Virtual Reality of Historical Places in North Sulawesi

Andria Wahyudi, Patricia Adam, Geral Jesyriviano

Abstract


Sulawesi Utara adalah salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki banyak tempat menarik untuk dikunjungi, seperti wisata alam, kuliner dan tempat-tempat bersejarah. Presentasi informasi yang mudah dan menarik sangat penting untuk atraksi wisata di Sulawesi
Utara. Penyajian informasi yang menarik dapat menarik minat wisatawan mancanegara maupun lokal untuk berkungjung di Sulawesi Utara. Virtual Reality menjadi salah satu teknologi yang dapat memberikan pengalaman baru dalam melakukan eksplorasi suatu tempat
secara digital dengan sangat atraktif. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan sebuah aplikasi yang dapat memberikan informasi tentang tujuh tempat bersejarah di Sulawesi Utara dengan menggunakan teknologi virtual reality, terutama teknik
fotografi yang merupakan teknik untuk menampilkan gambar dengan sudut pandang 360 derajat. Aplikasi ini dirancang menggunakan metode Prototyping sebagai model proses. Unity 3D digunakan dalam penelitian ini untuk membangun aplikasi dan antarmuka dan memungkinkan untuk dapat di jalankan di berbagai operating system. Aplikasi ini dibuat menggunakan bahasa pemrograman C #. Dalam penelitian ini dibahas mulai dari proses desain, pengambilan gambar dengan teknik Immersive, hingga menghasilkan aplikasi yang siap digunakan.

Full Text:

PDF

References


"Profil Provinsi Sulawesi Utara," seputarsulut.com, [Online]. Available:

http://www.seputarsulut.com/profil-provinsi-sulawesi-utara/. [Accessed 13 April 2016].

B. Sihite, F. Samopa and N. A. Sani, "Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality (Studi Kasus: Perobekan Bendera Belanda di Hotel Majapahit)," Teknik Pomits, vol. 2, 2013.

Y. P. Edson, A. Wahyudi, and C. Dumingan, “A Proposed Combination of

Photogrammetry, Augmented Reality and Virtual Reality Headset for heritage visualisation,” in 2016 International Conference on Informatics and Computing (ICIC), Lombok, Indonesia, 2016, vol. 1, pp. 43–48.

"Virtual Reality Photography," IVRPA, [Online]. Available: http://ivrpa.org/. [Accessed 2 June 2016].

"Sejarah Teknologi Virtual Reality & Augmented Reality," INITU, [Online]. Available: http://initu.id/sejarah-teknologi-virtual-reality-vr-dan-augmented-reality-ar/. [Accessed 8 May 2016].

"Sejarah Teknologi Virtual Reality & Augmented Reality," INITU, [Online].

Available:http://www.indradp.com/2015/11/mengenal-pengertian-teknologi-virtual-realitybeserta-kegunaannya.html. [Accessed 21 June 2016].

T. Sunarni and D. Budiarto, "Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR)," in Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan 2014, Semarang, 2014.

"Unity 3D 4.5," Unity3D, [Online]. Available: http://unity3d.com/unity/whats-new/unity-4.5. [Accessed 12 May 2017].


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons