yang terdiri dari data primer dan data sekunder serta metode analisa data menggunakan analisis SWOT. Rancangan desain merchandise komunikasi visual ini menampilkan logo, elemen desain, tipografi dan warna yang sesuai dengan identitas Hotel untuk di implementasikan ke beberapa media. Melalui desain komunikasi visual yang digunakan dalam pembuatan merchandise ini dapat meningkatkan image positif bagi The Batu Hotel and Villas dan menarik konsumen.

 


Full Text:

PDF

References


Kasimin, Patricia Dhiana P, Muh Mukery Warso, 2015, Effect Of Discounts, Sales Promotion And Merchandising On Impulse Buying At Toko Intan Purwokerto, Journal Of Management Vol. 1 No.1, Universitas Padjadjaran, Bandung.

Maimunah, Lusyani Sunarya, Ferry Sudarto, Raditya Hafidz Mahendra, Dewi, 2015, Enriching Merchandise Sebagai Salah Satu Media Promosi Mal Taman Palem, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia Vol. 3 No.1, STMIK AMIKOM, Yogyakarta.

Rahmawati, Fitriani Eka ,2015, Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi Batik R Banyumas di Sokaraja, Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Tandya, Stephanie, Denny Tri Ardianto, dan Erandaru ,2016, Perancangan Desain Komunikasi Visual Re-Design Corporate Identity Children Seminary Pelangi Kristus, Vol. 1, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Wulandari, Esty., 2013, Penggunaan Media Komunikasi Visual Sebagai Strategi Komunikasi dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Remaja, Jurnal Etnografi FSSR UNS, Surakarta.

Putra, GD Lingga Ananta Kusuma, 2011, Perancangan Media Komunikasi Visual Sebagai Sarana Promosi SD Saraswati 2 Denpasar, Institut Seni Indonesia Denpasar, Denpasar.

Tejokusuma, William, Bedjo Riyanto, dan Elisabeth Christine Yuwono, 2013 , Perancangan Komunikasi Visual Promosi Restorant Fujiya Surabaya, Vol. 1, No. 2, Hal. 5, Jurnal DKV Adiwarna, Universitas Kristen Petra, Surabaya.

Widiastuti, 2014, Wacana Poskolonial dalam Desain Komunikasi Visual Kemasan Jamu Tradisional Indonesia, Vol. 12, No. 1, Hal. 2, Jurnal Ilmu Komunikasi, Universitas Bakrie, Jakarta.

Nurajizah, Bahruddin, Yosep, 2015, Perancangan Media Promosi SAS Cafe and Resto Surabaya Sebagain Upaya Meningkatkan Brand Loyality, Vol. 4, No. 1, Jurnal Desain Komunikasi Visual STIKOM, Surabaya.

Andi,2012, Adobe Photoshop CS6, Andi Offset, Yogyakarta.

Andi, 2011, Adobe Illustator CS5, Andi Offset, Yogyakarta.

Raharja, Andy, Obed Bima, Asthararianty, 2017, Perancangan Media Promosi Perusahaan Interior Clover Surabaya, Jurnal DKV Adiwarna Vol. 2 No. 9, Univeritas Kristen Petra, Surabaya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons