Perancangan Sistem Informasi Organisasi Kemahasiswaan Berbasis Web pada Universitas Advent Indonesia Menggunakan Metode Agile Development (Studi Kasus: Universitas Advent Indonesia)

Amos Charlie Hutauruk, Andrew Fernando Pakpahan

Abstract


Organisasi kemahasiswaan merupakan suatu tempat berkumpul bagi para mahasiswa yang memiliki kesamaan minat, kegemaran, dan kreativitas di dalam kampus. Organisasi mahasiswa atau yang biasa disebut sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) memiliki peranan penting bagi setiap mahasiswa untuk mengembangkan bakat di luar kegiatan perkuliahan. Penyebaran informasi yang dilakukan oleh setiap organisasi di Universitas Advent Indonesia (UNAI) saat ini belum dilakukan secara maksimal, persetujuan proposal dan laporan pertanggung jawaban belum terekam secara digital yakni masih menggunakan lembaran kertas. Oleh karena itu penulis ingin menganalisis serta merancang sebuah aplikasi sistem informasi organisasi kemahasiswaan berbasis web pada UNAI dengan menggunakan metode SDLC Agile Development. Dari penelitian yang telah dilakukan penulis dapat menyimpulkan bahwa (1) Penyebaran sistem informasi belum sepenuhnya dilakukan secara maksimal. (2)  Penulis merancang sebuah prototipe sistem informasi yang dapat digunakan untuk mempermudah organisasi mahasiswa di UNAI dalam mengelola informasi. (3) Seluruh warga UNAI dapat mengetahui organisasi mana yang masih aktif dan yang sudah tidak aktif.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v7i2.328.315-328

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.