Aplikasi Virtual Reality Pengenalan Kerangka Tubuh Manusia Berbasis Android

Reynoldus Andrias Sahulata, Andria Wahyudi, Brian Givens Wuwungan, Mexi Akri Nayoan

Abstract


Penelitian ini menghasilkan Aplikasi kerangka tubuh manusia yang perancangannya dalam bentuk tiga dimensi (3D) dan  pada penelitian ini menampilkan tulang – tulang manusia dari kepala, badan dan anggota gerak. Aplikasi ini digunakan untuk sarana pengenalan dalam bentuk virtual. Peneliti memanfaatkan teknologi komputer grafik yaitu Blender untuk membuat objek kerangka tubuh manusia serta Unity3D untuk menghasilkan aplikasi kerangka tubuh manusia yang dikemas dalam bentuk aplikasi secara 3D. Metode Throw-Away Prototyping merupakan metode yang diterapkan pada penelitian ini. Penelitian ini  menghasilkan aplikasi kerangka tubuh manusia sebagai media peraga terhadap 9 jenis tulang yang terdapat pada manusia yang berbasis Android menggunakan Animasi 3D yang  menggunakan cardboard atau head mounted display.

Kata Kunci: Aplikasi Kerangka tubuh manusia 3D, Virtual Reality, Throw-Away Prototyping, Cardboard, Head Mounted Display

Full Text:

PDF

References


. Jusuf, H., 2009, Perancangan Aplikasi Sistem Ajar Tematik Berbasis Multimedia, http://www.ict@unas.ac.id, diakses tgl. 29 Januari 2016.

. Sihite B., Samopa F., and Sani N. A, 2013, Pembuatan Aplikasi 3D Viewer Mobile dengan Menggunakan Teknologi Virtual Reality, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS).

. Kacamata Kardus 3D Google yang Unik dan Canggih, www.maxmanroe.com/kacamata-kardus-3d-google-yang-unik-dan-canggih.html, diakses tgl. 26 Januari 2016.

. Sommerville,I., 2003, Software Engineering, Jilid 1, 6th edition, Erlangga, Jakarta.

. Lumbantoruan, H., 2013, Perancangan Pembelajaran Pengenalan Rangka Manusia Dengan Metode Computer Based Instruction, , vol. 4, Pelita Informatika Budi Darma.

. Putz, R. and Pabst, R., 2008, Sobotta Atlas of Human Anatomy, vol. 1, 14th edition, Urban and Fischer.

. Pearce, E.C., 2009, Anatomi Dan Fisiologi Untuk Paramedis, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

. Cardboard SDK untuk Unity, http://developers.google.com/cardboard/unity/, diakses tgl. 10-Feb-2016.

. T. Sunarni, T. and Budiarto, D., 2014, Persepsi Efektivitas Pengajaran Bermedia Virtual Reality (VR), Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan, Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.



CogITo Smart Journal
A publication of Fakultas Ilmu Komputer, Universitas Klabat
In partnership with Coris and IndoCEISS
Telpon: +62 (431) 891035
email: editorial.cogito@unklab.ac.id | web: http://cogito.unklab.ac.id/index.php/cogito

Flag Counter

CogITo Smart Journal is indexed by:
DOAJ    SINTA Logo Ristek DIKTI     Indonesia OneSearch by Perpusnas    Google Scholar


CogITo Smart Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
Lisensi Creative Commons