Penggunaan Media Pembelajaran Power Point dan Minat Belajar Siswa Kelas VI Sekolah Dasar Advent UNKLAB

Deisye Supit

Abstract


Menggunakan alat bantu power point dalam pembelajaran dikelas merupakan satu hal yang dapat mempengaruhi minat belajar siswa. Apabila siswa menemukan kesulitan dalam belajar maka siswa tidak berminat belajar kelas IPS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang diteliti gunakan kriteria deskriptif dan mencari hubungan kata lain korelasi dari satu objek ke objek yang lain.. Pengambilan data menggunakan Random sampling method. Penelitian dilaksanakan di SD Advent X Airmadidi dengan 50 peserta didik kelas VI tercatat tahun ajar 2019/2020, tujuannya ingin mengetahui apa ada hubungan berbeda dalam penggunaan media pembelajaran power point dan minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial). Penelitian ini memiliki 2 variabel; variabel bebas dan variabel terikat.  Supaya bisa tahu tingkat penggunaan media power point dan minat belajar siswa digunakan mean score selanjutnya pearson correlation mencari tahu apa ada hubungan berarti atau signifikan dari dua variabel penggunaan media power point dan minat belajar siswa. Berdasarkan penelitian yang dibuat sekolah dasar X Airmadidi bahwa tingkat guna media power point adalah tinggi dan minat belajar siswa dalam belajar IPS tinggi. Selanjutnya, didapati hasilnya terdapat hubungan yang cukup berarti varibel X dan Varibel Y pada kelas VI Sekolah Dasar.

Kata kunci: Media Belajar, Powerpoint, Minat Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Candrasangkala (2017). Pengembangan media pembelajaran multimedia power point pada mata kuliah sejarah asia timur. Jurnal untirta 3 (1). Diunduh dari

http://jurnal.untirta.ac.id/index.php/Candrasangkala/article/download/2886/2253

Fatkhan, A. H. 2017. Pengertian Minat Belajar. Diunduh dari http://fatkhan.web.id/pengertian-minat-belajar/

Http://Fatkhan.web.id/pengertian-media-pembelajaran-powerpoint/

Wando. (2014). Korelasi antara pengelolaan kelas secara fisik dan emosional dengan minat belajar siswa. (An unpublished Skripsi), Universitas Klabat (S-1 Skripsi), Airmadidi-Manado, Indonesia.

Setiawati, N. A. (2017). Pendidikan karakter sebagai pilar pembentukan karakter bangsa. semnastafis unimed 1(1). Diunduh dari

http://semnastafis.unimed.ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf ac.id/wp-content/uploads/2017/11/27.-Nanda-Ayu-Setiawati.pdf

Gosal, L, (2015). Pengaruh penggunaan media pembelajaran papan tulis dan power point guru terhadap motivasi belajar siswa: (An unpublished Skripsi), Universitas Klabat (S-1 Skripsi) Airmadidi- Manado, Indonesia.

Saddoen, A. (2019). Pengertian pendidikan: definisi, tujuan, fungsi dan jenisnya. Diunduh dari https://moondoggiesmusic.com/pengertian-pendidikan/

Undang-Undang republik indonesia nomor 20 tahun 2003. Diunduh dari

https://referensi.elsam.or.id/2014/11/uu-nomor-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional/

Putri, I. C. (2018). Pengaruh penggunaan media pembelajaran microsoft power point terhadap minat belajar matematika siswa kelas VIII SMP swasta ar-rahman percut. (S-1 Skripsi) Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Indonesia. Diunduh dari

http://repository.uinsu.ac.id/5649/1/PUTRI%20INDAH%20CAHYANI.pdf

Noprianti dan Syarifuddin. (2015). Pengaruh penerapan media slide power point terhadap hasil belajar siswa kelas III pada mata pelajaran IPADI madrasah ibtidaiah ahliyah 2 palembang. Jurnal radenfatah1. Diunduh dari

http://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/jip/article/download/515/465

Mahnun, N. (2012). Media pembelajaran (kajian terhadap langkah-langkah pemilihan media dan implementasinya dalam pembelajaran). 37 (1). Diunduh dari

http://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Anida/article/viewFile/310/293

Jauhari, M. I. (2018). Media pembelajaran dalam pendidikan islam. 1 (1). Diunduh dari http://e-journal.staima-alhikam.ac.id/index.php/piwulang/article/download/15

Zakky. (2018). Pengetian media pembelajaran menurut para ahli dan secara umum

https://www.zonareferensi.com/pengertian-media-pembelajaran/

Umar, S. (2014). Media pendidikan: peran dan fungsinya dalam pembelajaran. Jurnal Metrouniv.Diunduhdari http://journal.metrouniv.ac.id/index.php/tarbawiyah/article/download/364/177

Isran, R. K. (2018). Manfaat media dalam pembelajaran. Jurnal Uinsu. Diunduh dari

http://jurnal.uinsu.ac.id/index.php/axiom/article/download/1778/1411

Yudha, R. I. (2019). Strategi pemanfaatan media pembelajaran dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi dI SMA negeri 3. Diunduh dari http://103.193.19.206/index.php/EKLEKTIK/article/viewFile/7881/4607

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan

minat belajar mahasiswa. Jurnal Univerbantara. Diunduh dari

http://journal.univetbantara.ac.id/index.php/komdik/article/download/113/101

Satriadi, U. (2017). Efektivitas penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII MTS miftahul ishlah tembelok tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Etheses Uinmataram. Diunduh dari

http://etheses.uinmataram.ac.id/423/1/Unggul%20Satriadi151134074.pdf

Saputro, N. (2018). Pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar tematik siswa kelas IV di SDN 1. Universitas Lampung, Bandar Lampung, Indonesia. Diunduh dari http://digilib.unila.ac.id/31688/3/SKRIPSI%20TANPA%20BAB%20PEMBAHASAN.pdf

Fadlila. (2017). Hubungan penggunaan mesdia power point terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di SMK Muhammadiyah 1 Kalirejo Lampung Tengah. (skripsi). Institute Agama Islam Raden Lampung, Indonesia. Diunduh dari

http://repository.radenintan.ac.id/441/1/SKRIPSI_DILA_LENGKAP.pdf

Indriyanti, R. (2017). Pengembangan media pembelajaran power point Interaktif materi penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan untuk siswa kelas V SD negeri depok 1. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Indonesia. Diunduh dari

http://repository.usd.ac.id/11186/2/131134213_full.pdf

Krisnasari, F. A. (2016). Pengembangan media power point untuk pembelajaran keterampilan berbicara menceritakan tokoh idola pada siswa kelas VII SMP. Universitas Sanata Dharma (S-1 Skripsi) Yogyakarta, Indonesia. Diunduh dari

http://repository.usd.ac.id/9362/2/091224005_full.pdf

Erwandi, H. (2016). Pengaruh penggunaan media power point terhadap hasil belajar matematika kelas VIII Di SMP Negeri 3 Palembang. (Skripsi). Di unduh dari

http://eprints.radenfatah.ac.id/924/1/ERWANDI%20HEVITULLAH%20%2811221021%29.pdf

Pratiwi, N. K. (2015). Pengaruh tingkat pendidikan, perhatian orang tua, dan minat belajar siswa terhadap prestasi belajar bahasa indonesia siswa SMK kesehatan di kota tanggerang. Journal Unas 1 (2). Diunduh dari http://journal.unas.ac.id/pujangga/article/download/320/218

Suwardi. (2012). Pengaruh minat belajar terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMK negeri 1 sengkang kabupaten wajo. Tesis. Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makasar 2012. Jurnal Uin Alauddin. Diunduh dari http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5761/1/Tesis_Suwardi_opt.pdf

Qomariah dan Sudiarditha. (2016). Kualitas media pembelajaran, mnat belajar, dan hasil belajar siswa: studi pada mata pelajaran ekonomi di kelas (X IIS) SMA negeri 12 jakarta. Journal Unj. 4 (1). Diunduh dari

http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jpeb/article/download/1946/1537

Fitriyani, (2017). Pengaruh media pembelajaran power point dan minat belajar sejarah siswa. Diunduh dari http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/PES/article/download/14329/pdf

Puspitasari, A. (2017). Pengaruh kreatifitas guru, minat belajar siswa, dan motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar siswa kelas XI TKR2 SMK PN 2. Universitas Muhammadiyah Purworejo (S-1 Skripsi) Purworejo, Indonesia. Diunduh dari

http://repository.umpwr.ac.id:8080/bitstream/handle/123456789/915/122130023-Afrilia%20Puspitasari.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Marleni, L. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi minat belajar siswa kelas VII negeri 1 Bangkinang. Jurnal cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika 1 (1). Diunduh dari https://www.google.com/search?q=Faktor faktor+yang+Mempengaruhi+Minat+Belajar+Siswa+Kelas+VII+Negeri+1+Bangkinang.+Jurnal+cendekia%3A+Jurnal+Pendidikan+Matematika+1+(1&oq=Fakto-faktor+yang+Mempengaruhi+Minat+Belajar+Siswa+Kelas+VII+Negeri+1+Bangkinang.+Jurnal+cendekia%3A+Jurnal+Pendidikan+Matematika+1+(1&aqs=chrome..69i57.2151j0j9&sourceid=chrome&ie=UTF-8

Baidhah, U. (2018). Hubungan antara minat belajar dengan prestasi belajar mata pelajaran fiqih siswa kelas XI Di SMAN 2 Klaten tahun ajaran 2017/2018. Institut Agama Islam Negeri (S-1 Skripsi) Surakarta, Indonesia. http://eprints.iain-surakarta.ac.id/2547/1/UMI%20BAIDHAH.pdf

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: CV. Alfabeta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: CV. Alfabeta

Hervani, O. & Lumbanraja, R. (2013). Teaching English reading and conversation using game. (S-1 skripsi) Universitas Klabat, Airmadidi, Indonesia

Bungin, B. (2005). Metodologi penelitian kuantitatif. Jakarta: Prenada Media

Sugiyono. (2010). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta

Kasmadi dan Sunariah. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: CV. Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v7i2.352.447-459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.