Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D (Motion Graphic) Pada Mata Kuliah Praktikum Fotografi Dasar

Rika Oktarina Dwiflora, Ervi Cofriyanti

Abstract


Media pembelajaran merupakan suatu hal yang penting untuk mendukung proses belajar mengajar. Animasi 2D berbasis Motion Graphic dapat digunakan untuk mendukung proses mengajar yang lebih efektif, fleksibel, menarik serta mudah dipahami. Maka dari itu, dengan dibuatnya penelitian tentang Pembuatan Media Pembelajaran Animasi 2D berbasis Motion Graphic pada mata kuliah Praktikum Fotografi Dasar Materi Pengenalan Kamera, Teknik Exposure, dan Point of Interest ini, dapat membuat proses belajar mengajar menjadi lebih menarik, fleksibel dan mudah untuk dipahami mahasiswa. Pada peneilitan ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle yang mana metode ini terbagi menjadi 6 tahapan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Kuesioner disebar kepada responden ahli dan pengguna, responden ahli merupakan seorang ahli di bidang animasi dan multimedia sedangkan responden pengguna merupakan mahasiswa D4 Jurusan Teknik Komputer Politeknik Negeri Sriwijaya. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan skala likert.

Hasil dari penelitian ini diketahui nilai kelayakan animasi pada pengujian ahli yang terdiri dari 8 orang ahli diperoleh persentase sebesar 80,62% dengan kategori “Sangat Baik” dan pada pengujian pengguna yang terdiri dari 50 orang mendapatkan persentase sebesar 88,2% dengan kategori “Sangat Baik”.

 

Kata kunci : Media Pembelajaran, Animasi, Motion Graphic, Fotografi.


Full Text:

PDF

References


Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta.

Warsita, Bambang. 2013. “Perkembangan Definisi Dan Kawasan Teknologi Pembelajaran Serta Perannya Dalam Pemecahan Masalah Pembelajaran”. Jurnal KWANGSAN 1(2). 72-94.

Limbong, Tonny dan Janner, Simarmata. 2020. Media Dan Multimedia Pembelajaran Teori Dan Praktik. Jakarta : Yayasan Kita Menulis.

Wardoyo, Tri Cipto Tunggul. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik. Skripsi. Fakultas Teknik. Universitas Negeri Yogyakarta.

Refita, Yesty Desca. 2017. Pembuatan Motion Graphics sebagai Media Sosialisasi dan Promosi untuk Aplikasi Mobile Trading Online Mandiri Sekuritas. Jurnal Ilmiah Manajemen Informatika dan Komputer, 1(2), 85-92.

Febriansyah, A dan Melwin S. 2016. Implementasi Motion Graphics Dengan Menggunakan Adobe Affter Effect Pada Pembuatan Iklan Ramone Café. Naskah Publikasi: Jurusan Teknik Informatika dan Sistem Informasi, AMIKOM Yogyakarta.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31154/cogito.v7i2.315.204-214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Phone: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito
 
Free counters!
View CogITo Smart Journal Stats

CogITo Smart Journal is indexed by:
  DOAJ    SINTA     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Crossref    Google Scholar      Base Search PKP Index    neliti    EBSCO Information Science    mendeley          scilit    road    worldcat    DRJI    OpenAIREplus    copac    Gent University Library Stanford Library    Harvard Library    Leiden University Libraries    The University of Sheffield    Boston University Library    University of Manchester    University of Oxford    CORE    Livivo
 



CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.